Profil Hendrar Prihadi Wali Kota Semarang yang Kekinian 

Programnya sebagai Wali Kota disebut inovatif

Hendrar Prihadi lahir di Semarang pada tanggal 30 Maret 1971. Ia terjun ke dunia politik dengan menjadi anggota DPRD, kemudian terus melesatkan karirnya hingga menjadi Wali Kota Semarang.

Pada mulanya Hendrar Prihadi adalah wakil wali kota yang mendampingi Soemarmo HS. Namun di pertengahan jalan kepemimpinan Soemarmo HS mengalami skandal dan harus di nonaktifkan. Hingga akhirnya Hendrar Prihadi diangkat menjadi walikota definitif per tanggal 3 Juni 2013.

Dalam masa jabatannya sebagai walikota Semarang. Hendrar selalu mengeluarkan beberapa program yang inovatif, kreatif, dan mengutamakan warga Semarang. Pribadi Hendrar yang kekinian dan ramah membuat ia semakin disenangi para warganya.

Baca Juga: Profil Gibran Rakabuming Raka, Putra Jokowi Jadi Wali Kota Solo

1. Awal mula Hendrar Prihadi di dunia politik

Profil Hendrar Prihadi Wali Kota Semarang yang Kekinian Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. (Dok. Humas Pemkot Semarang)

Karir politik Hendrar sudah dimulai sejak tahun 2005 sebagai anggota partai politik. Karir politik Hendra terus berkembang hingga pada periode 2009-2014 ia menjadi DPRD Jawa Tengah. Keanggotaannya sebagai DPRD hanya berlangsung selama 3 bulan saja.

Hendi sapaan akrab nya, kemudian menjadi wakil walikota Semarang yang berpasangan dengan Soemarmo HS pada tahun 2010. Akibat skandal yang dilakukan oleh Soemarmo HS di tahun 2013, Hendi diangkat menggantikan Soemarmo sebagai Walikota Semarang definitif.

Ia diangkat melalui surat Menteri Dalam Negeri bernomor 131.33-412 tahun 2012, Hendrar Prihadi diangkat sebagai Pelaksana Tugas walikota semarang.

2. Program –program Hendi Sebagai Walikota Semarang Periode 2013-2016

Profil Hendrar Prihadi Wali Kota Semarang yang Kekinian Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (Dok. Pemkot Semarang)

Hendar Prihadi dilantik secara resmi oleh Gubernur Jawa tengah pada tanggal 21 Oktober 2013, pelantikan Hendi dihadiri oleh tokoh-tokoh penting seperti Puan Maharani, Tjahjo Kumolo, dan Sukawi Sutarip.

Setelah resmi menjadi walikota semarang, Hendi memulai langkah kerjanya dengan membuat program-program kerja sebagai berikut:

Penurunan tarif BRT bagi pelajar menjadi seribu rupiah dan perbaikan jalan-jalan di wilayah pinggiran paling diutamakan ringroad. Program pengembangan Kota Smart City atau Semarang Smart City di akhir tahun 2014

Program kotaku singkatan dari Kota Tanpa Kumuh pada desember 2014 yang berlandaskan 3 masalah lingkungan yaitu infrastruktur yang tidak layak, drainase yang buruk, kurangnya sanitasi. 3. Menyuntikan dana untuk PSIS semarang

3. Membuat lompatan rencana kerja untuk kemajuan Semarang

Profil Hendrar Prihadi Wali Kota Semarang yang Kekinian Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat berada di Kemenkumham Jateng. (Dok Humas Kemenkumham Jateng)

Kembali Terpilih Menjadi Walikota Semarang Tahun 2016-2021 kepemimpinan Hendrar Prihadi yang baik di masa periode sebelumnya membuat ia kembali terpilih menjadi walikota Semarang pada periode selanjutnya yaitu 2016-2021 berpasangan dengan Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Ia kemudian mengumpulkan seluruh kepala organisasi perangkat daerah Pemkot Semarang. Ia membuat satu gerakan lompatan baru untuk kemajuan kota Semarang.

4. Gaya Kepemimpinan Hendrar Prihadi

Profil Hendrar Prihadi Wali Kota Semarang yang Kekinian Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi/Dok. Pemkot Semarang

Hendrar prihadi memiliki gaya kepemimpinan yang kekinian. Ia memiliki akun sosial media yang dijadikan perantara nya kepada masyarakat Kota Semarang.

Melalui media sosial milik Hendrar Prihadi masyarakat Kota Semarang dapat melihat beberapa program yang akan diluncurkan Hendi, dan beberapa program yang telah ia buat telah berhasil dijalankan dengan baik.

5. Prestasi dan Penghargaan Hendrar Prihadi Untuk Kota Semarang

Profil Hendrar Prihadi Wali Kota Semarang yang Kekinian Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Kelurahan Muktiharjo Kidul, Senin (26/4/2021). (Dok. Humas Pemkot Malang)

Selama masa jabatannya sebagai walikota kota Semarang ia berhasil mengubah wajah dan citra kota Semarang. Ia menerapkan dua lingkupan reformasi birokrasi yang membuat program-program Hendi menghasilkan hasil yang nyata.

Reformasi birokrasi yang Hendi lakukan adalah reformasi birokrasi Kelembagaan dan Pelembagaan. Reformasi ini bertujuan untuk memisahkan sekat antara pemerintah dan masyarakat kota Semarang.

Berkat hasil nyata yang ia hasilkan dari program-program yang dibuat. Hendi berhasil meraih banyak prestasi untuk Kota Semarang. Berikut adalah prestasi-prestasi yang ia raih selama menjabat sebagai walikota Semarang.

Anugerah Konservasi Upakarti Prabaswara Mandala UNNES, dalam kategori Kota Metropolitan.
Menjadi kota Adipura enam tahun berturut-turut 2012 sampai 2017.
Best Urban Design 2017, penghargaan Internasional di Singapura

Hendi sebagai sapaan akrabnya ia merupakan walikota Semarang yang memiliki gaya kekinian dalam kepemimpinannya. Ia memiliki banyak media sosial yang membuat masyarakat Kota Semarang lebih dekat dengan Pemkot Semarang.

Baca Juga: Profil Dyah Hayuning Pratiwi Bupati Purbalingga 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya