Comscore Tracker

Profil Gibran Rakabuming Raka, Putra Jokowi Jadi Wali Kota Solo

Pimpin Kota Surakarta dengan berbagai inovasi

Gibran Rakabuming Raka merupakan sosok yang terkenal di masyarakat Indonesia, ia merupakan putra sulung Presiden Jokowi yang kini menjadi Wali kota Kota Surakarta.
Nama besar yang ia miliki memang tidak dapat dihindari dari sosok ayahnya yang merupakan Presiden Indonesia yaitu Joko Widodo.

Sebelum terjun ke dunia politik Gibran merupakan seorang pengusaha di bidang kuliner.
Berikut adalah profil Gibran Rakabuming pengusaha muda yang menjadi Walikota Surakarta.

Baca Juga: Jumpa Pers, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Pingsan, Gibran Panik

1. Gibran berasal dari keluarga pengusaha

Profil Gibran Rakabuming Raka, Putra Jokowi Jadi Wali Kota SoloGibran Rakabuming saat menghadiri diskusi di UNS. (Instagram.com/@chillipari)

Gibran Rakabuming Raka lahir di Kota Surakarta pada tanggal 1 Oktober 1987, merupakan anak pertama dari pasangan Joko Widodo dan Iriana. Gibran berasal dari sebuah keluarga pengusaha mebel.

Hal inilah yang mungkin melatarbelakangi mengapa Gibran dapat menjadi pengusaha kuliner yang sukses di usia mudanya. Masa kecil Gibran layaknya seperti masa kecil anak lelaki pada umumnya yang tinggal di Kota Solo. Pada tahun 2002 ia memutuskan untuk melanjutkan pendidikan SMA nya di Singapura.

2. Latar belakang pendidikan merupakan lulusan sekolah luar negeri

Profil Gibran Rakabuming Raka, Putra Jokowi Jadi Wali Kota SoloIDN Times/Larasati Rey

Gibran merantau ke negara tetangga Singapura untuk bersekolah di SMA Orchid Park Secondary School. Sebab itulah mengapa Gibran tumbuh menjadi sosok yang mandiri dan independen karena telah mandiri sejak masa remajanya, hidup sendirian di Singapura untuk bersekolah.

Pendidikan ia lanjutkan ke Management Development Institute Of Singapore yang berakhir di tahun 2007. Setelah itu ia melanjutkan pendidikannya kembali di Sydney, Australia di University Of Technology Insearch yang berhasil ia tamatkan di tahun 2010.

3. Kehidupan pribadi Gibran Rakabuming

Profil Gibran Rakabuming Raka, Putra Jokowi Jadi Wali Kota SoloInstagram.com/gibran_rakabuming.solo1/

Menjadi anak nomor satu di Indonesia terus menerus membuat Gibran menjadi sorotan media di Indonesia. Gibran layaknya seorang artis yang selalu diikuti setiap gerak kehidupan pribadinya, termasuk saat ia menikahi seorang Putri Solo.

Padahal Gibran merupakan sosok yang jarang sekali berinteraksi di dunia sosial, namun hal tersebut tidak menyurutkan media untuk menyorot Gibran yang karismatik dengan gaya pendiamnya.

Kabar menikahnya Gibran menjadi sorotan terlebih yang dinikahi Gibran ialah Putri Solo tahun 2009 yang bernama Selvi Ananda. Mereka menikah pada tanggal 11 Juni 2015 di Kota Solo. Kini mereka telah memiliki seorang putra dan seorang putri.

4. Pengusaha muda kekinian

Profil Gibran Rakabuming Raka, Putra Jokowi Jadi Wali Kota Soloinstagram.com/arnoldpo

Jauh sebelum terjun ke dunia politik Indonesia. Gibran lebih dikenal pengusaha muda dengan tren bisnis kekinian. Salah satu bisnis membuat heboh adalah bisnis makanan bersama chef terkenal Indonesia yang telah berhasil membuat beberapa outlet di beberapa daerah.

Bukan hanya itu Gibran juga sukses mengembangkan bisnis katringnya dengan cara unik, yaitu tidak menerima pesanan dari pemerintahan. Gibran melakukan hal ini untuk menghindari gosip buruk mengenai usahanya dan kepemimpinan Ayahnya seorang Presiden Indonesia.

Bisnis Martabak Markobar juga melesat dengan baik di banyak daerah. Konsep martabak yang kekinian membuat Markobar berbeda dari martabak pada umumnya.

5. Karir Gibran di Dunia Politik

Profil Gibran Rakabuming Raka, Putra Jokowi Jadi Wali Kota SoloGibran Rakabuming Raka (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Banyak orang yang pada mulanya beranggapan sinis tentang keputusan Gibran mencalonkan diri sebagai Walikota Solo bersama Teguh Prakosa. Namun hal tersebut tidak menghalangi Gibran dan Teguh memenangkan pemilihan Walikota tersebut.

Keduanya dilantik oleh Gubernur Jawa Tengah melalui proses pelantikan daring di Gedung DPRD kota Solo pada tanggal 26 Februari 2021.

Program-program Inovatif Gibran Sebagai Wali Kota Solo

Pandemi COVID-19 di Indonesia , membuat pekerjaan rumah pasangan baru tersebut cukup sulit. Namun, hal tersebut tidak menghalangi Gibran selaku Walikota Solo membuat program-program unggulan dan inovatif demi kemajuan kota Solo yang mandek sebab virus Corona.

Beberapa program yang dibuat oleh Gibran di masa jabatannya sebagai Walikota Solo adalah sebagai berikut:

1. Membangkitkan Perekonomian Kota Solo Dari Covid 19
2. Strategi Mencari Sumber Pendapatan Baru
3. Pendidikan Wajib Belajar 12 Tahun Formal atau Informal
4. Mengembangkan Pendidikan yang Terjangkau Dan Berkualitas
5. Pengambangan Bidang Wisata dan Industri Kreatif
6. Menata Ulang Tata Ruang Kota
7. Mengembangkan Kebudayan Solo
8. Pemengbangan Kepemudaan dan Kesetaraan Gender
9. Pembenahan Pariwisata dan Transportasinya.

 

Demikianlah profil dari Walikota Solo yang memiliki nama lengkap Gibran Rakabuming Raka. Ia merupakan anak tertua dari sosok nomor satu di Indonesia.

Gibran juga merupakan pengusaha muda dibidang kuliner yang sukses dan terus berkembang. Namun semua itu tidak menghentikan langkah Gibran di dunia politik walaupun banyak pendapat negatif yang mengiringi perjalanan karir politiknya.

Baca Juga: Pergoki Siswa, Guru Tak Bermasker Gibran Tinggalkan Mobil di Sekolah

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya