Survei BPS, Warga Jateng Semakin Bahagia  

Tolong menolong tingkatkan kenyamanan hidup

Semarang, IDN Times - Warga Jawa Tengah disebut semakin bahagia hal ini berdasarkan dalam survei Indeks Kebahagiaan yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) beberapa waktu lalu.

Dalam survei itu disebutkan indeks kebahagiaan masyarakat Jawa Tengah tahun 2021 mencapai 71,73 poin.

Baca Juga: Waduh! Puluhan Ribu Vaksin AstraZeneca di Jateng Kedaluwarsa 13 Januari 2022

1. Indeks kebahagiaan meningkat karena masyarakat bisa hidup ayem tentrem

Survei BPS, Warga Jateng Semakin Bahagia  ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan meningkatnya indeks kebahagiaan adalah karena masyarakat sendiri. Ketika masyarakat bisa menjalani hidup yang aman, damai dan tentram, maka otomatis indeks kebahagiaan akan naik.

"Itu semua karena masyarakat ya, kalau masyarakat bisa ayem, tentrem begitu, mesti indeks kebahagiaannya akan naik. Kalau saya, hal yang penting kalau kita komunikasi dengan masyarakat sama-sama saling jaga perasaan saja," kata Ganjar.

2. Tolong menolong juga berpengaruh meningkatkan kenyamanan hidup

Survei BPS, Warga Jateng Semakin Bahagia  Pexels.com

Selain itu, suasana kehidupan masyarakat Jawa Tengah yang saling tolong menolong juga berpengaruh besar. Karena dengan sikap itu kehidupan sosial masyarakat menjadi semakin nyaman.

"Kalau ada kesulitan di masyarakat, tetangga kiri dan kanan itu membantu. Itu yang membuat masyarakat merasa nyaman," jelasnya.

Ganjar mengatakan Pemprov Jateng akan terus berusaha meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat Jawa Tengah. "Tidak cukup material saja yang kita bangun, tapi juga spiritualnya. Mudah-mudahan makin banyak orang yang bahagia. Kalau semua bahagia, maka makin enak bergaul, makin nyaman antar sesama dan itu membuat kondusif semuanya," pungkasnya.

 

3. Indeks kebahagiaan masyarakat naik secara nasional

Survei BPS, Warga Jateng Semakin Bahagia  Google

Secara nasional indeks kebahagiaan masyarakat naik, namun banyak provinsi yang justru warganya mengalami penurunan kebahagiaan.

BPS yang telah melaksanakan survei Indeks Kebahagiaan Indonesia tahun 2021 pada rentang waktu 1 Juli hingga 27 Agustus 2021. Hasilnya, secara Nasional Indeks Kebahagiaan Indonesia meningkat dari 70,69 pada 2017 menjadi 71,49, di tahun 2021.

Pengukuran tingkat kebahagiaan di Indonesia sudah dilakukan sejak tahun 2014 melalui Survei Pengukuran Tingkat Kebahagiaan (SPTK) yang dilaksanakan setiap 3 tahun sekali. Di tahun 2021 ini, tingkat kebahagiaan penduduk Indonesia diukur dari 3 demensi yaitu kepuasan (life satisfaction), perasaan (affect) dan makna hidup (eudaimonia).

Berdasarkan Indeks Kebahagiaan 2021, berikut adalah 10 provinsi terbahagia di Indonesia:

Maluku Utara 76,34
Kalimantan Utara 76,33
Maluku 76,28
Jambi 75,17
Sulawesi Utara 74,96
Kepulauan Riau 74,78
Gorontalo 74,77
Papua Barat 74,52
Sulawesi Tengah 74,46
Sulawesi Tenggara 73,98

Sementara itu Jateng berada di peringkat 21 dibawah Provinsi Riau dan di atas Provinsi DIY.

Baca Juga: Kebut Vaksinasi, Ganjar Minta Daerah di Jateng Lakukan Percepatan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya