Waspada Gempa Bumi, Ada Gerakan di Sesar Kendeng di Pantai Utara Jawa 

BMKG sebut ada pergerakan di Sesar Kendeng

Kudus, IDN Times - BPBD Kudus peringatkan masyarakat terkait adanya potensi ancaman gempa bumi yang berasal dari Sesar Kendeng. BPBD mulai melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait kewaspadaan terhadap potensi bencana alam, yang berasal dari Sesar Kendeng.

Baca Juga: Lahan Seluas 5.000 Hektar di Pegunungan Kendeng Pati Kritis

1. Mulai ada pergerakan di patahan pegunungan Kendeng

Waspada Gempa Bumi, Ada Gerakan di Sesar Kendeng di Pantai Utara Jawa Omahkendeng.org

Potensi terjadinya gempa bumi dilaporkan oleh BMKG yang mendeteksi adanya pergerakan di patahan pegunungan Kendeng.

"Berdasarkan informasi dari BMKG, patahan Pegunungan Kendeng mulai ada gerakan meskipun sangat kecil tetap harus disosialisasikan agar ada kewaspadaan di masyarakat," kata Kepala Seksi Pengendalian Kebencanaan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus Wiyoto, Kamis seperti dilansir dari Antara.

Sebagai bentuk kesiapsiagan, BPBD melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Termasuk mendorong semua desa melakukan peningkatan kapasitas agar menjadi desa mandiri dalam penanganan bencana alam.

2. Selain patahan Kendeng ada juga potensi gempa dari patahan Muria dan Lasem

Waspada Gempa Bumi, Ada Gerakan di Sesar Kendeng di Pantai Utara Jawa Ilustrasi Gempa (IDN Times/Sukma Shakti)

Sebelumnya disebutkan oleh BMKG Sesar Kendeng telah mengalami gerakan. Sosialisasi terus digalakkan bersama BPBD Jateng terkait ancaman berbagai potensi bencana alam.

"Selain patahan Kendeng, juga ada patahan Muria dan Lasem yang juga berpotensi terjadi gempa," ujarnya.

Berdasarkan data dari lipi.go.id, disebutkan bahwa Sesar Kendeng membentang di sepanjang pantai utara Jawa dari Surabaya, Semarang, hingga Cirebon.

Sesar Kendeng sampai saat ini terbilang masih aktif. Sumber gempa yang berada di pusat permukiman ini dikhawatirkan bisa menimbulkan kerusakan masif jika tidak diantisipasi.

3. Dengan sosialisi dan simulasi kebencanaan masyarakat diharapkan siap menghadapi bencana

Waspada Gempa Bumi, Ada Gerakan di Sesar Kendeng di Pantai Utara Jawa IDN Times/Fitria Madia

Dengan adanya sosialisasi dan simulasi kebencanaan, setidaknya warganya bisa diandalkan melakukan pencegahan dan kesiapsiagaan. Setidaknya masyarakat memiliki gambaran tindakan cepat saat terjadi bencana guna meminimalkan dampak korban jiwa.

Apalagi, kata dia, sebagian desa di Kabupaten Kudus memiliki kerawanan bencana alam yang berbeda-beda, seperti di Desa Tergo bisa dari bencana angin kencang maupun tanah longsor, sedangkan Desa Wonosoco (Kecamatan Undaan) selain banjir bandang juga gempa karena berada di dekat kawasan Pegunungan Kendeng.

Baca Juga: 15 Seismograf Dipasang di Jateng. Mulai dari Cilacap hingga Kendeng

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya