Cacing Hati Ditemukan Dalam Daging Hewan Kurban di RPH Banyumas

Kenali ciri-ciri daging kurban yang ada cacing hati

Banyumas, IDN Times - Petugas medis hewan kepala rumah pemotongan hewan RPH sokaraja, Banyumas menemukan penyakit cacing hati pada sapi hewan kurban, Senin (17/6/2024).

Kepala UPT RPH Sokaraja, Darsono menyebutkan pihaknya memeriksa satu per satu hewan kurban terutama bagian hati sapi yang banyak ditemukan mengandung penyakit cacing hati sapi kurban.

"Saat dilakukan pemeriksaan menemukan cacing dalam hati sapi di rumah pemotongan hewan kurban di desa sokaraja,"katanya.

1. Dimusnahkan dengan cara dikubur

Cacing Hati Ditemukan Dalam Daging Hewan Kurban di RPH BanyumasCacing hati mirip bentuk kaca yang harus dimusnahkan dengan cara dikubur, Senin (17/6/2024).(IDN Times/Foto : Marnoto)

Demi keamanan kesehatan, petugas tim medis terpaksa harus menyita hati sapi yang mengandung cacing hati dan bernanah untuk dimusnahkan dengan cara dikubur.

Darsono mengatakan bahwa cacing hati yang ditemukan tersebut cukup keras bagian tubuhnya, bahkan mirip dengan bentuk kaca.

"Jika hati sapi yang sudah terinfeksi oleh cacing ini tetap dikonsumsi, maka akan membahayakan bagi kesehatan manusia,"terangnya.

Darsono menambahkan, masyarakat penerima daging qurban merasa tenang karena hewan qurban yang dipotong di RPH sudah dicek kesehatannya baik sebelum hewan dipotong maupun setelah hewan dipotong.

 

2. Tidak pantas dikonsumsi

Cacing Hati Ditemukan Dalam Daging Hewan Kurban di RPH BanyumasKepala dinas peternakan kabupaten Banyumas, Sulistiono menyebut cacing hati adalah parasit, Senin (17/6/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Sementara Kepala Dinas Peternakan Banyumas, Sulistiono kepada IDN Times menambahkan bahwa masyarakat perlu berhati hati ketika mengkonsumsi daging sapi, namun begitu daging yang terkena cacing hati tetap layak dikonsumsi.

Cacing hati akan mati apabila dimasak dengan air mendidih, tetapi akan lebih baik apabila jaringan hati yang rusak diafkir tidak diikut dikonsumsi.

"Cacing hati tidak menular, cacing mati di dalam air mendidih, hanya saja tidak pantas untuk dikonsumsi, itu adalah jenis parasit, dan hanya saja hati yang terserang harus dibuang atau tidak boleh dikonsumsi,"terangnya.

3. Ciri ciri cacing hati ada tonjolan putih

Cacing Hati Ditemukan Dalam Daging Hewan Kurban di RPH BanyumasCiri ciri hati sapi yang terserang cacing hati terdapat tonjolan putih dan daging berwarna gelap. (IDN Times/ Foto : Dok. Sulistiono)

Sulistiono juga menerangkan ciri cacing hati bersemayam di daging terutama di hati hewan biasanya terdapat tonjolan yang terkadang bewarna putih atau merah pada hati hewan kurban.

"Ada tonjolan putih dan warna hati sapi juga menjadi lebih gelap dibandingkan dengan hati sapi yang tidak ada cacingnya,"jelasnya.a

Hati sapi yang mengandung cacing antara lain hati sapi berwarna pucat, dipenuhi jaringan berwarna putih yang cukup tebal sebagai tempat bersarangnya cacing, apabila belum parah dari luar masih tampak normal, tetapi apabila bisa dipotong akan terlihat cacing hati. 

4. Pencegahan cacing hati pada ternak

Cacing Hati Ditemukan Dalam Daging Hewan Kurban di RPH BanyumasWaspada cacing hati pada hewan ternak.(IDN Times/Foto : Disnakkeswan)

Cacing hati atau nama latinnya Fasciola gigantica atau Fasciola hepatica umumnya menyerang ternak sapi, kambing, domba dan ruminansia lain dan banyak dijumpai diwilayah beriklim dingin sampai sedang. sedangkan Fasciola gigantica lebih dominan diwilayah beriklim tropis.

Pencegahan dapat dilakukan menghindarkan ternak untuk tidak digembalakan pada daerah penggembalaan yang tergenang air. Penggembalaan bebek ke sawah-sawah untuk mengurangi populasi siput.

Penularan pada manusia, apabila memakan hati yang terkontaminasi ini tidak dimasak dengan sempurna atau meminum air  mentah yang mengandung cercaria. Gejala klinis yang tampak anemia, demam dengan suhu badan 40-42 derajat, nyeri bagian perut dan gangguan pencernaan.

 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya