Kunjungi Ponpes ZIIS Banyumas, Anies Janjikan Perubahan

Resmikan Masjid Ponpes Jami ZIIS Banyumas

Banyumas, IDN Times - Kabupaten Banyumas mulai menjadi tempat yang "wajib" dikunjungi untuk para calon presiden (Capres)yang akan maju dalam Pilpres 2024 mendatang. Salah satunya adalah Anies Baswedan, Selasa (3/10/2023).

Capres dari Partai Nasdem tersebut mengunjungi Pondok Pesantren ZIIS yang berada di Cilongok yang disambut oleh Pimpinan Ponpes KH. Casiwan Haryo Sasongko, Anies juga sekaligus meresmikan Masjid Jami ZIIS.

Baca Juga: Krisis Air, Warga Banyumas Manfaatkan Air Sendang Kuningsari

1. Anies berfoto bersama para atlet horseback archery

Kunjungi Ponpes ZIIS Banyumas, Anies Janjikan PerubahanSalah satu atlet berkuda horseback archery saat mempertontonkan kebolehannya didepan Anies Baswedan., Selasa (3/10/2023).(IDN Times/Sutrisno)

Sebelumnya, ribuan orang pria, wanita rela duduk dibawah terik matahari pagi dengan duduk di kursi menunggu kedatangan Anies Baswedan. Sedangkan para santri menunggu dan melihat dari atas gedung tempat mereka belajar.

Anies Baswedan bersama rombongan tiba sekitar pukul 10:00 WIB dan langsung menuju ke tempat para atlet berkuda horsback archery. Di depan Anies, para atlet berkuda ponpes ZIIS memperlihatkan kemahirannya memanah sembari menunggang kuda.

Anies terpukau dengan penampilan para atlet yang sebagian masih remaja namun mahir dalam berkuda. Bahkan Anies sempat meminta foto bersama dengan semua atlet horseback archery tersebut.

2. Minta para santri dan pelajar menggunakan waktunya belajar hal yang positif

Kunjungi Ponpes ZIIS Banyumas, Anies Janjikan PerubahanAnies Baswedan saat menandatangani prasasti peresmian Masjis Jami ZISS di Ponpes Modern ZIIS. (IDN Times/Sutrisno)

Usai menemui atlet berkuda, Anies yang sudah ditunggu ribuan simpatisannya menuju panggung podium. Puluhan orang berusaha menggapai tangan Anies untuk bersalaman, bahkan beberapa orang pengawalnya sangat kewalahan membentengi Anies, namun Anies tetap tersenyum dan sabar meladeni warga. Untungnya, masyarakat yang menghadiri peresmian Masjid Jami ZIIS cukup tertib.

Dihadapan ribuan masyarakat, Dalam pidatonya Anies menekankan pada remaja terutama yang mondok agar tetap disiplin dan mengikuti aturan pondok pesantren. Anies juga mengingatkan untuk menggunakan waktunya belajar berbagai hal positif.

Selain itu Anies juga mengatakan suasana tempat pendidikan seperti sekolah ataupun pondok pesantren dapat dilihat dari perilaku anak anaknya. "Ketika anak anak terlihat senang, bahagia dengan penuh keceriaan itu menandakan tempat mereka belajar itu menyenangkan dan membuat nyaman, sebaliknya bila anak stres itu artinya bukan tempat yang menyenangkan,"katanya.

3. Anies janjikan perubahan

Kunjungi Ponpes ZIIS Banyumas, Anies Janjikan PerubahanCapres koalisi perubahan Anies Baswedan saat berkunjung ke Ponpes ZIIS Cilongok, Selasa (10/3/2023). (IDN Times/Sutrisno)

Sedangkan soal perubahan yang akan dilakukan bila dirinya menjadi Presiden, Anies menegaskan perubahan kebijakan yang berazaskan keadilan.

"Menempatkan semua aspek keadilan didalam semua kebijakan, sehingga meraih tujuan sesuai programnya, di sisi lain manfaatnya dirasakan secara merata,"katanya.

Anies juga berpesan kepada pengasuh pondok pesantren, santri dan guru di ZIIS Cilongok agar senantiasa bekerja tuntas, cerdas dan kerja keras serta selalu berdoa untuk menggapai cita-cita yang diinginkan.

Dia juga memuji pengelolaan Pondok Pesantren modern ZIIS Cilongok terutama pencetus dan pendiri ponpes KH Casiwan Haryo Sasongko dan pimpinan pondok Ustadz Ichwan Hero H.

"Saya harap Pondok Pesantren modern ZIIS Cilongok bisa menjadi inspirasi bagi lainnya dan diharapkan lebih banyak model ponpes seperti ini di Indonesia,"pungkas Anies.

Baca Juga: Para Kiai Banyumas Minta Nasib Guru Ngaji Diperhatikan saat Ganjar Jadi Presiden

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya