4 Cara Menjaga Gizi Seimbang Tubuh, Supaya Tetap Aktif dan Sehat

Ini bagian dari gaya hidup, lho

Semarang, IDN Times - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan United Nations World Food Programme (UN WFP) mengajak para remaja, yakni millennial dan generasi-Z Indonesia untuk meningkatkan konsumsi buah dan sayur. Melalui gerakan #KerenDimakan, diharapkan kesadaran tersebut mampu mendukung penerapan gizi seimbang dan sebagai bagian mencintai diri sendiri.

1. Gizi seimbang agar bisa hidup aktif dan sehat

4 Cara Menjaga Gizi Seimbang Tubuh, Supaya Tetap Aktif dan Sehatunsplash/danielcgold

Perwakilan UN WFP untuk Indonesia, Christa Räder mengatakan, remaja perlu mengonsumsi buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan gizinya agar dapat hidup secara aktif dan sehat.

"Studi kualitatif Kantar (2021) yang berjudul Understanding Health and Nutrition Among Adolescents menunjukan bahwa remaja memiliki konsepsi ideal terhadap bentuk tubuh, misalnya terlihat atletis untuk pria dan langsing untuk perempuan. Bersama dengan Kementerian Kesehatan, kampanye #KerenDimakan ingin menyampaikan pesan yang sama juga pentingnya adalah peran gizi dalam mendukung aktivitas fisik dan mental serta produktivitas remaja," katanya saat membuka wicara daring (webinar) bertemakan #KerenDimakan: Mengajak Remaja Indonesia untuk Mencintai Diri Lewat Gizi Seimbang, Kamis (14/4/2022).

Baca Juga: Cara Membuat Minyak Kelapa Gantikan Migor dari Sawit, Lebih Sehat

2. Millennial harus tahu soal gizi seimbang

4 Cara Menjaga Gizi Seimbang Tubuh, Supaya Tetap Aktif dan Sehatpixabay.com/donateonedollar

Kampanye digital #KerenDimakan mendukung strategi Kemenkes melalui pilar kedua Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) untuk mempromosikan konsumsi sayur dan buah. Sebab, untuk menciptakan generasi yang lebih sehat, lanjut Christa, remaja perlu dibekali dengan pengetahuan mengenai gizi seimbang.

Secara nasional, pemerintah juga telah menggalakkan kampanye “Isi Piringku” yang menjadi panduan praktis bagi masyarakat Indonesia bisa mengadopsi pola makan dengan prinsip gizi seimbang.

3. Panduan IsiPiringku untuk gizi seimbang

4 Cara Menjaga Gizi Seimbang Tubuh, Supaya Tetap Aktif dan SehatPixabay/marijana1

Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes, Imran Agus Nurali menyebut, kampanye #KerenDimakan dimaksudkan untuk mengedukasi remaja di Indonesia untuk menerapkan gizi seimbang dengan mengikuti panduan “Isi Piringku”.

"Setengah isi piring diisi dengan makanan pokok dan lauk pauk, sedangkan setengah bagian lainnya diisi sayur dan buah. Dengan menerapkan panduan ini, kecukupan gizi remaja akan dapat terpenuhi, “ ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times.

4. Minum air putih juga penting

4 Cara Menjaga Gizi Seimbang Tubuh, Supaya Tetap Aktif dan SehatIDN Times/Anjani Eka Lestari

Imran menambahkan, Kemenkes ikut mengajak para remaja Indonesia untuk melengkapi kebiasaan sehat mengonsumsi buah dan sayur dengan:

  • Dengan beraktivitas fisik minimal 30 menit per hari
  • Minum air 8 gelas sehari
  • Menjaga kebersihan dengan mencuci tangan. 

Chef Yuda Bustara yang aktif mempromosikan pola makan dengan gizi seimbang mengaku selalu menggunakan bahan makanan yang segar dan beragam untuk dikonsumsi setiap hari. Ia pun mengajak anak muda untuk mengeksplorasi resep-resep sederhana dengan bahan utama sayur dan buah, yang bisa dicoba sebagai langkah awal memulai gaya hidup sehat.

"Percuma juga kalau makannya sehat tetapi gaya hidupnya tidak sehat, seperti merokok. Maka semuanya bisa dimulai dari diri sendiri dengan mencoba resep sederhana," tandasnya.

Baca Juga: Resep Soto Bangkong Khas Semarang, Gurih dan Segar Kuahnya di Badan

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya