Comscore Tracker

CPNS 2019, Tips Lolos Tes SKD Sistem CAT yang Kadang Diabaikan

Mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu

Semarang, IDN Times - Pelaksanaan tes tes seleksi kompetensi dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 akan dimulai pada pada 27 Januari 2020 hingga 28 Februari 2020. Para peserta akan mengikuti tes dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). IDN Times memberikan beberapa tips yang tak banyak diperhatikan oleh para pelamar berikut ini.

Baca Juga: Memahami Sistem CAT Seleksi CPNS yang Tak Banyak Diketahui Peserta Tes

1. Mengerjakan TWK dan TKP terlebih dahulu

CPNS 2019, Tips Lolos Tes SKD Sistem CAT yang Kadang DiabaikanIlustrasi tes sistem CAT seleksi CPNS. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Selain mempersiapkan diri dengan belajar, peserta tes diharapkan dapat mengetahui medan sistem CAT terlebih dahulu. Seperti mengenali tampilan sistem CAT. Yang tak kalah penting adalah diperlukan strategi dalam menjawab soal-soal CAT.

Salah satu CPNS 2018 Kementerian Pariwisata, Denisa Ruvianty menyampaikan tips mengerjakan soal tes dengan sistem CAT. Salah satunya adalah dengan mendahulukan soal yang dianggap mudah. Karena hal itu dapat lebih memaksimalkan pengerjaan SKD.

"Dahulukan mengerjakan soal tes wawasan kebangsaan (TWK) dan tes karakteristik pribadi (TKP), karena soal tes intelegensi umum (TIU) membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menghitung-hitung," ungkapnya Jumat (24/1).

2. Ada 100 soal yang harus diselesaikan selama 90 menit

CPNS 2019, Tips Lolos Tes SKD Sistem CAT yang Kadang DiabaikanIlustrasi tes sistem CAT seleksi CPNS. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Untuk diketahui, setiap peserta seleksi CPNS diberikan waktu selama 90 menit. Masing-masing peserta akan mendapatkan 100 soal SKD.

Soal tersebut terbagi menjadi tiga kelompok, yakni 30 soal tes wawasan kebangsaan (TWK), 35 soal tes intelegensi umum (TIU), dan 35 soal tes karakteristik pribadi (TKP).

Selama proses tes, pengantar atau orang lain dapat melihat hasil secara real time melalui layar monitor yang disediakan di luar ruangan tes. Saat tes ini, para peserta diberikan waktu 90 menit. Pengecualian untuk pelamar pada formasi penyandang disabilitas khususnya penyandang disabilitas sensorik netra.

3. Soal SKD dibuat oleh tim dari Kemendikbud

CPNS 2019, Tips Lolos Tes SKD Sistem CAT yang Kadang DiabaikanIlustrasi tes sistem CAT seleksi CPNS. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Melansir keterangan resmi Kemen PANRB yang diterima IDN Times, beberapa waktu lalu, Menteri PANRB Tjahjo Kumolo telah menerima naskah soal SKD untuk tes CPNS 2019 dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Soal SKD tersebut telah disiapkan oleh tim konsorsium perguruan tinggi dan dikordinasikan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud. Penyusunan soal SKD 2019 diawali dengan proses evaluasi soal dan kisi-kisi soal tahun 2018.

4. Sistem CAT juga berlaku untuk formasi khusus

CPNS 2019, Tips Lolos Tes SKD Sistem CAT yang Kadang DiabaikanIlustrasi tes sistem CAT seleksi CPNS. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Sistem CAT diterapkan untuk semua formasi termasuk formasi khusus. Antara lain untuk putra/ putri lulusan terbaik berpredikat dengan ujian atau cumlaude, diaspora, penyandang disabilitas, putra/ putri Papua dan Papua Barat, dan tenaga pengamanan siber (cyber security).

Berdasarkan data dari SSCASN BKN tercatat sejumlah 4.197.218 calon peserta telah melakukan pendaftaran, dan sebanyak 3.364.897 telah lolos verifikasi administrasi. Pada proses pengadaan CPNS tahun 2019 ini terdapat 154.029 formasi, yang terdiri dari instansi pusat sebanyak 37.584 formasi dan instansi daerah sebanyak 116.445 formasi.

Baca Juga: CPNS Jateng 2019, Daftar Lokasi Tempat Tes SKD di Wilayah Jawa Tengah

Topic:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya