Comscore Tracker

Daftar 26 Perjalanan KA Arah Semarang yang Disetop Akibat Virus Corona

Tak beroperasi selama satu bulan karena pandemi COVID-19

Semarang, IDN Times - Pandemi virus corona (COVID-19) terus meluas di Jawa Tengah. PT Kereta Api Indonesi (KAI) Daop 4 Semarang mengambil langkah proteksi terhadap wabah tersebut, dengan kembali menyetop atau melakukan pembatalan sejumlah perjalanan kereta yang melintas dari atau menuju Semarang.

1. Ada penambahan 3 kereta yang disetop

Daftar 26 Perjalanan KA Arah Semarang yang Disetop Akibat Virus CoronaIlustrasi penumpang kereta api. ANTARA FOTO/Budi Candra Setya

Adapun kereta yang dibatalkan perjalanannya bertambah. Kali ini 4 KA dari Daop 4 Semarang, yaitu:

a. KA Ambarawa Ekspres (Semarang-Surabaya PP), keberangkatan dari Semarang pukul 08.11 WIB

b. KA Blorajaya (Semarang-Cepu PP), keberangkatan dari Semarang, 19.06 WIB

c. KA Kaligung (Semarang-Tegal PP), keberangkatan dari Semarang 19.55 WIB dan dari Tegal pukul 19.45 WIB

"Khusus KA Kaligung hanya satu trip atau 2 perjalanan KA saja yang dibatalkan. Masih ada 4 trip atau 8 perjalanan KA Kaligung lainnya yang masih beroperasi," jelas Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Krisbiantoro dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Senin (30/3).

2. Operasi kereta disetop selama satu bulan

Daftar 26 Perjalanan KA Arah Semarang yang Disetop Akibat Virus CoronaIlustrasi kedatangan kereta api tak terpengaruh meski Jakarta banjir. IDN Times/ Alfi Ramadana

Keempat kereta tersebut disetop operasinya mulai 1-30 April 2020.

Pembatalan dilakukan lantaran sudah mulai banyaknya daerah yang menerapkan karantina wilayah. Seperti di Cepu, Surabaya, Jakarta, Malang, dan Tegal.

Adapun untuk kereta jarak jauh yang melintas di Daop 4 Semarang juga turut dibatalkan perjalanannya. Ada 4 perjalanan kereta, diantaranya:

a. KA Dharmawangsa (Jakarta-Surabaya PP). Transit di Semarang. Keberangkatan pukul 03.07 WIB untuk tujuan Jakarta. Keberangkatan pukul 15.20 untuk tujuan Surabaya

b. KA Majapahit (Malang-Jakarta PP). Transit di Semarang. Keberangkatan pukul 03.45 untuk tujuan Jakarta. Keberangkatan pukul 04.35 untuk tujuan Malang.

Baca Juga: Petugas Kesehatan Siaga 24 Jam di Stasiun, PT KAI Bagi Masker Gratis

3. Sebelumnya ada 8 kereta yang dibatalkan perjalanannya

Daftar 26 Perjalanan KA Arah Semarang yang Disetop Akibat Virus CoronaPara penumpang KA menunggu berjam-jam di Stasiun Cirebon. IDN Times/Wildan Ibnu

Sebelumnya, beberapa sejumlah KA juga sudah dibatalkan. Seperti KA Argo Muria (Semarang-Jakarta PP), KA Cermai (Semarang-Bandung PP), KA Menoreh (Semarang-Jakarta PP), KA Tawang Jaya (Semarang-Jakarta PP), dan KA Argo Cheribon (Tegal-Jakarta PP).

"Termasuk juga KA-KA yang melintas di wilayah Daop 4 , baik dari Surabaya, Jakarta, Bandung maupun Kutoarjo," imbuh Kris.

Untuk KA jarak jauh yang sudah dibatalkan adalah KA Sembrani (Surabaya-Jakarta PP), KA Gumarang (Surabaya-Jakarta PP), KA Sancaka Utara (Surabaya-Kutoarjo PP).

4. Sudah ada 26 perjalanan kereta api yang disetop

Daftar 26 Perjalanan KA Arah Semarang yang Disetop Akibat Virus CoronaIDN Times/Debbie Sutrisno

Total sampai saat ini sudah ada 13 KA atau 26 perjalanan KA yang dibatalkan mulai tanggal 1 s.d 30 April 2020 mendatang. 8 KA diantaranya KA-KA Daop 4 Semarang dan 5 KA yang melintas di Daop 4 Semarang.

Para pengguna jasa kereta api yang telah mempunyai tiket, dapat pengembalian bea penuh 100 persen dengan ketentuan yang berlaku. Untuk mempermudah dan efektif dalam proses pembatalan, calon penumpang disarankan untuk menggunakan aplikasi KAI Acces dengan akun yang sesuai disaat pembelian di channel mana saja.

Administrasi pembatalan tiket juga dapat dilakukan di loket stasiun Tawang, Poncol, Tegal, Pekalongan dan Cepu.

Baca Juga: 8 Kereta Dari dan Ke Semarang Disetop Sebulan Karena Virus Corona

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya