Comscore Tracker

Ganjar: Ada Klaster ASN Pemprov Jateng, Polres Rembang dan PLTU Jepara

Disampaikan saat laporan ke Presiden Joko Widodo

Semarang, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengungkap beberapa klaster virus corona (COVID-19) yang muncul di Semarang dan beberapa kabupaten/kota belakangan ini. Hal itu disampaikan pada acara Pengarahan Presiden Joko Widodo untuk Penanganan Covid-19 di Jawa Tengah, Semarang, Selasa (30/6).

1. Ganjar menyebut klaster-klaster COVID-19 muncul di 5 daerah

Ganjar: Ada Klaster ASN Pemprov Jateng, Polres Rembang dan PLTU JeparaPuluhan tenaga kesehatan di Tulungagung terpapar virus corona, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Klaster virus corona tersebut, terjadi di lima daerah. Ganjar menyampaikannya dalam paparan mengenai peta epidemiolog COVID-19 di Jateng. Seperti di Kabupaten Rembang muncul klaster panti lansia dan Polres Rembang. Kemudian Kabupaten Jepara terdapat klaster tenaga kesehatan RSUD Kartini dan klaster PLTU Tanjung Jati.

Selain itu juga ada klaster ASN Pemprov Jateng, pegawai PLTU, pasar tradisional di Kotaa Semarang. Untuk Kabupaten Demak dan Kabupaten Kendal masing-masing muncul dari penularan dari Pasar (Kobong) Rejomulyo Semarang dan Pasar Mangkang Semarang. 

Baca Juga: Dua Daerah Jateng Masih Zona Merah Corona, Ganjar: Jangan Dilonggarkan

2. Klaster ASN Pemprov Jateng langsung diisolasi

Ganjar: Ada Klaster ASN Pemprov Jateng, Polres Rembang dan PLTU JeparaIlustrasi PNS memakai masker. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Ganjar menyatakan untuk klaster ASN di lingkungan Pemprov Jateng, tertular dari anggota keluarganya yang sebelumnya telah positif COVID-19.

"ASN Pemprov dimulai dari keluarga mereka. Keluarga ini positif (virus corona). Mereka bertemu dan ini membawa ke teman-teman sekitarnya. Langsung kita isolasi semuanya. Kemudian klaster panti lansia dan Polres di Kabupaten Rembang. Kita sudah koordinasi dengan Polda Jateng, untuk kita lakukan isolasi di sana," jelasnya dalam siaran langsung pertemuan tersebut melalui kanal Sekretariat Presiden.

3. Klaster Temboro merata di 35 kabupaten/kota Jawa Tengah

Ganjar: Ada Klaster ASN Pemprov Jateng, Polres Rembang dan PLTU JeparaKunjungan Presiden Jokowi ke Jawa Tengah. www.presidenri.go.id

Ganjar saat ini juga masih melakukan penelurusan terhadap klaster Ijtima Gowa dan klaster Temboro di Jawa Tengah. Sebab sebagian besar klaster Temboro terjadi di 35 kabupaten/kota.

Saat ini, dalam penjelasan kepada Presiden Jokowi, Ganjar menyampaikan ada 3 daerah dengan kasus risiko tinggi. Yaitu Kota Semarang, Kabupaten Demak, dan Kabupaten Jepara.

"Selain tiga daerah itu kita juga mewaspadai area Semarang Raya. Yaitu Kendal, Demak, Kabupaten Semarang, dan Salatiga," tandas Ganjar.

Baca Juga: Laju Penyebaran Virus Corona Jawa Tengah Tercepat di Indonesia

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya