Jateng DIY Tujuan Mudik Lebaran, Pasokan BBM, LPG, dan Avtur Disiapkan

Jawa Tengah jadi tujuan sebagian besar pemudik

Semarang, IDN Times - PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) membentuk Satuan Tugas (Satgas) Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 1444 Hijriah (H). Satgas yang bertugas sejak 1 April 2023 hingga 2 Mei 2023 itu akan mengamankan pasokan stok Bahan Bakar Minyak (BBM), Liquefied Petroleum Gas (LPG), dan Avtur.

1. Layanan fokus di jalur potensial

Jateng DIY Tujuan Mudik Lebaran, Pasokan BBM, LPG, dan Avtur DisiapkanPetugas motoris Pertamina mengisi BBM ke tangki mobil pemudik. (dok. Pertamina Patra Niaga JBT)

Satgas RAFI mempersiapkan sejumlah layanan untuk menghadapi arus mudik Lebaran Hari Raya Idulfitri 2023. Antara lain menyiagakan 7 Terminal BBM, 4 Terminal LPG, dan 5 DPPU di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Selain itu, mereka ikut menyediakan layanan tambahan berupa penyediaan BBM berupa 240 SPBU Siaga, 864 Agen dan Outlet Siaga PSO (subsidi) dan non-PSO, 6.535 Pangkalan LPG Siaga PSO dan non-PSO, 13 Kiosk Pertamina Siaga, 91 Motorist (Pertamina Delivery Services), dan 59 mobil tanki.

Layanan-layanan tersebut ditempatkan di sejumlah jalur potensial seperti jalan tol, jalur tempat wisata, dan jalur lintas utama arus mudik dan balik.

Baca Juga: Sering Memasak saat Ramadan, Konsumsi Gas PGN Naik 15 Persen

2. Pemudik sasar Jawa Tengah

Jateng DIY Tujuan Mudik Lebaran, Pasokan BBM, LPG, dan Avtur DisiapkanSejumlah kendaraan melintas di ruas Tol (ANTARA FOTO/Fauzan)

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Aji Anom Purwasakti mengatakan, langkah tersebut dilakukan mengingat, berdasarkan prediksi Kementerian Perhubungan, sebanyak 123,8 juta orang akan melakukan perjalanan mudik pada Lebaran 2023.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 15,1 persen adalah pemudik dengan tujuan Jawa Tengah.

"Jateng ini seperti yang kita ketahui, menjadi tempat tujuan mudik dan balik sehingga mengakibatkan kebutuhan BBM dan LPG meningkat, Kami sudah antisipasi pemenuhannya untuk kebutuhan BBM dan LPG," katanya di Semarang, Minggu (9/4/2023).

3. BBM Gasoil turun saat Lebaran

Jateng DIY Tujuan Mudik Lebaran, Pasokan BBM, LPG, dan Avtur DisiapkanTruk pembawa bahan bakar avtur bersiap parkir di Depo Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Pertamina Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (18/10/2022) (IDN Times/Dhana Kencana)

Lebih lanjut, Anom memperkirakan, tren konsumsi BBM di Jateng dan DIY meningkat selama Lebaran 2023.

Untuk BBM jenis Gasoline (Pertalite dan Pertamax Series) naik 29 persen atau mencapai 16.412 kiloliter (kL) dari rata-rata harian 12.733 kL di bulan Januari--Februari 2023. Kemudian, Avtur ikut menaik sebanyak 5,1 persen atau menjadi 256 kL dari rata-rata normal harian di periode tersebut, sebanyak 243 kL.

"Yang mengalami penurunan BBM jenis Gasoil (Biosolar dan Dex Series) mencapai 1,7 persen dari rata-rata normal 6.614kL menjadi 6.504 kL. Penurunan disebabkan saat periode Hari Raya Idulfitri terjadi penurunan aktivitas industri," ujarnya.

Selain BBM, penambahan pasokan dilakukan untuk LPG, baik yang subsidi dan non-subsidi sebanyak 3,7 persen atau sekitar 4,46 Metrik Ton (MT) dari rata-rata konsumsi normal harian 4,3 MT.

4. Konsumsi BBM naik saat puncak mudik dan balik

Jateng DIY Tujuan Mudik Lebaran, Pasokan BBM, LPG, dan Avtur DisiapkanAktivitas pengisian bahan bakar minyak (BBM) di SPBU Pertamina di rest area KM 379A ruas jalan tol Batang-Semarang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah (IDN Times/Dhana Kencana)

Anom menjelaskan, pihaknya memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada tanggal 19 April 2023.

Sedangkan untuk arus balik diperkirakan memuncak pada 29 April 2023.

Saat itu, konsumsi BBM jenis Gasoline mengalami peningkatan, masing-masing 78 persen saat arus mudik dan 58 persen saat arus balik.

Baca Juga: Daftar Lokasi SPBU Pertamina di Tol Trans Jawa Jateng, Mudik Tenang!

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya