PDIP Jateng Buka Pendaftaran Bakal Calon Pilkada 2020, Gibran Daftar?

Dibuka hanya enam hari

Semarang, IDN Times - DPD PDIP Jawa Tengah bakal membuka pendaftaran bakal calon bupati/ wali kota. Pendaftaran tersebut diperuntukkan bagi para kandidat yang belum mendaftar di 21 DPC PDIP kabupaten/ kota yang akan menggelar Pilkada serentak 2020.

Baca Juga: Kapan Gibran Daftar ke PDIP Jateng Untuk Pilwakot Solo? Ini Jawabannya

1. Dibuka selama enam hari

PDIP Jateng Buka Pendaftaran Bakal Calon Pilkada 2020, Gibran Daftar?Twitter.com/DPD_PDIP_JATENG

Pendaftaran tersebut dibuka pada 6-12 Desember 2019 mendatang. Kepastian pembukaan pendaftaran tersebut tertuang dalam surat DPP PDI Perjuangan nomor 944/IN/DPP/XI/2019.

Surat tersebut perihal Pengecualian Terkait Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah Pilkada Serentak Tahun 2020, tertanggal 26 November 2019. Surat tersebut ditandatangani Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemenangan Pemilu Bambang, Wuryanto dan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto.

2. Pembukaan pendaftaran untuk kepentingan partai

PDIP Jateng Buka Pendaftaran Bakal Calon Pilkada 2020, Gibran Daftar?Dok. PDIP Jateng

Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Wuryanto menyatakan bahwa surat tersebut sekaligus merevisi surat DPP No 918/IN/DPP/XI/2019 tanggal 21 November 2019 perihal penegasan terkait pendaftaran bakal calon kepala daerah pilkada serentak 2020. Dalam surat sebelumnya, disebutkan pembukaan pendaftaran dilakukan 25-30 November 2019.

"Kami mempertimbangkan eksistensi PDI Perjuangan di Jateng sangat penting secara ideologis, mengingat Jateng adalah basis partai dan sangat strategis ditinjau dari kepentingan partai untuk memenangkan Pemilu 2024," kata pria yang akrab disapa Bambang Pacul itu dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Rabu (27/11).

3. Diperuntukkan bagi bakal calon yang belum mendaftar lewat DPC

PDIP Jateng Buka Pendaftaran Bakal Calon Pilkada 2020, Gibran Daftar?ANTARA News/Akhmad Nazaruddin/Dok.

Lebih lanjut Bambang Wuryanto mengatakan bahwa pembukaan bakal calon juga dilakukan oleh DPP PDIP di Jakarta.

Sementara Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jateng, Bambang Kusriyanto menyatakan bahwa pendaftaran tersebut diperuntukkan bagi bakal calon kepala daerah/wakil kepala daerah kabupaten/kota di Jateng yang belum mendaftar.

"Yang belum mendaftar atau mengambil formulir di DPC, dapat dilakukan melalui pintu DPD dan DPP pada 6-12 Desember. Siapapun boleh mendaftar, baik itu kader partai maupun kandidat dari eksternal partai," ujar Bambang yang juga Ketua DPRD Jateng.

4. Santer kabar Gibran akan mendaftar lewat DPD PDIP Jateng

PDIP Jateng Buka Pendaftaran Bakal Calon Pilkada 2020, Gibran Daftar?IDN Times/Larasati Rey

Seperti diketahui, ada 21 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang akan menggelar pilkada serentak pada 2020 nanti. DPC-DPC PDIP telah menutup pendaftaran bakal calon.

Salah satu yang santer bakal mendaftar adalah putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. Pada kabar terakhir, disebutkan bahwa suami Selvi Ananda itu akan mendaftar bakal calon Wali Kota Surakarta lewat DPD PDIP Jateng.

Kini pendaftaran akan dibuka, akankah Gibran akan mendaftar? Kita tunggu langkah selanjutnya.

Baca Juga: Gibran Yakin Daftar Pilkada Lewat DPD PDIP Jateng

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya