Comscore Tracker

Pedagang Korban Kebakaran Relokasi Pasar Johar Semarang Disuruh Pindah

Lurah pasar mendata pedagang yang jadi korban kebakaran

Semarang, IDN Times - Lokasi relokasi Pasar Johar di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang terbakar pada Rabu (2/2/2022) telah padam. Belasan los terbakar habis tak tersisa, terutama di bagian depan blok F tempat tersebut.

1. Pedagang mengais barang yang selamat dari kebakaran

Pedagang Korban Kebakaran Relokasi Pasar Johar Semarang Disuruh PindahSuasana lapak pedagang yang menjual cabai di Pasar Johar MAJT. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Los bagian depan tersebut sebagian besar diisi oleh pedagang yang berjualan alat tulis kertas dan kebutuhan sekolah. Sejumlah pedagang tampak mengais barang dagangan yang masih bisa diselamatkan.

Hal yang sama juga dilakukan sejumlah pedagang buah, yang berada di bagian dalam lokasi relokasi Pasar Johar.

Baca Juga: Relokasi Pasar Johar Semarang Kebakaran, Belum Diketahui Penyebabnya 

2. Pedagang korban kebakaran didata

Pedagang Korban Kebakaran Relokasi Pasar Johar Semarang Disuruh PindahPetugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api yang membakar kompleks Relokasi Pasar Johar di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (2/2/2022). Belum diketahui penyebab serta kerugian akibat terbakarnya area Blok F dan Blok E di kompleks relokasi pasar tradisional tersebut. Hingga Rabu (2/2) pukul 21:15 WIB belasan mobil pemadam kebakaran dibantu mobil meriam air kepolisian beserta personel TNI-Polri dan BPBD Kota Semarang masih berupaya memadamkan kobaran api. ANTARA FOTO/Aji Styawan

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, terus berkomunikasi dengan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi soal skema bantuan untuk para pedagang yang terdampak kebakaran. Ia juga meminta lurah pasar mendata jumlah pedagang yang terdampak.

“Saya minta lurahnya untuk menghitung, berapa tempatnya (yang terbakar), kerugiannya berapa,” katanya Kamis (3/2/2022).

3. Pedagang diminta pindah ke Pasar Johar Baru

Pedagang Korban Kebakaran Relokasi Pasar Johar Semarang Disuruh PindahIlustrasi pasar tradisional. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Lebih lanjut, Ganjar juga meminta pada Wali Kota Semarang untuk mendorong pedagang yang sudah mendapatkan kios di Pasar Johar dapat segera pindah.

“Jadi maksud saya yang area (terbakar) ini bisa dipindahkan ke sana, kemudian yang masih aman bisa berjualan. Yang kita pikirkan sekarang agar mereka bisa berjualan lagi,” tandasnya dilansir keterangan tertulis.

Seperti diketahui, kebakaran hebat melanda tempat relokasi pasar Johar di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Rabu (2/2/2022) Malam. Kobaran api membakar puluhan kios yang ada di blok F pasar tersebut.

Baca Juga: 6 Fakta Pasar Johar Semarang, Dibangun 1938 Sudah Tiga Kali Kebakaran

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya