PKB Jateng Mencak-Mencak Mbah Munif Ketemu Gibran di Solo

Tuding Nusron Wahid copet politik

Semarang, IDN Times - Pertemuan Pengasuh Ponpes Girikesumo Demak, KH Munif Muhammad Zuhri dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka membuat pengurus PKB Jateng berang. Pertemuan keduanya dituding merupakan bentuk manuver dari politisi Golkar, Nuswon Wahid.

1. Nusron merusak pertemuan

PKB Jateng Mencak-Mencak Mbah Munif Ketemu Gibran di SoloWakil Ketua DPW PKB Jawa Tengah, Fuad Hidayat (Dok. PKB Jateng)

Wakil Ketua DPW PKB Jawa Tengah, Fuad Hidayat menuding, pertemuan Kiai Munif dengan Gibran dirusak oleh Nusron Wahid.

“Saya tahu persis itu agenda pribadi Kiai Munif ziarah di Solo. Kemudian Mas Gibran mempersilahkan Kiai Munif pinarak (red: mampir). Sebagai sesepuh Jawa Tengah atau bahkan Indonesia, Mbah Munif tentu tidak bisa menutup pintu komunikasi dengan banyak pihak yang ingin bertemu (termasuk Gibran),” ujarnya kepada IDN Times dalam keterangan resmi, Rabu (1/11/2023).

Baca Juga: Erick Minta Gibran Libur Blusukan, Ada Misi Khusus Piala Dunia U-17

2. Mempolitisir dukungan kepada Gibran

PKB Jateng Mencak-Mencak Mbah Munif Ketemu Gibran di SoloPolitisi Partai Golkar Nusron Wahid - ANTARA FOTO/Reno Esnir

Ia menilai, Nusron Wahid telah mempolitisir pertemuan tersebut, seolah-olah Kiai Munif mendukung pencalonan Gibran sebagai calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto. 

“Model seperti Nusron ini tidak etis. Nusron telah mencopet Kiai Munif untuk kepentingan politik. Seharusnya dia tidak mengobok-obok internal partai lain. Saling menjaga kehormatan dan etika berdemokrasi,” tandasnya.

3. PKB Jateng klaim Kiai Munif dukung Muhaimin

PKB Jateng Mencak-Mencak Mbah Munif Ketemu Gibran di SoloKetua Umum PKB, Muhaimin Iskandar hadir dalam rapat koordinasi Caleg PKB se-Kalimantan Selatan di Tanah Bumbu (dok. PKB)

Fuad memandang, ulah Nusron bukan kali pertama ini saja. Pasalnya, setiap momentum politik, Nusron selalu menarik-narik kiai untuk mendukung calon tertentu.

“Sebagai politisi sebaiknya ulah begini diakhiri. Karena hal itu memecah belah dan mengadu domba kiai. Mari kita jaga muruah para kiai. Sudah jelas Kiai Munif, Ketua Dewan Syuro PKB Jateng. Kiai Munif menyatakan istikamah mendukung Gus Muhaimin,” aku Fuad yang juga menjabat Wakil Ketua Komisi A DPRD Jateng itu.

Fuad mengeklaim, PKB Jateng dalam kondisi solid memenangkan Gus Muhaimin. Bahkan belum lama ini, Kiai Munif telah mengumpulkan kiai-kiai se-Jawa di Ponpes Girikesumo untuk mendukung Gus Muhaimin sebagai cawapres.

Baca Juga: Ketua Dewan Syuro PKB Temui Cawapres Gibran Rakabuming di Solo 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya