Resesi 2023 dan Pemilu 2024, Ketua PDIP Jateng Minta Wakil Rakyat Peka

Bambang Pacul ingatkan dua tugas utama anggota dewan

Semarang, IDN Times - Ketua DPD (Dewan Pimpinan Daerah) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah, Bambang Wuryanto, meminta agar para wakil rakyat di DPRD, baik tingkat provinsi dan kabupaten/kota di Jateng, untuk meningkatkan kepekaan terhadap problematika yang terjadi di masyarakat. Hal itu dilakukan mengingat prediksi akan terjadinya resesi Global pada tahun 2023 dan menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

1. Kepekaan untuk solusi nyata secara langsung

Resesi 2023 dan Pemilu 2024, Ketua PDIP Jateng Minta Wakil Rakyat PekaKetua DPD PDIP Jawa Tengah/Sekretaris Fraksi PDIP, Bambang Wuryanto. (IDN Times/Sachril Agustin)

Bambang mengatakan, adanya tantangan yang muncul pada tahun 2023 tersebut menuntut kepekaan para anggota legislatif PDIP yang duduk di DPRD. Meski bukan pelaksana atau di bagian eksekutif, kepekaan mereka menjadi hal utama dalam menyikapi persoalan yang ada di tingkat bawah, sehingga bisa menemukan solusinya secara langsung.

“(Anggota DPRD) harus meningkatkan kepekaan agar bisa merespons dengan cepat dan tepat atas permasalahan yang ada,” kata Bambang Wuryanto yang akrab dipanggil Bambang Pacul itu dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Jumat (23/12/2022).

Baca Juga: Denty Serahkan Syarat Dukungan 7.777 KTP ke KPU Jateng saat Hari Ibu

2. Ada dua tugas wakil rakyat

Resesi 2023 dan Pemilu 2024, Ketua PDIP Jateng Minta Wakil Rakyat PekaIlustrasi Resesi. IDN Times/Arief Rahmat

Menurutnya, ada dua limitasi minimal tugas sebagai wakil rakyat. Pertama adalah menyerap, memperjuangkan, dan mewujudkan aspirasi dari daerah pemilihan (dapil) yang diwakilinya. Kemudian--yang kedua--menjalankan tugas di bidang penugasannya masing-masing di komisi dengan maksimal.

“Terkait prediksi resesi Global di tahun 2023, tolong diperhatikan kondisi aktual yang ada di masyarakat. Jangan sampai terlambat mengetahui persoalan yang terjadi di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya,” ujar Bambang Pacul.

3. Wakil rakyat yang nyaleg lagi harus persiapan matang

Resesi 2023 dan Pemilu 2024, Ketua PDIP Jateng Minta Wakil Rakyat PekaIlustrasi kantor DPRD Jateng. IDN Times/Fariz Fardianto

Sementara itu, menghadapi Pemilu 2024, ia secara khusus mengajak para anggota Fraksi PDIP DPRD Jawa Tengah untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya, dengan melakukan evaluasi mandiri atas apa yang menjadi tugasnya.

“Mohon maaf bagi teman-teman yang tidak melanjutkan tugas di legislatif karena ingin berkarya di bidang lain, saya berharap tetap evaluasi, agar apa yang menjadi tanggung jawab bisa dituntaskan dan bisa meninggalkan legacy yang baik,” ucapnya.

Untuk mereka yang mencalonkan lagi, Bambang yang juga sebagai Ketua Bappilu DPP PDIP mengingatkan bahwa evaluasi diperlukan sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan kinerja dan mengoptimalkan komunikasi dengan konstituen.

"Evaluasi diperlukan sebagai pertimbangan. Yang perlu dipahami pula, tantangan yang dihadapi di masa mendatang tidak sama dengan apa yang sudah dilalui, sehingga program yang berhasil dicapai belum tentu tepat untuk dilakukan di masa mendatang," akunya

4. Pemilu 2024 perlu kerja ekstra

Resesi 2023 dan Pemilu 2024, Ketua PDIP Jateng Minta Wakil Rakyat PekaIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Bambang berpesan kepada para anggota Fraksi PDIP DPRD Jateng agar mempersiapkan diri secara optimal dalam memasuki tahapan Pemilu 2024. Pasalnya, pada Pemilu tersebut, KPU telah memutuskan untuk pelaksanannya adalah pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota dilaksanakan serentak pada Rabu, 14 Feburari 2024.

Tidak hanya itu, pada tahun 2024 juga digelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak untuk 38 provinsi dan 514 kabupaten/kota pada Rabu, 27 November 2024.

“Pemilu memang agenda yang rutin dilakukan. Tapi keserentakan kali ini memerlukan persiapan yang lebih dari biasanya. Kesuksesan Pemilu bukan hanya tanggung jawab KPU, tapi tanggung jawab kita bersama, termasuk partai politik dan para kadernya. Bagi kami di PDIP sukses pesta demokrasi harus terwujud dalam sukses penyelenggaraan dan sukses perolehan suarta partai,” tandasnya.

Baca Juga: Diusung Golkar Jadi Gubernur Jateng, Jawaban Gibran yang Kader PDIP 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya