Comscore Tracker

Tulisan Tangan Fajar buat Ganjar Pranowo, Bikin Warganet Mewek

Pesan dari sang Ibu yang tidak bisa disampaikan langsung

Semarang, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menerima sebuah surat bertuliskan tangan dari seorang siswa SMK Negeri Jawa Tengah di Semarang.

Isi surat tersebut diunggah Ganjar Pranowo pada akun sosial media Twitter miliknya.

Baca Juga: Wow, Ganjar Pranowo Rambah Dunia Film Layar Lebar

1. Surat berisi pesan khusus dari Ibunda

Tulisan Tangan Fajar buat Ganjar Pranowo, Bikin Warganet MewekANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Adalah Fajar Jaka Surya, siswa baru asal Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah yang menulis surat tersebut. Surat ditulis dengan tangan dalam tiga lembar sobekan buku tulis.

Dalam surat, Fajar hanya ingin menyampaikan amanat dari sang ibu, yang ingin berterima kasih kepada Ganjar. Ibunda Fajar mengatakan apabila tidak ada SMKN Jateng di Semarang, yang digagas oleh Ganjar, maka tidak mungkin anaknya bisa melanjutkan sekolah.

"Kemarin sebelum berangkat ke Semarang, saya dapat pesan dari Ibu, agar mengucapkan terima kasih langsung pada Pak Ganjar. Karena saya diterima sekolah di sini dan semuanya gratis. Seragam, tas, alat tulis, tempat tinggal dan makan semua gratis," tulis Fajar sebagaimana dikutip IDN Times dari surat tersebut, Jumat (9/8).

Baca Juga: Takut Gratifikasi, Ganjar Pranowo Tolak Pemberian Kaos Lewat Online

2. Ingin bertemu langsung dengan Ganjar, namun banyak kendala

Tulisan Tangan Fajar buat Ganjar Pranowo, Bikin Warganet Mewekjatengprov.go.id

Fajar ingin sekali bertemu dengan Ganjar secara langsung. Namun terkendala waktu dan peraturan dari sekolah. Ia bahkan juga tak sempat mengakses sosial media, karena tidak diperbolehkan membawa gawai atau handphone selama menempuh pendidikan.

“Sebenarnya saya pengin banget bertemu langsung dengan pak Ganjar untuk mengatakan itu, karena pesannya ibu begitu. Tapi peraturan disini tidak mengizinkan. Saya juga tidak bisa membuka medsos karena juga dilarang membawa hp,” ucap Fajar.

“Padahal kemarin ketika pak Ganjar datang ke sekolah bareng ibu Wakil Gubernur Lampung, saya pengin banget mengucapkan tapi kami tidak boleh keluar. Akhirnya saya hanya bisa menulis surat dan menitipkan pada pak guru. Semoga suratnya sampai di tangan njenengan,” sambungnya.

3. Fajar juga curhat tentang kondisi keluarganya

Tulisan Tangan Fajar buat Ganjar Pranowo, Bikin Warganet MewekANTARA FOTO/Galih Pradipta

Fajar pun turut mencurahkan isi hatinya kepada Ganjar dalam surat tersebut. Ia menceritakan tentang kondisi keluarganya, dimana sang Ibu hanya seorang buruh tenun di Pemalang, Jawa Tengah dengan gaji Rp23 ribu per minggu.

Sehari-hari, Ibunda Fajar juga harus merawat nenek, satu kakaknya yang sedang sakit, dan satu adik Fajar yang masih SMP.

“Semoga kelak ketika adik saya lulus SMP, juga bisa melanjutkan di SMKN Jateng. Saya kasihan pada ibu karena beliau yang menjadi tulang punggung keluarga. Dulu saya masih bisa sedikit membantu dari hasil ngaji anak-anak kampung. Tapi sekarang hanya ibu yang bekerja karena bapak saya sudah meninggal sejak saya kelas 1 SD,” urai Fajar.

4. Cita-cita Fajar yang diungkapkan kepada Ganjar

Tulisan Tangan Fajar buat Ganjar Pranowo, Bikin Warganet MewekANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Diakhir surat, Fajar bercita-cita ingin bisa bekerja di perusahaan besar usai lulus dari SMKN Jateng, agar kelak bisa membantu sang Ibu. Ia juga ingin membangun bengkel mobil dan memiliki karyawan, serta bisa memberangkatkan Ibundanya menunaikan haji.

Fajar tak hentinya mengucapkan terima kasih dalam surat itu. Ia berharap keberadaan SMKN Jateng bisa diperbanyak karena sangat membantu anak-anak dari keluarga miskin.

“Mohon agar diperbanyak sekolah seperti SMKN Jateng ini karena sangat membantu anak-anak dari keluarga miskin seperti saya, bisa mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Sehingga kami tidak minder untuk bercita-cita tinggi seperti anak-anak lainnya,” tulis Fajar di akhir suratnya.

5. Ganjar berdoa untuk Fajar

Tulisan Tangan Fajar buat Ganjar Pranowo, Bikin Warganet Mewekjatengprov.go.id

Ganjar mengunggah surat tersebut pada Rabu, 7 Agustus 2019 malam. Postingan itu telah disukai (liked) lebih dari 6.328 warganet dan dibagikan kembali atau retweets sebanyak 1.900 warganet. Unggahan juga mendapat 2.241 komentar dari warganet.

Ia juga menuliskan beberapa kata yang ditujukan kepada Fajar.

"Saya baca semalam, membayangkan ibunya tersenyum di rumah sederhana itu.
Fajar, semoga apa yang kamu cita-citakan terlaksana," ucap Ganjar dikutip dari laman sosial media pribadinya.

6. Warganet menangis haru usai membaca surat Fajar

Tulisan Tangan Fajar buat Ganjar Pranowo, Bikin Warganet Mewekhttps://unsplash.com/TomPumford

Sejumlah warganet banyak menanggapi postingan surat tersebut. Tidak sedikit yang menangis haru, atas kepolosan dan kesederhanaan dari Fajar. Berikut sejumlah komentar warganet yang dikutip IDN Times.

@mujionoalaska: Itu gajinya cuma cukup buat beli beras 2kg. Beras 2kg harus dimakan bertiga selama 2 minggu? Terimakasih ini sudah membuat saya akan lebih bersyukur. Kembeng² moco iki (mau menangis membaca surat ini).

@nurzhiezzah: Ketika dibelahan daerah lain semua tersedia, akses mudah, tapi anak-anak malas sekolah. Saya pengin nangis baca ini 😭 semoga anak didik saya punya semangat yg tinggi seperti Fajar.

@Dien_ast: Alhamdulillah, terharu bacanya, ditengah kesulitan ekonomi keluarga ini mempunyai cita-cita luhur untuk masa depan putra putri tercinta. Sukses buat Mas Fajar, semoga cita-citanya terkabul. Semoga ibu di rumah selalu diberikan kesehatan, kekuatan dan rezeki yg barokah, aamiin 😇.

@bayurinia: Yang dapat surat panjenengan (anda), tapi yang nangis saya pakkkk 😭😭😭😭😭.

@amaliaabdullah: Tiba-tiba tenggorokan tercekat dan sesak membaca pesan dari anak ini. Semoga kelak apa yang dicita2kan tercapai, ingin menghajikan ibunda aamiinn. Ridho Allah Ridho orang tua. Semoga Allah meridhoi.

@lianyanglain_: Suratnya mengandung brambang (bawang merah). Marai (membikin) nangis 😭 Mugi (semoga) lancar sekolahnya Fajar. Ibunya diberi kesehatan dan limpahan rizki selalu. Dan pak Ganjar diberkahi selalu agar bisa terus menyebar kebaikan dan kebahagiaan buat orang² 🙏.

@aappip: Trenyuh ati iki mocone, nganti brebes mili. (Tersentuh hati ini saat membacanya, sampai terharu menangis) 😭💕.

Baca Juga: Bisnis Kerajinan Batik di Jateng Menggeliat, Ganjar Ikut 'Promosi'

Topic:

  • Dhana Kencana
  • Febriana Sintasari

Just For You