Comscore Tracker

1.416 Millennial Lolos Seleksi KIP Kuliah di Unnes, Dapat Uang Rp700 Ribu

Hampir separuh calon mahasiswa Unnes dapat beasiswa

Semarang, IDN Times - Proses Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMBPTN) di Kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes) memunculkan fakta unik pada tahun 2021. Pihak rektorat Unnes menyatakan terdapat 1.416 calon mahasiswa yang dipastikan lolos seleksi program Beasiswa KIP Kuliah.

1. Hampir separuh peserta yang lolos SBMPTN di Unnes dapat KIP Kuliah

1.416 Millennial Lolos Seleksi KIP Kuliah di Unnes, Dapat Uang Rp700 RibuUnsplash/Mikael Kristenson

Menurut Kepala UPT Humas Unnes, Burhanudin, calon mahasiswa yang kini lolos program KIP Kuliah jumlahnya hampir separuh dari total peserta yang diterima di jalur SBMPTN yakni sebanyak 3.873 orang. 

"Dari total peserta yang lolos SBMPTN, ada 1.416 orang di antaranya yang lolos seleksi memakai beasiswa KIP kuliah," ujar Burhanudin dalam keterangan resmi yang didapat IDN Times, Selasa (15/6/2021).

Baca Juga: 10 Potret Budidaya Maggot, Si Mutiara Hitam yang Digandrungi Peneliti Unnes

2. Penerima Beasiswa KIP Kuliah juga diberi uang Rp700 ribu saban bulan

1.416 Millennial Lolos Seleksi KIP Kuliah di Unnes, Dapat Uang Rp700 RibuIlustrasi Uang Rupiah (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Ia menyatakan para calon mahasiswa yang memperoleh Beasiswa KIP Kuliah nantinya dibebaskan biaya perkuliahan selama delapan semester.

Setiap penerima Beasiswa KIP Kuliah, kata Burhan juga mendapatkan uang saku dari Unnes sebesar Rp700 ribu per bulan.

"Uang yang diberikan sebagai biaya hidup penunjang belajar. Kemudian juga dibebaskan dari pembayaran UKT atau uang perkuliahan delapan semester," akunya.

3. Unnes sedang memverifikasi data penerima KIP Kuliah

1.416 Millennial Lolos Seleksi KIP Kuliah di Unnes, Dapat Uang Rp700 RibuLogo Unnes terpampang di depan Gedung Rektorat. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Burhan berkata saat ini sedang mengerjakan proses verifikasi pada database calon penerima beasiswa KIP kuliah. Bila datanya sesuai, maka calon mahasiswa akan menerima beasiswa KIP Kuliah. Namun, jika terdapat manipulasi, pihaknya menegaskan pemberian Beasiswa KIP Kuliah nantinya bisa dicabut.

Ia menyampaikan proses perkuliahan bagi mahasiswa baru semester gasal 2021/2022 akan dimulai pada tanggal 23 Agustus 2021.

4. Setiap calon mahasiswa Unnes wajib isi data di laman datapokok.unnes.ac.id

1.416 Millennial Lolos Seleksi KIP Kuliah di Unnes, Dapat Uang Rp700 RibuANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Sedangkan untuk mekanisme registrasi administrasi calon mahasiswa baru jalur SBMPTN bisa dilakukan dengan mengisi boring isian diri dan mengunggah dokumen secara daring melalui laman datapokok.unnes.ac.id. 

Langkah selanjutnya dengan mengirimkan dokumen seperti SKL, fotocopi raport dan isian borang  A1 yang diunduh dari datapokok.unnes.ac.id ke bagian Akademik Unnes. 

Proses berikutnya, katanya yakni dengan memproses pembayaran biaya pendidikan dengan menggunakan nomor virtual account masing-masing peserta. 

Jadwal pembayaran biaya pendidikan di Unnes dilakukan mulai tanggal 1 Juli sampai 8 Juli 2021 melalui Bank mitra Unnes antara lain Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Negara Indonesia (BNI 46), Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Mandiri cabang seluruh Indonesia. 

Kemudian langkah terakhir dengan melakukan penyelesaian registrasi daring pada laman datapokok.unnes.ac.id dan wajib mengunggah hasil pindai/ scan berkas dan mencetak bukti registrasi daring.

5. Peserta yang lolos SBMPTN Unnes diminta posting syarat-syarat UKT dan KIP Kuliah

1.416 Millennial Lolos Seleksi KIP Kuliah di Unnes, Dapat Uang Rp700 RibuUnsplash/freestocks

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik Unnes, Prof Zaenuri menyampaikan para calon mahasiswa yang dinyatakan diterima dapat memperhatikan informasi yang lengkap pada laman penerimaan.unnes.ac.id.

"Bagi calon mahasiswa yang lolos SBMPTN diwajibkan mengisi borang isian data diri (data pokok) serta mengunggah dokumen yang dipersyaratkan sebagai dasar penetapan besaran UKT dan seleksi penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, sesuai dengan panduan pengisian," terangnya.

Baca Juga: Modal KIP Kuliah, 401 Millennial Kuliah Gratis di Unnes Semarang

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya