2 Orang Hilang di Kebumen, Digulung Ombak Pantai Selatan 

Ferdy diterjang ombak saat sedang tolong temannya

Kebumen, IDN Times - Nasib nahas dialami dua orang yang sedang beraktivitas di pantai selatan Jawa Tengah. 

Tepatnya di Kabupaten Kebumen, seorang pelajar yang terseret ombak Pantai Cemara Sewu. Sedangkan seorang nelayan juga kedapatan tenggelam di Pantai Silumut Kecamatan Puring Kebumen.

Baca Juga: Digulung Ombak TPI Pasir Kebumen, Temannya Selamat Tapi Sodiran Hilang

1. Slamet tenggelam di Pantai Silumut saat sedang menebar jaring ikan

2 Orang Hilang di Kebumen, Digulung Ombak Pantai Selatan Dua personel SAR gabungan terlihat menyoroti bibir Pantai Silumut dengan senter dengan harapan bisa menemukan jejak terakhir nelayan yang tenggelam. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Cilacap)

Untuk kejadian di Pantai Silumut Kecamatan Puring, Basarnas Cilacap mendapat laporan bahwa ada nelayan bernama Slamet Suprianto, (36) warga Dukuh Kauman RT 001/RW III, Desa Sidoharjo Kecamatan Puring kemungkinan tenggelam saat sedang menebar jala ikan. 

Ceritanya berawal ketika Slamet pada Jumat (22/9/2023) pukul 17.30 sore berangkat dari rumahnya untuk menebar jaring di sekitar Pantai Silumut. 

2. Teman Slamet lihat kumbul, jaring dan motor di pinggir pantai

2 Orang Hilang di Kebumen, Digulung Ombak Pantai Selatan Sejumlah relawan gabungan SAR Cilacap bersama potensi SAR dan warga lokal saat briefing sebelum mencari keberadaan seorang nelayan yang terseret ombak Pantai Silumut, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Cilacap)

Menurut pengakuan temannya, saat ditunggu hingga pukul 20.00 WIB malam, Slamet tak kunjung menebar jaring. 

Hingga pukul 23.00 dini hari, Slamet sudah tidak terlihat lagi oleh temannya tersebut. Kemudian pada hari ini, Sabtu (23/9/2023), jam 08.00 pagi, salah satu teman Slamet sempat melihat diduga kumbul dan jaring korban sejauh 300 meter ke arah timur dari titik terakhir korban terlihat. 

Namun, di Pantai Silumut hanya ditemukan motor dan patok jaring milik korban. Adah Sudarsa, Kepala Basarnas Cilacap berkata pihaknya sampai saat ini masih melakukan pencarian dengan SAR gabungan.

“Sehubungan lokasi kejadian Pantai Silumut ini dekat dengan lokasi operasi SAR yang dilaksanakan di Pantai Cemara Sewu, maka kami berangkatkan tim satu terlebih dahulu untuk melakukan assessment dan kami berangkatkan juga satu tim rescue menuju Pantai Silumut," kata Adah yang jadi SAR Mission Coordinator (SMC).

3. SAR belum bisa menemukan Slamet

2 Orang Hilang di Kebumen, Digulung Ombak Pantai Selatan Ada Ubaloka, warga lokal Kecamatan Puring Kebumen, personel SAR Cilacap, relawan dan potensi SAR yang turut terlibat pencarian terhadap nelayan yang tenggelam. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Cilacap)

Upaya pencarian sempat dilakukan sampai malam ini pukul 20.00. Ketika dilakukan pemantauan dan penyisiran di sekitar lokasi kejadian, namun tidak ditemukan tanda-tanda keberadaan korban. "Pencarian terhadap Slamet sementara dihentikan dan akan dilanjutkan pada Minggu (24/9/2023) pukul 07.00 WIB," tuturnya. 

4. Nasib apes dialami Ferdy yang renang di Pantai Cemara Sewu

2 Orang Hilang di Kebumen, Digulung Ombak Pantai Selatan Sejumlah personel SAR Cilacap mengheningkan cipta sejenak sebelum memulai proses pencarian dan pertolongan terhadap seorang pelajar yang tenggelam di Pantai Cemara Sewu, Kabupaten Kebumen. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Cilacap)

Sedangkan untuk pencarian terhadap seorang pelajar di Pantai Cemara Sewu, telah teridentifikasi oleh SAR gabungan bahwa korban hilang bernama Ferdy berusia 14 tahun, seorang pelajar asal Desa Penusupan Kecamatan Sruweng, Kebumen. 

Lalu ada juga korban selamat bernama Ikhwan Fuad Mufid, usia 13 tahun, seorang pelajar asal Desa Kejawang Kecamatan Sruweng. 

Selanjutnya korban selamat lainnya yang dijadikan saksi mata adalah Muarif Nurudin (13) dan Yongki Fernanda Pratama (14) yang sama-sama berstatus sebagai pelajar sekaligus teman korban. 

Adah menyampaikan hilangnya Ferdy di Pantai Cemara Sewu berawal saat yang bersangkutan sedang bermain di pinggir pantai bersama teman-temannya hari ini kisaran pulul 07.00 pagi. 

5. Ferdy niatnya nolongin temannya yang terseret ombak Pantai Cemara Sewu

2 Orang Hilang di Kebumen, Digulung Ombak Pantai Selatan Ilustrasi tenggelam. (Unsplash/Nikko Macaspac)

Saat itu, ada dua anak berpisah untuk berenang di pinggiran Pantai Cemara Sewu yang diduga memiliki ombak cukup tinggi. 

Tak lama kemudian, Mufid yang awalnya tampak digulung ombak Pantai Cemara Sewu kemudian berusaha diselamatkan oleh Ferdy. Apesnya, Ferdy yang berusaha menolong Mufid justru ikut hanyut terseret ombak tinggi.

Kemudian relawan dan warga setempat berusaha menolong namun hanya Mufid yang berhasil diselamatkan. Sementara Ferdy dinyatakan raib karena sampai malam ini belum juga ditemukan.

"Kita mendapatkan informasi atas hilang dan tenggelamnya seorang pelajar dari Ngadimin, warga Petanahan hari Sabtu pukul 10.30. Kita langsung menghubungi Polsek Petanahan. Habis mendapat informasi, kita memberangkatkan satu regu menuju ke lokasi dan bawa peralatan lengkap di air," akunya. 

6. SAR akan pakai rubber boad

2 Orang Hilang di Kebumen, Digulung Ombak Pantai Selatan Personel SAR gabungan dari Cilacap bergerak ke Pantai Cemara Sewu untuk mencari pelajar yang tenggelam. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Cilacap)

Setelah sampai lokasi, pihaknya melaksanakan asesment awal dan koordinasi dengan pihak terkait untuk membahas rencana pencarian ke depan.

"Kita lalu melakukan pencarian di pinggiran pantai. Rencana kita akan menurunkan Rubber Boat untuk penyisiran di perairan Pantai Cemara Sewu," terangnya. 

Adapun unsur SAR gabungan yang terlibat pencarian di Pantai Cemara Sewu antara lain, Basarnas Cilacap, BPBD Kebumen, Polsek Petanahan, Koramil Petanahan, SAR Tunas, SAR Lawet Perkasa, Ubaloka dan warga lokal. 

Baca Juga: Tubuh 3 Wisatawan Sudah Terbawa ke Tengah Laut, Warga Kebumen Gelar Doa Bersama

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya