20 Wilayah Jateng Dilanda Cuaca Ekstrem, Jauhi Bantaran Sungai dan Lereng!

Waspadai hujan lebat disertai angin kencang

Semarang, IDN Times -  Stasiun BMKG Meteorologi Ahmad Yani Semarang menyatakan sejumlah kabupaten/kota di Jawa Tengah berpeluang dilanda cuaca ekstrem dalam waktu tiga sampai enam jam ke depan.

Cuaca ekstrem juga diprediksi memunculkan hujan sedang sampai lebat yang bisa disertai sambaran petir dan angin kencang. 

"Diprakirakan dalam 3--6 jam ke depan terdapat potensi cuaca ekstrem mulai hujan sedang sampai lebat yang dapat disertai kilaran petir dan angin kencang," kata prakirawan Stasiun BMKG Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Winda Asri dalam keterangan yang didapat IDN Times, Minggu (14/11/2021).

1. Ada 20 daerah yang bakal dilanda cuaca ekstrem

20 Wilayah Jateng Dilanda Cuaca Ekstrem, Jauhi Bantaran Sungai dan Lereng!Rudal Afgani

Ia menyatakan, sejumlah daerah yang bakal dilanda cuaca ekstrem pada Minggu (14/11/2021) antara lain Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Kabupate Boyolali, Kabupaten Klaten, Kabupaten Sukoharjo, Kota Surakarta, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Blora, Kabupaten Pati, Kabupaten Kudus, Kabupaten Jepara, Kabupaten Semarang, Kabupatenemanggung, Kota Salatiga dan sekitarnya.

Baca Juga: 16 Daerah di Jateng ini Dilanda Cuaca Ekstrem 3 Hari, Kena 2 Siklon

2. Warga diimbau waspada sama hujan dan pohon tumbang

20 Wilayah Jateng Dilanda Cuaca Ekstrem, Jauhi Bantaran Sungai dan Lereng!Ilustrasi Hujan. IDN Times/Sukma Shakti

Stasiun Meteorologi Ahmad Yani menyatakan warga yang terdampak cuaca ekstrem telah diimbau agar selalu waspada, berhati-hati terhadap munculnya hujan lebat disertai kilat atau petir dan diikuti angin kencang.

"Dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," imbuhnya.

3. Warga wajib menghindari bantaran sungai

20 Wilayah Jateng Dilanda Cuaca Ekstrem, Jauhi Bantaran Sungai dan Lereng!Peta pergerakan tanah dan longsor di wilayah Jawa Tengah. (Dok Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang)

BMKG juga mengharapkan agar Kepala BPBD serta dinas terkait dapat meminta serta mengimbau kepada masyarakat untuk menjauh dari bantaran sungai, tubuh air, area wilayah rawan banjir, serta lereng yang rawan longsor.

Baca Juga: 6 Lokasi di Semarang Langsung Banjir dan Tergenang saat Hujan Deras

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya