220 Personel SAR Gabungan Ikut Operasi Pencarian 8 Penambang Emas di Banyumas

Tim khusus ikut diterjunkan

Banyumas, IDN Times - Tim SAR gabungan Cilacap mendapat tambahan kekuatan untuk mendukung operasi pencarian delapan penambang emas di Desa Pancurendang, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas. 

Baca Juga: Dinas ESDM Jateng Pastikan Tambang Emas yang Runtuh di Ajibarang Banyumas Ilegal

1. Regu BSG ikut bantu pencarian penambang emas

220 Personel SAR Gabungan Ikut Operasi Pencarian 8 Penambang Emas di BanyumasTim SAR gabungan dibantu warga Desa Pancurendang Kecamatan Ajibarang bahu-membahu membendung aliran sungai yang dekat dengan lubang galian tambang emas yang runtuh. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Cilacap)

Adah Sudarsa, Kepala Basarnas Cilacap selaku SAR Mission Coordinator (SMC) menyatakan tambahan personel didapatkan memasuki hari keempat proses pencarian di lubang galian tambang yang runtuh. 

"Dan kekuatan personel bertambah dengan datangnya satu tim dari Basarnas Special Group (BSG)," jelasnya, Sabtu (29/7/2023). 

Sementara kekuatan personel tim SAR gabungan hingga pagi ini sebanyak 220 personel. Mulai SAR Cilacap, Basarnas Special Group (BSG), Kantor SAR Semarang, Kantor SAR Yogyakarta, TNI, POLRI, Instansi Pemerintah Provinsi dan Daerah, ormas, Mapala, keluarga dan warga lokal. 

2. Regu SAR disebar di enam titik worksite

220 Personel SAR Gabungan Ikut Operasi Pencarian 8 Penambang Emas di BanyumasSeorang pria bertubuh kekar terlihat membantu tim SAR gabungan saat membendung aliran sungai memakai karung pasir. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Cilacap)

Untuk rencana operasi yang dilakukan pada hari ini dengan membagi tim SAR gabungan kedalam 6 worksite. Masing-masing sektor kerja Worksite A-1 di galian Bogor dengan menggunakan 5 pompa air submersible. Worksite A-2 di galian Dondong dengan menggunakan 2 pompa air submersible.

Kemudian ada juga tim worksite A-3 di Sumur I menggunakan dua pompa air submersible. Worksite A-4 di Sumur II menggunakan sebuah pompa air submersible. 

3. Diharapkan hari ini bisa diberi kemudahan

220 Personel SAR Gabungan Ikut Operasi Pencarian 8 Penambang Emas di BanyumasSebuah mesin digunakan oleh personel SAR gabungan untuk menyedot air yang memenuhi lubang galian tambang emas yang runtuh di Desa Pancurendang Ajibarang Banyumas. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Cilacap)

Lalu juga ada Worksite A-5 di Bendungan Sungai menggunakan sebuah pompa air submersible. Dan Worksite A-6 di Galian Majenang menggunakan dua pompa air submersible.

"Semoga hari ini mendapatkan kemudahan serta kelancaran dalam proses evakuasi dan selalu diberikan kesehatan kepada seluruh unsur SAR yang terlibat," ujar Adah. 

4. Ada 35 lapak tambang emas di Desa Pancurendang

220 Personel SAR Gabungan Ikut Operasi Pencarian 8 Penambang Emas di BanyumasSuasana proses pencarian yang dilakukan di mulut lubang galian tambang emas di Desa Pancurendang Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Cilacap)

Sementara, menurut pengakuan Kasatreskrim Polresta Banyumas, Kompol Agus Supriadi, selama ini sekitar 80 persen mata pencarian warga Pancurendang berasal dari tambang emas. 

Tercatat, sampai 2023 ini untuk lapak tambang ada sebanyak 35 lapak tambang. "Dari 35 itu, 30 aktif dan 5 tidak aktif, dengan pekerja dengan masyakrakat," paparnya. 

Baca Juga: 8 Penambang Emas Banyumas Tenggelam di Lubang Galian, Tertutup Air 15 Meter

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya