23 ASN Dapat Tugas Khusus di 3 Lapas Baru Nusakambangan Cilacap

Kemenkumham Jateng beri pesan untuk para ASN

Cilacap, IDN Times - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Tengah telah menyeleksi sebanyak 23 ASN untuk ditempatkan di tiga lokasi lapas baru yang ada di Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap. 

Puluhan ASN tersebut diberi tugas untuk menjadi ujung tombak dalam memainkan peran dan tugas-tugas yang diberikan oleh Kanwil Kemenkumham Jateng.

Baca Juga: 3 Lapas Baru Nusakambangan Siap Beroperasi, Dijaga Ratusan Petugas!

1. Para ASN diminta jadi ujung tombak

23 ASN Dapat Tugas Khusus di 3 Lapas Baru Nusakambangan Cilacap

Kepala Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Tejo Harwanto menyampaikan sebenarnya ada 31 orang Pejabat Eselon V yang dilantik untuk penempatan tugas di Pulau Nusakambangan. 

Akan tetapi, dari jumlah tersebut, terdapat 23 di antaranya ditugaskan bagi lapas baru antara lain Lapas Gladakan, Lapas Ngaseman dan Lapas Nirbaya, 

Sisanya, delapan pejabat didistribusikan ke lapas lainnya yang juga berada di Nusakambangan.

"Saudara-saudara yang baru saja dilantik adalah ujung tombak dalam organisasi, atas kepercayaan yang diberikan," ujar Tejo, Selasa (24/10/2023). 

Penugasan mereka sesuai Surat Keputusan Nomor W.13-05.KP.03.03 Tahun 2023 tentang Pemberhentian Dari Jabatan Administrasi dan Jabatan Fungsional serta Pengangkatan dan Pemindahan Dalam Jabatan Administrasi di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

2. Kakanwil minta 23 ASN buktikan dengan kinerja yang tinggi

23 ASN Dapat Tugas Khusus di 3 Lapas Baru Nusakambangan CilacapMenkumham Yassona Laoly menunjukan sarpras lapas maximum security di Pulau Nusakambangan Cilacap. (Dok Humas Kemenkumham Jateng)

Ia menjelaskan para ASN yang bekerja di tiga lapas yang baru diharapkan bisa bekerja dengan optimal. Sebagai pionir di UPT baru, mereka diminta untuk memberikan kerja nyata.

"Saudara harus buktikan dengan kerja dan karya nyata melalui kinerja yang tinggi, dapat memainkan peran sebagaimana yang dipercayakan kepada saudara dengan sebaik-baiknya," tegasnya. 

3. Juga harus sanggup jadi teladan

23 ASN Dapat Tugas Khusus di 3 Lapas Baru Nusakambangan Cilacap11 napi narkoba berjalan berbaris saat keluar dari kapal menuju Lapas Karanganyar Nusakambangan Cilacap. (Dok Humas Lapas Kedungpane Semarang)

Lebih lanjut, Tejo juga menekankan bila mereka harus sanggup menjaga integritas agar menjadi teladan bagi para pegawai lainnya di Nusakambangan. 

Selain itu, mereka harus memberi kontribusi yang nyata agar pelayanan dapat berjalan maksimal. 

"Karena saudara menjadi tauladan bagi jajaran di lingkup kerja saudara. Kontribusi Saudara sangat berarti demi terselenggaranya pemerintahan yang baik," tambahnya.

4. Kakanwil tegaskan butuh SDM yang cerdas, cekatan dan bermental baik

23 ASN Dapat Tugas Khusus di 3 Lapas Baru Nusakambangan CilacapAparat Brimob mengawal pengiriman 11 napi narkoba ke Lapas Karanganyar Nusakambangan Cilacap. (Dok Humas Lapas Kedungpane Semarang)

Ia juga berpendapat, organisasi membutuhkan kader-kader pemimpin yang profesional, loyal dan bertanggung jawab.

"Organisasi kita sangat membutuhkan sumber daya manusia yang cerdas, cekatan, tanggap, profesional, berkemampuan dan bermental baik serta bertanggung jawab. Dan saudara dianggap mampu untuk itu," paparnya. 

"Menghadapi berbagai persoalan yang ada dan yang akan kita hadapi, dapat dijadikan momentum untuk membakar semangat khususnya pejabat pemasyarakatan agar menjadi pejuang tangguh," sambungnya.

Bagi ASN di Nusakambangan, katanya mereka harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan. Supaya tercipta koneksi dan komunikasi yang aktif, baik dan nyaman sehingga komunikasi yang baik mutlak.

Baca Juga: 3 Lapas Bakal Beroperasi di Nusakambangan, Para Pegawai Dilarang Lakukan Tindakan Ini

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya