3,1 Juta Warga Jateng Bakal Dapat Set Top Box Gratis, Begini Kriterianya

Penerima set top box gratis akan diseleksi ketat

Semarang, IDN Times - Sebanyak 3,1 juta warga Jawa Tengah akan memperoleh bantuan set top box (STB) gratis dari Kominfo. Sebab, saat ini Dinas Sosial (Dinsos) Jawa Tengah mengaku telah mengajukan 3,1 juta warga yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos. 

1. Sebanyak 13 daerah di Jateng akan terima set top box gratis bulan Agustus

3,1 Juta Warga Jateng Bakal Dapat Set Top Box Gratis, Begini KriterianyaSeorang warga mencoba melakukan pemasangan Set Top Box (STB) saat uji coba survei kesiapan masyarakat beralih ke siaran TV Digital. (Dok. Kominfo)

Kepala Dinsos Jawa Tengah, Harso Susilo mengaku penetapan warga miskin yang masuk DTKS melalui kajian teknis antara Kemensos, Dirjen Dukcapil Kemendagri serta Kominfo. 

Ia juga telah menandatangani berkas serah terima untuk proses penyaluran set top box.

"Kemungkinan besar Jawa Tengah jadwalnya 25 Agustus. Itu untuk 13 daerah saja. Untuk wilayah lainnya akan beralih ke siaran televisi digital ikutnya jadwal tahap ketiga. Total DTKS yang kita ajukan ke Kemensos berjumlah 3.184.058 warga. Kalau disetujui oleh kementerian, maka warga sejumlah itulah yang berhak dapat set top box gratis," ujar Harso kepada IDN Times, Kamis (7/7/2022). 

Baca Juga: Gegara Iklan Agnes Monica, Pedagang Set Top Box di Semarang Laris Manis

2. Terdapat 43 kriteria penerima set top box gratis

3,1 Juta Warga Jateng Bakal Dapat Set Top Box Gratis, Begini KriterianyaEvercoss STB Box Pro. (tokopedia.com/dk-cell)

Ia menjelaskan penerima set top box gratis masih akan diseleksi ulang oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri untuk dilakukan validasi data di tiap kabupaten/kota.

Pihaknya telah mengantongi 43 kriteria warga miskin yang berhak memperoleh set top box gratis. 

"Kriteria penerima set top box gratis ada 43 parameter. Kita sudah menetapkan penerima bantuan set top box di antaranya punya tabung gas melon, di rumahnya ada motor, masuk dalam daftar warga kurang mampu, punya televisi analog. Yang jelas nantinya akan diseleksi sangat ketat lewat petugas kelurahan, kecamatan sampai tingkat desa," terangnya. 

3. Ada tiga tahapan penyaluran set top box gratis

3,1 Juta Warga Jateng Bakal Dapat Set Top Box Gratis, Begini KriterianyaPedagang melayani pembeli set top box (STB) TV Digital di pusat elektronik Blok AA Pasar Raya Padang, Sumatera Barat, Rabu (30/3/2022). ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Sedangkan, berdasarkan data secara nasional jumlah kuota penerima set top box gratis dari Kemenkominfo mencapai 6,73 juta jiwa. Namun, jadwal penyalurannya terbagi tiga tahap. 

Tahap pertama ada 166 kabupaten/kota yang menerima distribusi set top box gratis pada akhir April 2022 kemarin. Kemudian tahap kedua 110 kabupaten/kota menerima set top box gratis pada 25 Agustus dan tahap ketiga ada 65 kabupaten/kota yang menerima set top box gratis mulai November. 

4. Set top box yang sudah tersedia baru 4,1 juta unit

3,1 Juta Warga Jateng Bakal Dapat Set Top Box Gratis, Begini KriterianyaSeorang pedagang elektronik di Pasar Kokrosono Semarang kini menjual set top box untuk televisi digital. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Lebih lanjut, Harso menyampaikan untuk saat ini pihaknya masih menunggu pengiriman set top box gratis dari Kemensos. Jika nanti barangnya telah tiba di Jawa Tengah, peralatan set top box gratis akan disalurkan melalui masing-masing kantor pos kabupaten/kota. Pihak kantor pos juga akan menyurvei ulang kondisi ekonomi tiap kepala keluarga. 

"Barusan saya telepon Kepala Perwakilan Kantor Pos Jawa Tengah, beliaunya bilang barangnya juga nunggu dari pusat. Kalau dari rapat antara Kemensos dan Kominfo yang saya ikuti beberapa kali, barangnya yang tersedia baru 4,1 juta unit. Padahal kebutuhan secara nasional kan kuota penerimanya 6,73 juta jiwa. Tentunya ini masih banyak kekurangannya," akunya. 

5. Dinsos imbau warga manfaatkan set top box gratis sebaik-baiknya

3,1 Juta Warga Jateng Bakal Dapat Set Top Box Gratis, Begini KriterianyaSTB Akari ADS-2230. (tokopedia.com/verry-lie)

Ia pun mengimbau kepada warga yang menerima set top box gratis harus jujur menyampaikan latar belakang ekonominya saat didatangi oleh petugas kantor pos. Warga sebaiknya memanfaatkan bantuan set top box gratis dengan sebaiknya.

"Kalau memang warga sudah punya televisi digital dan gak butuh set top box, ya mending dikembalikan aja ke kantor pos. Karena alat set top box ini benar-benar krusial untuk mendukung program peralihan televisi digital," tutur Harso. 

Baca Juga: Penerima PKH di Lombok Akan Dapat STB untuk Nonton Siaran Digital

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya