Gegara Iklan Agnes Monica, Pedagang Set Top Box di Semarang Laris Manis

Pedagang set top box untung besar. Terima kasih Agnez Mo!

Semarang, IDN Times - Penjualan perangkat Set Top Box (STB) di Kota Semarang belakangan melonjak drastis seiring gencarnya iklan layanan masyarakat yang menyosialisasikan peralihan penggunaan televisi analog menuju televisi digital.  STB adalah alat untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV Analog biasa.

Dari pantauan IDN Times di sejumlah sentra penjualan barang elektronik Ibu Kota Jawa Tengah, para pedagang mengaku penjualan STB meroket hingga 50 persen sejak awal Januari 2022.

1. Pedagang set top box untung berlipat ganda

Gegara Iklan Agnes Monica, Pedagang Set Top Box di Semarang Laris ManisSeorang pria terlihat membeli set top box di toko Hanko Elektronik Jalan Mataram, Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Salah satunya dialami Wahyuni. Pedagang STB di Jalan Mataram Semarang itu mengaku, dalam sebulan dirinya bisa menjual 20 unit.

"Sekarang yang menyari set top box banyak banget. Sehari saja ada lima sampai enam STB yang laku terjual. Kalau dijumlah keseluruhan kurang lebih ada 20 unit set top box yang terjual saban bulan," kata Wahyuni kepada IDN Times di Toko Harko Elektronik Semarang, Rabu (18/5/2022). 

Baca Juga: Menkominfo: Siaran Televisi Analog Distop Paling Lambat November 2022

2. Pedagang set top box terbantu dengan iklan Agnes Monica

Gegara Iklan Agnes Monica, Pedagang Set Top Box di Semarang Laris ManisAgnes Monica (instagram.com/composure.mag)

Ia menuturkan ada beragam merek set top box yang dijual di tokonya. Mulai dari merek Evercoss, Matrik dan Piolline. Harga sebuah set top box dibanderol mulai harga Rp225 ribu sampai yang paling mahal seharga Rp275 ribu per unit. 

Menurutnya, penjualan set top box melonjak sejak tiga bulan terakhir lantaran terkena imbas dari iklan peralihan televisi analog ke televisi digital yang sering disiarkan di sejumlah stasiun televisi. 

"Kalau yang saya rasakan sekarang ini laris banget. Orang-orang pada mencari set top box karena banyak televisi yang menyiarkan iklan penggantian televisi analog ke televisi digital. Apalagi ada iklannya Agnes Monica, itu sangat memengaruhi penjualan set top box. Estimasi kenaikan penjualannya sampai 50 persen. Misal awal kita jual set top box cuma laku satu buah. Sekarang bisa jual dua kali lipatnya," akunya. 

3. Set top box merek Piolline diburu pembeli

Gegara Iklan Agnes Monica, Pedagang Set Top Box di Semarang Laris ManisPedagang melayani pembeli set top box (STB) TV Digital di pusat elektronik Blok AA Pasar Raya Padang, Sumatera Barat, Rabu (30/3/2022). ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Merek set top box yang kerap diburu para pembeli adalah Piolline. Set top box tersebut katanya kerap dipesan pelanggannya karena dianggap punya piranti yang lengkap.

"Para pelanggan nyarinya yang Piolline karena sudah dilengkapi antena WiFi dan ada kabelnya sekalian," terangnya. 

4. Pedagang set top box di Kokrosono ikut panen untung

Gegara Iklan Agnes Monica, Pedagang Set Top Box di Semarang Laris ManisSeorang pedagang elektronik di Pasar Kokrosono Semarang kini menjual set top box untuk televisi digital. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Terpisah, Nur Afifah, seorang pedagang set top box di Pasar Kokrosono Semarang Utara juga ketiban rezeki dari imbas iklan peralihan televisi digital. 

Nur berkata, penjualan set top box yang meningkat cukup membantu penghasilan tokonya.

"Toko saya kan sudah 20 tahun khusus jualan televisi tabung. Memang pas ada iklan peralihan televisi digital, omzet saya langsung drop. Tapi karena set top box yang saya jual laris diborong para pembeli, jadinya sedikit banyak membantu menambah penghasilan juga," bebernya saat ditemui IDN Times di lapak Blok 1 Pasar Kokrosono Semarang. 

5. Pedagang tagih janji pemerintah

Gegara Iklan Agnes Monica, Pedagang Set Top Box di Semarang Laris ManisAnalog Switch Off. (instagram.com/siarandigitalindonesia)

Saban hari, Nur mampu menjual lima set top box. Sama seperti Wahyuni, Nur juga memperkirakan omzetnya meningkat pesat sekitar sebulan terakhir. 

Meski begitu, ia berharap pemerintah pusat membuat aturan yang pasti terkait pemberian set top box gratis bagi warga kurang mampu.

"Kan katanya pemerintah mau ngasih set top box gratis kepada warga kurang mampu. Ya tolong direalisasikan biar bisa bantu warga yang kesulitan finansial," pungkasnya. 

Baca Juga: Transaksi Belanja di Tokopedia Naik 2 Kali Lipat, Ini 5 Produk Terlaris di Semarang

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya