38 Orang Lolos Seleksi Kopassus dan Kostrad

Mayjen Widi perintahkan tahap seleksi dilakukan obyektif

Semarang, IDN Times - Sebanyak 38 anak muda di Jawa Tengah dinyatakan lolos seleksi tes caba Kopassus dan Kostrad yang diadakan Kodam IV Diponegoro. 

1. Pangdam Diponegoro tegaskan pilih prajurit sesuai kualitas dan kompetensi

38 Orang Lolos Seleksi Kopassus dan KostradRatusan caba reguler dan calon bintara Kopassus serta Kostrad saat mengikuti tes akhir penerimaan yang diadakan di Kodam IV Diponegoro. (IDN Times/Dok Pendam IV Diponegoro Semarang)

Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono mengatakan puluhan anak muda yang lolos seleksi itu, rinciannya delapan orang lolos seleksi tes Kopassus dan 28 orang lolos tes Kostrad. 

Diluar itu masih ada sebanyak 84 orang dengan rincian 48 orang caba reguler pria. Para peserta yang lolos diwajibkan mengikuti tahap pembentukan di lembaga pendidikan yang dimulai 12 September. 

"Kami memilih calon prajurit berdasarkan kualitas dan kompetensi yang dimiliki. Kita harus menunjukkan bahwa TNI Angkatan Darat milik masyarakat, sehingga setiap calon, apapun latar belakang keluarganya, memiliki kesempatan yang sama untuk diterima menjadi prajurit," kata Widi dalam keterangan yang diterima IDN Times, Rabu (13/9/2023). 

Baca Juga: 122 Millennial Jateng Ikut Seleksi Kopassus dan Kostrad, Pangdam: Lebih Selektif

2. Pangdam beri warning bagi panitia seleksi caba

38 Orang Lolos Seleksi Kopassus dan KostradPangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono mengecek kekuatan fisik seorang calon bintara saat seleksi akhir penerimaan caba Kopassus dan Kostrad di markasnya. (IDN Times/Dok Pendam Diponegoro Semarang)

Ia juga menekankan kepada seluruh panitia agar memilih calon prajurit terbaik berdasarkan penilaian yang objektif.

Tak cuma itu saja, Widi berkata panitia seleksi semestinya lebih cermat dari segala aspek serta meninggalkan berbagai kepentingan pribadi. 

“Laksanakan sidang Pantukhir ini secara jujur dan benar untuk memilih calon yang berkualitas sesuai dengan kriteria yang diharapkan," terangnya. 

Widi pun ikut memantau jalannya seleksi caba Kopassus dan Kostrad di markasnya. Ia didampingi Wakil Ketua Subpanpus Brigjen TNI Sugeng Hartono, Danrindam Kolonel Inf Ahmad Hadi Al Jufri, Aspers Kasdam IV Diponegoro Kol Inf Suharma Zunam. 

3. Setiap calon prajurit diminta melalui semua tahapan seleksi

38 Orang Lolos Seleksi Kopassus dan KostradPangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono mengetuk palu sebagai penanda diselesaikannya proses penerimaan caba Kopassus dan Kostrad. (IDN Times/Dok Pendam IV Diponegoro Semarang)

Dalam proses rekrutmen caba Kopassus dan Kostrad maupun bintara lainnya, katanya setiap calon prajurit harus melalui beberapa tahapan seleksi. Mulai dari tingkat daerah sampai dengan tingkat pusat yang dilaksanakan secara objektif dan transparan sehingga nantinya sanggup ditugaskan di satuan elit TNI AD. 

“Berdasarkan data dari panitia, jumlah calon yang mengikuti seleksi ujian pada tingkat Subpanpus Kodam IV Diponegoro berjumlah 237 orang, terdiri dari 185 orang Caba Reguler pria, 46 orang Caba Kopassus dan Kostrad, serta eks Catar 6 orang," akunya. 

Baca Juga: Datang ke Kodam Diponegoro, Prabowo Janji Berikan Ribuan Motor buat Babinsa

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya