420 Dokter Anak Dikerahkan Lacak Gejala Hepatitis Akut di Jateng

Orangtua diimbau jangan terlalu panik

Semarang, IDN Times - Tak kurang 420 dokter spesialis anak seluruh Jawa Tengah dilibatkan untuk melacak gejala-gejala penularan hepatitis akut. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Jawa Tengah menyatakan perlu membutuhkan kewaspadaan yang tinggi lantaran penyakit yang menyerang organ hati ini diperkirakan bisa menular pada anak-anak. 

"Kita telah komunikasikan dengan semua dokter anak di kabupaten dan kota Jawa Tengah. Sekarang 420 dokter anak yang dilibatkan untuk deteksi dini. Tim IDAI Jateng sudah hubungi para dokter anak lewat email, media sosial dan lain sebagainya," kata Choirul Anam, Sekretaris IDAI Jateng kepada IDN Times Senin (9/5/2022). 

1. Dokter yang menemukan gejala klinik hepatitis akut diminta segera lapor

420 Dokter Anak Dikerahkan Lacak Gejala Hepatitis Akut di JatengIlustrasi Dokter Gigi di Tengah Pandemik COVID-19 (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Anam menjelaskan kini juga membentuk satgas pengawas gabungan bersama unsur rumah sakit rujukan dan Pemprov Jateng untuk meningkatkan upaya pencegahan terhadap penyakit hepatitis akut. Pimpinan Pusat IDAI pun menerbitkan surat edaran untuk petunjuk teknis terhadap penanganan gejala hepatitis akut. 

Menurut Anam, panduan gejala hepatitis akut sudah disebar ke semua klinik dokter anak agar dapat mempelajari kriteria penyakit yang mengarah pada hepatitis akut. 

"Jadi, bagi para dokter kalau di daerahnya menemukan gejala klinis yang mengarah ke hepatitis akut di rumah sakit maupun tempat praktik maka segera laporkan," tegasnya. 

Baca Juga: Cegah Hepatitis Akut, Dinkes Jateng Ungkap 7 Ciri-ciri yang Patut Diwaspadai

2. Hepatitis akut berpotensi menular pada anak usia di bawah 19 tahun

420 Dokter Anak Dikerahkan Lacak Gejala Hepatitis Akut di JatengAnak-anak Penyintas Bencana di Palu Diajak Belajar Keberagaman - ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Lebih lanjut, ia menuturkan para orangtua harus mewaspadai sebaran hepatitis akut karena efeknya bisa menimbulkan kematian pada anak-anak. Ia mencontohkan kasus kematian anak di Jakarta dan Tulungagung Jawa Timur juga disinyalir akibat tertular penyakit tersebut. 

Ia berkata penyakit hepatitis akut berisiko menular pada anak usia di bawah 19 tahun alias anak-anak setingkat SD sampai SMA. Untuk penyebabnya sampai saat ini masih misterius. 

"Untuk kasus yang sekarang ini menyasarnya terhadap anak usia di bawah 19 tahun. Tapi penyebabnya belum diketahui. Kita lagi tahap investigasi dan deteksi dini untuk meningkatkan kewaspadaan di setiap daerah," jelasnya. 

3. IDAI deteksi gejala muntah, mual dan nyeri perut

420 Dokter Anak Dikerahkan Lacak Gejala Hepatitis Akut di Jatengilustrasi mual, gejala overdosis etinil estradiol dan levonorgestrel (steadyhealth.com)

Deteksi dini akan dilakukan dengan menelusuri anak-anak yang mengalami nyeri perut yang disertai mual, muntah dan mengalami penyakit kuning. 

"Deteksi dini yang kami lakukan khususnya kalau ada yang punya gejala mual muntah mengalami peyakit kuning serta nyeri perut. Kita sudah ada panduan gejalanya. Kalau bicara soal perbedaan gejala dibanding hepatitis A dan hepatitis Bisa, ya belum diketahui sampai saat ini. Yang jelas ini tidak ada kaitannya dengan penyakit hepatitis pada umumnya. Oleh karena itulah, kita sedang tahap investigasi," terangnya. 

4. Anak-anak dilarang jajan sembarangan

420 Dokter Anak Dikerahkan Lacak Gejala Hepatitis Akut di JatengPexels.com/VisionPic .net

Bagi para orangtua, dirinya mengimbau supaya tidak perlu panik menghadapi hepatitis akut. Anam menyarankan supaya setiap orangtua mengimunisasi anaknya secara lengkap dan menjaga PHBS atau pola hidup bersih dan sehat.

"Jangan jajan dan makan sembarangan. Harus dikendalikan dulu. Karena pola penularannya kayak yang lain. Korovekal atau lewat makanan. Cuman sementara ini belum ada laporan kasusnya di Jateng," ujar Anam. 

5. Dinkes masih koordinasi dengan faskes

420 Dokter Anak Dikerahkan Lacak Gejala Hepatitis Akut di JatengIlustrasi rumah sakit. ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Sedangkan, Kepala Dinkes Jateng, Yunita Dyah Suminar saat dikontak IDN Times menjelaskan sampai hari ini belum ada fasilitas kesehatan di Jawa Tengah yang merawat atau menerima pasien dengan gejala hepatitis akut. 

Pihaknya masih sebatas koordinasi dengan Dinkes kabupaten dan kota serta masing-masing fasilitas kesehatan untuk melacak penularannya.

"Terkait hepatitis yang belum jelas penyebabnya ini di Jateng belum ada yang dirawat. Kami masih koordinasikan dengan dinas kesehatan kab/kota dan faskes," pungkasnya. 

Baca Juga: Menular Lewat Saluran Cerna-Pernapasan, Ini Cara Cegah Hepatitis Akut

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya