600 Personel PLN Bersiaga Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrem Akhir Tahun

PLN siaga penuh jelang musim hujan

Semarang, IDN Times - Sebanyak 600 petugas PLN mulai disiagakan untuk menanggulangi efek potensi cuaca ekstrem yang terjadi pada akhir tahun ini. Pihak PLN UP3 Semarang mewaspadai munculnya angin kencang yang menyebabkan pohon tumbang di dekat instalasi listrik. 

Baca Juga: Pimpin Transisi Energi, PLN Fokus Kembangkan Kampus Terpadu IT PLN

1. Ada potensi hujan disertai sambaran petir

600 Personel PLN Bersiaga Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrem Akhir TahunSuparje Wardiono, Manajer PLN UP3 Semarang menunjukkan aplikasi PLN mobile yang dipakai untuk memantau pergerakan tim URC saat cuaca ekstrem. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Manager PLN UP3 Semarang, Suparje Wardiyono mengatakan personelnya saat ini rutin memantau perkembangan cuaca yang disebarluaskan BMKG di whatsapp grup (WAG). 

Sebab, cuaca ekstrem di akhir tahun bisa menimbulkan hujan yang disertai angin dan sambaran petir. 

"Biasanya potensinya ada hujan, angin dan petir. Maka sesuai informasi BMKG, kami juga siapkan peralatan dan personel. Kalau kondisinya memang ekstrem ya perlu diperkuat personelnya. Untuk material kita juga siapkan supaya tersedia ketika dibutuhkan," kata Suparje, Senin (13/11/2023). 

2. Libatkan Disperkim untuk rapikan dahan pohon

600 Personel PLN Bersiaga Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrem Akhir TahunSatgas Bina Marga DKI Jakarta menertibkan kabel semrawut di Jalan Pecenongan, Jakarta, Rabu (29/6/2022). (ANTARA FOTO/Subur Atmamihardja/wsj).

Ia menjelaskan koordinasi penanganan cuaca ekstrem dilakukan antar petugas UP3. PLN Semarang selama ini bergerak membantu kejadian listrik padam dan pohon tumbang di Kabupaten Kendal. 

Sementara untuk tindakan preventifnya, menurut Suparje, personelnya dibantu kesiapsiagaan tim Disperkim Kota Semarang untuk merapikan dahan pohon yang menjuntai di instalasi kabel pinggir jalan. 

"Dari tindakan preventifnya dengan memotong dahan pohon, koordinasinya dengan Disperkim. Tapi pemotongannya pas cuaca kering. Nah, bagi masyarakat kalau ingin potong pohon mohon diinformasikan ke kami. Caranya, ranting pohon yang mendekati tiang listrik difoto dan dikirim lewat aplikasi PLN mobile," terangnya.

3. Ratusan personel siaga di sejumlah titik

600 Personel PLN Bersiaga Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrem Akhir Tahunilustrasi melukai pohon(pixabay.com/621hjmit)

Lebih lanjut, ia mengaku penebangan dahan pohon kini mulai digencarkan di lokasi yang rawan pohon tumbang. Salah satunya dikerjakan di Perumahan Bukitsari Gombel, Kecamatan Semarang Timur, Kecamatan Semarang Barat, Kaligarang arah Kecamatan Gunungpati dan sekitar Java Mal. 

"Personel kita siagakan di Semarang bagian timur, barat, tengah dan selatan. Yang siaga jumlahnya 600 personel. Itu untuk back-up area Semarang dan Kendal," paparnya. 

Baca Juga: Polda Jateng Tanam Ribuan Trembesi dan Pohon Buah di Bumi Kemah Gunungpati

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya