Andika Perkasa Kerahkan 11.800 Prajurit TNI untuk Amankan Tamu VVIP Mangkunegaran

Pengamanan ketat dilakukan aparat gabungan TNI Polri

Surakarta, IDN Times - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyatakan selama prosesi resepsi pernikahan Kaesang-Erina, terdapat 11.800 personel TNI yang diterjunkan untuk mengamankan lokasi acara. 

Keberadaan para personel sebanyak itu khusus untuk mengamankan kehadiran para tamu VVIP di Pura Mangkunegaran Solo. 

"Itu akan segera kita penuhi nanti malam paling lambat besok pagi, itu tujuan saya ke sini," ungkapnya dalam keterangan yang didapat IDN Times, Sabtu (10/12/2022). 

1. Andika benahi kekurangan para personelnya

Andika Perkasa Kerahkan 11.800 Prajurit TNI untuk Amankan Tamu VVIP MangkunegaranPanglima TNI Jenderal Andika Perkasa cek sarana dan kesiapsiagaan personelnya yang turut mengamankan tamu VVIP di Pura Mangkunegaran Solo. (IDN Times/Dok Pendam Diponegoro)

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan rombongannya telah mengecek langsung Command Center Pengamanan VVIP Presiden RI Jawa Tengah dan DI Yogyakarta (DIY) yang berada di Korem 074/Warastratama pada Kamis kemarin (8/12/202). 

Andika juga sidak langsung ke posisi-posisi gelar satuan prajurit TNI maupun Polri yang ada di bawah Komando Gabungan Terpadu Pengamanan VVIP. 

Command Center Pengamanan VVIP Presiden RI sudah dibentuk mulai dari perencanaan hingga gelar sejak tiga pekan lalu namun demikian masih ada beberapa kekurangan yang perlu untuk disempurnakan.

Sehingga, kedatangan Andika di Solo dimanfaatkan untuk upaya mengevaluasi lebih detail kekurangan mulai dari personel maupun materiil. 

Baca Juga: Bocoran Menu dan Dekorasi Pernikahan Kaesang-Erina di Mangkunegaran

2. Prajurit TNI bersiaga penuh mulai ring 1 sampai ring 4

Andika Perkasa Kerahkan 11.800 Prajurit TNI untuk Amankan Tamu VVIP Mangkunegaran

Para personel yang dilibatkan, katanya yaitu sebanyak 9.600 personel dan secara keseluruhan gabungan dengan Polri di bawah Komando Gabungan Terpadu Pengamanan VVIP total ada 11.800 personel.

Ia menambahkan masing-masing pasukan cadangan setiap kota sudah bersiaga di posisi masing-masing mulai Sleman, Klaten, Boyolali hingga Surakarta dari ring 1 hingga ring 4. 

3. Kodam Diponegoro kolaborasi dengan polisi untuk cegah gangguan keamanan

Andika Perkasa Kerahkan 11.800 Prajurit TNI untuk Amankan Tamu VVIP Mangkunegaranpesona.travel

Sementara itu, Kapendam IV Diponegoro Kolonel Inf Bambang Hermanto, menekankan dalam pernikahan Kaesang-Erina juta mengundang sejumlah pejabat negara dan tokoh. 

Oleh karena itu sesuai Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004, TNI berkewajiban untuk melakukan Pengamanan kepada tamu VVIP dan VIP. 

"Kodam Diponegoro dengan pelibatan pasukan Polri akan berupaya maksimal dalam pengamanan kegiatan ini sehingga apapun ancaman serta gangguan yang datang dapat merugikan atau membahayakan objek yang dikawal dapat dicegah dan diatasi," ujar Bambang. 

Baca Juga: Kaesang Ikut Wilujengan Doa Selamat di Pura Mangkunegaran Jelang Nikah

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya