Bikin 251 Posko Mudik di Jateng, Polisi Janji Gak Cegat Pemudik

Rest area tipe A jadi lokasi vaksinasi COVID-19 booster

Semarang, IDN Times - Tak kurang 251 posko pengamanan dibangun polisi di Jawa Tengah guna memperlancar arus mudik Lebaran 2022. Dirlantas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Agus Suryo Nugroho memastikan akan membuat fasilitas vaksinasi COVID-19 di sejumlah rest area tipe A. 

"Di rest area tipe A nanti kita akan siapkan layanan vaksinasi COVID-19. Selain itu juga ada 251 posko keamanan yang tersebar di ruas tol maupun jalan non tol," kata Agus, Rabu (20/4/2022).

1. Dirlantas Polda Jateng janji tidak menyetop kendaraan pemudik

Bikin 251 Posko Mudik di Jateng, Polisi Janji Gak Cegat PemudikIlustrasi petugas polisi menghalau pemudik. (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Ia mengklaim, selama arus mudik tak akan menyetop kendaraan para pemudik yang melintas di Jawa Tengah. Tapi sebagai gantinya, personelnya sudah ditugaskan untuk mengedukasi para pemudik supaya mengikuti vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster

Proses edukasi yang dilakukan personelnya nanti lebih cenderung memberi informasi dan arahan kepada pemudik agar melengkapi syarat untuk mengikuti vaksinasi booster

Baca Juga: Teken MoU, USM Akan Tingkatkan Kompetensi Personel Polda Jateng

2. Pemudik diminta ikut vaksinasi booster

Bikin 251 Posko Mudik di Jateng, Polisi Janji Gak Cegat PemudikDetail botol berisi vaksin COVID-19 Moderna. (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

Menurut Agus, vaksinasi booster memang sudah menjadi syarat bagi pemudik yang akan pulang kampung ke Jawa Tengah. 

"Memang dengan syarat vaksin booster diharapkan masyarakat menyadari sebagai objek pengguna jalan. Jadi nanti anggota kami tidak akan menyetop tapi di rest area atau di pos tertentu justru akan siapkan fasilitas vaksin booster. Adanya fasilitas vaksinasi bisa mempermudah masyarakat mudik dengan aman dan nyaman," cetusnya. 

3. Pemudik wajib cek kendaraan dan standar kesehatan

Bikin 251 Posko Mudik di Jateng, Polisi Janji Gak Cegat PemudikIlustrasi arus mudik di jalan tol. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Ia pun telah mempersilakan kepada pengguna jalan untuk memanfaatkan fasilitas vaksinasi COVID-19 di rest area tipe A selama arus mudik. 

Tak cuma itu saja, Agus menyarankan bagi para pemudik sebaiknya menyiapkan segala perlengkapan berkendara sesuai standar terutama alat-alat kesehatan. Para pemudik juga harus tetap taat protokol kesehatan saat perjalanan pulang kampung. 

"Kita imbau agar betul-betul menyiapkan kondisi kesehatan agar mudiknya dan kendaraan yang mesti sesuai standar keselamatan. Cek yang teliti, juga jam istirahat harus minimal tiga jam," ungkapnya. 

Baca Juga: Polisi Tembak Polisi di Makamhaji Sukoharjo, Propam Jateng Turun 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya