Bikin Heboh! Ada Sabu 4,3 Gram Dibungkus Masker di Lapas Kedungpane

Ada oknum yang lemparkan sabu dari tembok lapas

Semarang, IDN Times - Aksi penyelundupan narkoba seakan tak pernah berhenti di Lapas Kelas IA Kedungpane, Semarang. Untuk kesekian kalinya, para petugas lapas menemukan narkoba jenis sabu yang nyaris diselundupkan melalui tembok lapas.

1. Sipir Lapas Kedungpane temukan sabu seberat 4,3 gram yang dibungkus masker

Bikin Heboh! Ada Sabu 4,3 Gram Dibungkus Masker di Lapas KedungpaneSabu yang dibungkus masker ini ditemukan di Lapas Kedungpane Semarang. (Dok Humas Lapas Kedungpane)

Seorang sipir Lapas Kedungpane, Djoko Umbaryanto yang sedang berpatroli memergoki adanya sabu seberat 4,3 gram yang ditemukan di sekat pembatas tembok terluar lapas pada Sabtu (2/10/2021). Ia yang sedang keliling mengecek kondisi pengamanan lapas, mendapati sebuah bungkusan mencurigakan yang dibalut masker berwarna putih. 

Berdasarkan penuturan Kepala Lapas Kedungpane, Supriyanto, Djoko mengaku curiga dengan bungkusan masker tersebut karena kemungkinan berisi narkoba. 

"Ada upaya menyelundupkan narkoba dengan melemparkan dari luar tembok lapas. Tapi gagal karena tidak sampai ke dalam blok hunian. Setelah kita cek, ternyata isinya sabu seberat 4,3 gram. Bentuknya sudah diwadahi lima paket klip kecil," kata Supriyanto, Minggu (3/10/2021).

Baca Juga: Lapas Kedungpane Overload 300 Persen, Napi Jambret Bebas Lebih Awal

2. Barang bukti sabu sudah diserahkan ke Polrestabes Semarang

Bikin Heboh! Ada Sabu 4,3 Gram Dibungkus Masker di Lapas KedungpaneIlustrasi barang bukti sabu - sabu (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Ia menyebutkan Djoko kemudian bergegas melapor kepada Kepala KPLP dan Kepala Bidang Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) guna ditindaklanjuti lebih jauh.

"Barang buktinya sudah kita serahkan ke Polrestabes Semarang dan Polsek Ngaliyan," tegasnya.

3. Kalapas Kedungpane akan tambah lagi tembok pembatas dekat rumah warga

Bikin Heboh! Ada Sabu 4,3 Gram Dibungkus Masker di Lapas KedungpaneJajaran petugas Lapas Kedungpane menunjukan sabu yang nyaris diselundupkan. (Dok Humas Lapas Kedungpane Semarang)

Menurutnya aksi penyelundupan yang semakin marak di lapasnya lantaran ada oknum-oknum yang berusaha memasukan narkoba dengan berbagai cara. Pihaknya mengklaim sudah memperketat pengawasan pada pengiriman barang dan makanan dari depan pintu lapas. Bahkan, juga sudah memasang tembok pagar tambahan di sisi samping utara lapas yang dekat dengan jalan raya. 

Dengan temuan sabu tersebut, Lapas Kedungpane akan dibangun tembok penyekat lagi di belakang lapas yang bersinggungan langsung dengan rumah-rumah warga.

"Sehingga jika terjadi kejadian serupa, barang tersebut tidak akan sampai karena jarak yang terlalu jauh menunju blok hunian," terangnya.

Disamping itu, pihaknya bakal memperketat pengamanan dengan menambah CCTV dan menambah personel untuk melakukan kontrol keliling.

4. Polisi janji bantu Lapas Kedungpane awasi peredaran narkoba

Bikin Heboh! Ada Sabu 4,3 Gram Dibungkus Masker di Lapas Kedungpane13 napi Lapas Kedungpane dibebaskan lebih awal. (Dok Humas Lapas Kedungpane)

Sedangkan, Kasubdit 2 Unit 3 Satnatkoba, Polrestabes Semarang, Kompol Edi Pratomo menyebutkan pihaknya akan membantu Lapas Kedungpane dengan menerjunkan sejumlah personel untuk meningkatkan pengawasan.

"Nantinya akan kami kerahkan personel agar membantu petugas lapas yang rutin patroli di lingkungan lapas," pungkasnya.

Baca Juga: Lapas Kedungpane Masih Overload 200 Persen Meski Sudah Asimilasi Napi

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya