Bupatinya Ditangkap KPK, Pemkab Kudus Kocok Ulang Jabatan Kadinas

Untuk hindari jual beli jabatan

Kudus, IDN Times-Setelah operasi tangkap tangan (OTT), Pemerintah Kabupaten Kudus bersiap melakukan pemilihan ulang terhadap nama-nama pejabat yang akan menduduki empat posisi kepala dinas. Kebijakan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi praktek jual beli jabatan pasca kasus OTT yang menjerat nama Bupati HM Tamzil.

1. Tiga pejabat ikut kocok ulang untuk penempatan posisi kepala dinas

Bupatinya Ditangkap KPK, Pemkab Kudus Kocok Ulang Jabatan KadinasPanselnas.id

Saat ini sudah ada tiga nama yang lolos seleksi pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama di Kudus.

"Untuk transparansi, tiga nama yang dinyatakan lolos seleksi untuk menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama akan dikocok ulang," ungkap Wakil Bupati Kudus, Muhammad Hartopo, saat memberikan keterangan di kantor dinasnya, seperti dikutip dari Antara, Selasa (30/7).

Pria yang kini jadi pelaksana tugas sementara Bupati Kudus tersebut menyatakan kocok ulang jabatan harus dilakukan agar posisi kepala dinas dapat segera terisi.

Baca Juga: Pasca-OTT, Sejumlah Kepala Dinas dan Sekda Kudus Turut Diperiksa KPK

2. Wabup akan cek ulang nama yang sudah lolos penilaian pada tahap seleksi

Bupatinya Ditangkap KPK, Pemkab Kudus Kocok Ulang Jabatan KadinasIDN Times/Fariz Fardianto

Tiga nama yang sebelumnya sudah melalui proses assessment (penilaian), akan dilakukan pengecekan kembali untuk menduduki jabatan di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD).

Hartopo mengungkapkan, ada empat organisasi perangkat daerah (OPD) yang jabatan kepala dinasnya masih kosong.

Masing-masing Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPP), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU TARU), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), dan Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kudus (Disdukcapil).

Ia mengakui sebelumnya ikut melakukan wawancara saat menyeleksi nama-nama yang dinyatakan lolos penilaian. "Untuk objektivitas, mereka perlu dilakukan wawancara kembali," paparnya.

3. Pengisian jabatan empat OPD ditarget kelar dalam waktu dekat

Bupatinya Ditangkap KPK, Pemkab Kudus Kocok Ulang Jabatan Kadinastwitter.com/bkngoid

Ia menargetkan dalam waktu dekat pengisian jabatan tinggi pratama di empat OPD bisa diselesaikan. Terkait masih adanya peserta seleksi yang diperiksa KPK, dimungkinkan akan menjadi pertimbangan sambil menunggu situasinya tenang kembali.

Baca Juga: Terbukti Korupsi, Mengapa Tamzil Terpilih Kembali Jadi Bupati Kudus? 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya