COVID-19 Bisa Membawa Hikmah, Prof Muladi: Menguji Kesetiaan kepada Bangsa

Para dosen USM gelar halalbihalal online

Semarang, IDN Times - Untuk menyikapi tren penularan virus Corona (COVID-19) yang semakin tinggi, sejumlah dosen di Universitas Semarang (USM) memilih menggelar kegiatan halalbihalal secara virtual. 

Para dosen pun bertatap muka melalui aplikasi Zoom bersama para pengurus Yayasan Alumni Undip yang selama ini menaungi kampus mereka.

1. Hikmah pandemik COVID-19 bisa ciptakan ukhuwah insaniyah dan nasabiyah

COVID-19 Bisa Membawa Hikmah, Prof Muladi: Menguji Kesetiaan kepada BangsaIDN Times/Fariz Fardianto

Ketua Yayasan Alumni Undip Prof Abdullah Kelib mengatakan dengan kegiatan perkuliahan dilakukan di dalam rumah, paling tidak bisa meningkatkan ibadah bersama keluarga selama pandemik.

"Hikmah dari adanya pandemi ini menciptakan ukhuwah insaniyah dan  ukhuwah nasabiyah yaitu persatuan kemanusiaan dan persatuaan kekeluargaan karena keluarga bisa berkumpul mulai dari suami, istri, anak, kakek, cucu dan lain-lain," katanya dalam keterangan yang didapat IDN Times, Sabtu (6/6).

Tak kurang puluhan dosen turut serta dalam acaranya termasuk para ketua Yayasan Alumni Undip. Mulai para wakil rektor, dekan serta guru besar. Selain itu ada Ketua sekaligus pendiri USM, Prof Muladi.

Baca Juga: Merdeka Belajar, Mahasiswa USM Ciptakan Aplikasi Jimat Ngaliyan

2. Rektor USM Pilih batasi kegiatan pertemuan dalam jumlah banyak

COVID-19 Bisa Membawa Hikmah, Prof Muladi: Menguji Kesetiaan kepada BangsaKegiatan mahasiswa USM untuk tunjukan Merdeka Belajar. IDN Times/Fariz Fardianto

Sedangkan, Rektor USM Andy Kridasusila menyebut bahwa halalbihalal via online kali ini memang dipilih lantaran kegiatan pertemuan dalam jumlah banyak sedang dibatasi.

"Saat ini, semua kegiatan belajar mengajar harus dilakukan dengan daring, aktifitas dibatasi dan banyak dilakukan online dengan menjalankan protokol kesehatan sesuai kebijakan pemerintah seperti halal bihalal kali ini juga dilakaukan secara daring," ujar Andy. 

3. Prof Muladi: Wabah virus Corona menguji kesetiaan kepada bangsa

COVID-19 Bisa Membawa Hikmah, Prof Muladi: Menguji Kesetiaan kepada BangsaIDN Times/Fariz Fardianto

Sementara itu, Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip Prof Muladi mengatakan, dengan keprihatinan akibat merebaknya pandemik COVID-19 yang telah menguji kekuatan imam umat Islam kepada Allah dan kesetiaan kepada bangsa dan Pancasila.

Prof Muladi juga berpesan agar civitas akademika USM harus terus move on, tetap maju, jangan mundur, dan harus yakin Allah tidak akan memberikan suatu cobaan diluar batas kemampuan manusia.

"Pandemik COVID-19 merupakan cobaan dari Allah SWT untuk manusia yang bersifat sementara. Dengan suasana yang fitri ini kita selalu berdoa dan mohon ampun kepada Allah SWT agar bencana ini segera berkahir dan kita bisa hidup dalam kondisi normal," imbuhnya.

Baca Juga: Puluhan Dosen USM Dilatih Penguatan HKI. Ternyata Ini Manfaatnya

Topik:

  • Bandot Arywono
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya