Curah Hujan di Jateng Meningkat hingga Desember, Waspada Banjir dan Longsor

Banjir bandang berpotensi melanda dataran rendah

Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang memperkirakan hujan intensitas ringan hingga sedang akan melanda wilayah Jawa Tengah selama tiga hari ke depan. Namun, sejumlah daerah seperti di Pantura Timur dan Solo Raya akan dilanda hujan intensitas sedang hingga lebat bahkan juga disertai angin kencang.


"Secara keseluruhan wilayah Jawa Tengah dilanda hujan ringan dan sedang. Dengan kecepatan angin berkisar 25 kilometer yang berhembus dari utara menuju berbagai arah. Kemudian kelembapan udaranya kisaran antara 70-90 derajat," kata Giyarto, Koordinator Prakirawan dan Data Informasi, Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang kepada IDN Times via telepon, Selasa (16/11/2021).

 

1. Blora, Kudus, Pati dan Solo Raya dilanda hujan dan angin kencang

Curah Hujan di Jateng Meningkat hingga Desember, Waspada Banjir dan LongsorIDN Times/Sukma Sakti

Ia mengatakan potensi hujan lebat dan angin kencang akan melanda sampai tiga hari di Kabupaten Blora, Kudus, Pati dan wilayah Solo Raya yang mencakup Kota Solo, Sragen, Boyolali, Karanganyar, Wonogiri, Sukoharjo dan Klaten.


Lebih lanjut, menurutnya bencana banjir bandang saat ini berpeluang besar terjadi di wilayah dataran rendah. Dengan kondisi cuaca ekstrem pada bulan November, sejumlah wilayah dataran tinggi di kawasan pegunungan tengah juga rawan dilanda tanah longsor.


"Saya melihat sendiri sudah ada longsor kecil-kecil di Wonosobo. Di pereng-pereng perbukitannya sudah muncul longsoran tanah. Kita juga memprediksi kerawanan longsor bisa mengarah ke Temanggung, Banjarnegara dan Purbalingga. Bagi warga setempat diminta meningkatkan kewaspadaan agar bisa terhindar dari kejadian yang lebih buruk," ungkapnya.

Baca Juga: 20 Wilayah Jateng Dilanda Cuaca Ekstrem, Jauhi Bantaran Sungai dan Lereng!

2. Curah hujan meningkat di bulan ini

Curah Hujan di Jateng Meningkat hingga Desember, Waspada Banjir dan LongsorIlustrasi hujan (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Sedangkan, Sukasno, Kepala Stasiun Klimatologi Kelas I Semarang mengatakan, di bulan ini sejumlah daerah di pantai selatan Jawa Tengah diprediksi dilanda peningkatan curah hujan lebih dari 40 persen. "Peningkatan curah hujan terutama terjadi di Cilacap, Purworejo dan Banyumas," ujar Sukasno.

3. Curah hujan meningkat lebih 40 persen di kawasan Pantura

Curah Hujan di Jateng Meningkat hingga Desember, Waspada Banjir dan LongsorIlustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Sementara untuk area pantai utara, katanya sebagian besar berpotensi mengalami peningkatan curah hujan diatas 40 persen khususnya Kota Semarang, Kendal, Demak dan sekitarnya pada Desember nanti.


Pihaknya menambahkan hujan lebat dengan kategori ekstrem akan terjadi sampai Januari hingga Februari. "Dari peta potensi hujan, ditandai dengan warna abu-abu yang berarti hujan sangat lebat. Ini peluangnya terjadi di pantai selatan dan pantai utara," tandasnya.

Baca Juga: Ada Fenomena MJO, Seluruh Wilayah RI Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya