Daftar Alat yang Dipakai SAR Jateng untuk Evakuasi Korban saat Libur Akhir Tahun

SAR Semarang dan Cilacap pantau obyek wisata

Semarang, IDN Times - Para personel Basarnas Jawa Tengah mulai menggelar apel kesiapsiagaan untuk menunjang kelancaran selama libur panjang Natal dan tahun baru 2022. Di Kabupaten Cilacap, terdapat 64 personel yang bersiaga untuk membantu penanganan para korban yang kecelakaan. 

“Untuk memberikan rasa aman selama mudik Natal, SAR melaksanakan prinsip-prinsip Quick Response of SAR dalam merespon kedaruratan secara profesional, sinergi dan millitan. Pelihara dan tingkatkan kesiapan personel, alut dan peralatan agar kecepatan waktu tanggap dapat tercapai dengan maksimal," kata Kepala Basarnas Cilacap, Adah Sudarsa dalam keterangan yang diterima IDN Times, Senin (19/12/2022). 

1. SAR Cilacap siagakan alat selam dan alat ekstrikasi

Daftar Alat yang Dipakai SAR Jateng untuk Evakuasi Korban saat Libur Akhir TahunTim SAR Cilacap memakai perlengkapan oksigen untuk menyelam di perairan Dermaga Jojok Kutawaru Cilacap Tengah. (IDN Times/Humas Basarnas Cilacap)

Untuk memperlancar penanganan para korban yang kecelakaan di laut maupun daratan, imbuhnya, personelnya menyiagakan beberapa alat utama.

Antara lain ada seperti Rescue Carrier, Rescue Car, Rescue Truck, Truck Personil, Motor Trail, Beach Patrol, Rigid Inflatable Boat (RIB), Peralatan Medis, Peralatan Selam, Peralatan Ekstrikasi, dan Peralatan Urban SAR. 

Baca Juga: Ditelan Ombak, Nelayan Pantai Kemiren Cilacap Ditemukan Sejauh 980 Meter

2. Personel SAR Cilacap diminta siaga di tempat wisata dan pelabuhan

Daftar Alat yang Dipakai SAR Jateng untuk Evakuasi Korban saat Libur Akhir TahunPenampakan apel personel Basarnas Cilacap yang dipotret menggunakan drone. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Cilacap)

Ia menekankan bahwa Siaga SAR Khusus Natal 2022 dan tahun baru selama 16 hari. Atau terhitung mulai 19 Desember 2022 sampai 3 Januari 2023. 

Para personelnya juga bersiaga secara mobile di berbagai tempat wisata, stasiun, terminal, bandara, dan pelabuhan yang letaknya di jalur pesisir selatan. 

"Kepada petugas siaga agar tetap semangat, jaga kesehatan, utamakan keselamatan, dan laksanakan tugas dengan gembira dan penuh kebanggaan karena tugas kita penuh nilai-nilai kemanusiaan," terangnya. 

3. SAR Semarang siagakan 143 personel selama libur Natal dan tahun baru

Daftar Alat yang Dipakai SAR Jateng untuk Evakuasi Korban saat Libur Akhir TahunTim SAR Semarang menyiagakan berbagai kendaraan berat untuk membantu pengamanan libur Natal dan tahun baru. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Semarang)

Sementara itu, Kepala Basarnas Semarang, Heru Suhartanto, menyampaikan jika mengacu survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada libur Natal dan tahun baru kali ini diperkirakan akan ada pergerakan mobilitas masyarakat sebesar 16,35 persen dari jumlah penduduk Indonesia atau sebanyak 44 juta orang.

Ia mengaku saat apel siaga di kantor SAR Semarang, terdapat alat utama yang digunakan saat libur akhir tahun. Masing-masing ada rescue car, rescue truk, motor trail, rescue excavator dan KN SAR Sadewa 231 untuk menghadapi bencana hidrometeorologi. 

"Selain itu juga menyiagakan 143 personel yang terbagi di Pos SAR Surakarta, Jepara, Wonosobo serta Unit Siaga SAR Borobudur, Rembang dan Pemalang," kata Heru. 

4. Personel SAR Semarang juga pantau arus jalan tol

Daftar Alat yang Dipakai SAR Jateng untuk Evakuasi Korban saat Libur Akhir TahunDua personel SAR Semarang memperagakan penyelamatan korban menggunakan motor trail. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Semarang)

Adapun dalam siaga Nataru ini, seluruh personel diperintahkan memantau arus lalu lintas jalan tol, pelabuhan, bandara, terminal serta tempat-tempat wisata. Hal tersebut demi mengantisipasi hal-hal yang mungkin saja terjadi yang dapat mengancam jiwa masyarakat, terutama di kebencanaan maupun kecelakaan yang membutuhkan penanganan khusus SAR.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya