Dapat Gelar Bapak Truk Nusantara Ratusan Sopir Beri Dukungan ke Ganjar

Dianggap mampu berantas pungli

Semarang, IDN Times - Ratusan sopir truk yang tergabung dalam Kopdar Truk Nusantara memberikan dukungannya bagi Ganjar Pranowo yang diusung PDIP menjadi bakal calon presiden (bacapres) untuk Pilpres 2024. 

Para sopir truk menganggap Ganjar telah membuat gebrakan dengan memberantas pungli di jembatan timbang. 

"Dari awal kepemimpinan Bapak Ganjar itu sudah langsung membuat gebrakan. Tindakannya nyata, membasmi pungli di Jembatan Timbang Subah Batang dan itu luar biasa," kata Kordinator Aksi Kopdar Truk Nusantara, Om Irul Explor, Senin (4/9/2023). 

Baca Juga: Terpilih Gantikan Ganjar, Nana Sudjana Diminta Amankan Pemilu 2024

1. Ganjar dijadikan bapak truk Nusantara

Dapat Gelar Bapak Truk Nusantara Ratusan Sopir Beri Dukungan ke GanjarSeorang sopir truk berbincang dengan Ganjar saat menggalang dukungan bersama rekan-rekannya yang berasal dari berbagai daerah. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Lebih jauh, Idul berkata para sopir truk sengaja datang ke kantor Gubernur Jawa Tengah untuk menyampaikan terima kasih kepada Ganjar, sekaligus menobatkannya sebagai Bapak Truk Nusantara. 

Menurutnya, penobatan itu bukan tanpa alasan. Berkat keberaniaan Ganjar, para sopir truk kini bisa lebih nyaman dalam bekerja. 

"Dampaknya, pungli semakin minim. Dan Pak Ganjar juga membuka layanan aduan yang apabila ada pungli bisa lapor dan ditindak," paparnya. 

2. Sebanyak 125 truk sambangi kantor Ganjar

Dapat Gelar Bapak Truk Nusantara Ratusan Sopir Beri Dukungan ke GanjarKomunitas sopir truk memberi hadiah kepada Ganjar berupa miniatur truk engkel saat aksi menggalang dukungan untuk pemenangan Pilpres 2024 di kantor Gubernur Jateng. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Sikap tegas dari Ganjar tak cuma berdampak di Jawa Tengah, melainkan juga sampai daerah lain.

"Maka, ada sekitar 125 sampai 130 truk datang ke sini dan tiap truk rata-rata tiga orang. Ada dari Madura, Pacitan, Malang, Kuningan dan berbagai daerah di Jateng," ungkapnya. 

3. Berharap Ganjar jadi presiden

Dapat Gelar Bapak Truk Nusantara Ratusan Sopir Beri Dukungan ke GanjarGubernur Jateng Ganjar Pranowo melihat gambar yang terpampang di badan truk yang parkir di kantornya. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Irul berharap, ketegasan yang dilakukan Ganjar bisa dilanjutkan oleh pemimpin Jawa Tengah berikutnya. Atau bisa dibawa ke tingkal nasional jika Ganjar menjadi Presiden di 2024.

"Kami berharap Pak Ganjar bisa menang jadi Presiden karena para sopir bisa nyaman dan ketegasannya bisa dibawa ke nasional," kata Irul. 

4. Ganjar minta pemerintah bersikap lebih baik pada sopir truk

Dapat Gelar Bapak Truk Nusantara Ratusan Sopir Beri Dukungan ke GanjarGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat bersalaman dengan salah satu kiai di wilayah Banyumas Raya. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Sementara itu, Ganjar Pranowo berharap, dari peristiwa jembatan timbang dan beberapa keluhan dari sopir truk dapat membuat pemerintah bersikap lebih baik. 

"Agar para sopir truk itu nyaman (di jalan)," terangnya. 

Ia mengaku ada sopir truk di Jawa Timur yang pernah viral di media sosial setelah membagikan kisah tindakan tegas Ganjar saat memberantas praktik pungli di Jawa Tengah. 

"Dia menggambar wajah saya di bak truknya. Akhirnya saya ketemu dengan dia. Saya juga terinspirasi, kemudian membuat lomba lukis truk. Jadi sejak saat itu saya sering komunikasi dengan supir truk ini. Beberapa kali mereka masih menyampaikan laporan 'Pak di jembatan timbang ini masih ada pungli'," tutur Ganjar. 

Baca Juga: Jelang Pelantikan Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana Sibuk Rapat Sama DPR

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya