Terpilih Gantikan Ganjar, Nana Sudjana Diminta Amankan Pemilu 2024

Nana Sudjana adalah Mantan Dirintelkam Polda Jateng

Semarang, IDN Times - Munculnya nama Nana Sudjana yang menjadi Pj Gubernur Jateng menggantikan Ganjar Pranowo diapresiasi rekan-rekan seprofesinya.

Nana Sudjana yang kini menjadi Inspektur Utama Sekretariat DPR RI pernah menjadi Kapolda Metro Jaya, Kapolres Solo bahkan juga sempat menjabat sebagai Dirintelkam Polda Jateng. 

Baca Juga: Begini Pesan Khusus Ganjar kepada Nana Sudjana yang Jadi Pj Gubernur Jateng

1. Polda Jateng senang Nana Sudjana gantikan Ganjar

Terpilih Gantikan Ganjar, Nana Sudjana Diminta Amankan Pemilu 2024Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Satake Bayu tersenyum lebar usai ikut sertijab di Mapolda Jateng. (IDN Times/Dok Humas Polda Jateng)

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu Setianto mengatakan dirinya mengapresiasi atas terpilihnya Nana sebagai Pj Gubernur Jateng. 

Menurutnya, ini jadi langkah awal yang baik untuk membangun komunikasi yang berkesinambungan untuk memperkuat koordinasi menjelang kontestasi Pemilu 2024.

"Kami tentu senang dengan adanya pengumuman yang menyebutkan beliau menjadi Penjabat Gubernur Jateng. Karena biar bagaimanapun beliau adalah purnawirawan Polri yang malang melintang menjabat sejumlah posisi strategis," kata Satake kepada IDN Times, Senin (4/9/2023). 

2. Nana Sudjana mantan Dirintelkam Polda Jateng

Terpilih Gantikan Ganjar, Nana Sudjana Diminta Amankan Pemilu 2024Kapolda Sulsel Irjen Nana Sudjana. (Dok. polri.go.id)

Satake juga berkata pihak Polda Jateng optimistis dengan Nana Sudjana menjadi Pj Gubernur Jateng, setidaknya koordinasi mengenai pengamanan Pemilu bisa ditingkatkan. 

Selain itu, ada kebanggaan tersendiri mengingat Nana Sudjana adalah mantan Dirintelkam Polda Jateng. 

"Tentu kami menyambut positif kehadiran beliau di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Apalagi beliau kan pernah menjadi Direktur Intelkam juga," akunya. 

"Jadi ke depan koordinasi antara kami dengan beliau akan diperkuat dan akan menjalin komunikasi supaya bisa bersama-sama menjalankan tugas dalam pengamanan proses Pemilu 2024," tambahnya. 

3. Gus Yasin serahkan keputusan ke Kemendagri

Terpilih Gantikan Ganjar, Nana Sudjana Diminta Amankan Pemilu 2024Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen saat memberikan pernyataan bersama Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengenai dampak dari aksi perampokan toko kelontong di Karangreja, Kabupaten Cilacap. (IDN Times/Dok Humas Wagub Jateng)

Sedangkan, Wagub Jateng, Tak Yasin Maimoen tak mempermasalahkan terpilihnya Nana Sudjana sebagai Pj Gubernur Jateng. 

Walaupun semula ada tiga kandidat yang diusulkan ke Kemendagri Gus Yasin sapaan akrabnya menyerahkan semua keputusan ke tangan pemerintah pusat. 

"Kami di Jawa Tengah sendiri juga usulkan beberapa nama untuk mejabat Pj. Maka karena itu yang memutuskan Kemendagri, jadi pemerintah pusat berhak juga mengusulkan nama-nama lain. Ya gak masalah. Seperti keputusan milih Pj Kabupaten/kota usulkan beberapa nama yang putuskan juga dari pusat," pungkasnya. 

Baca Juga: Gus Yasin Ngaku Segera Ketemu Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya