Dapat Pasokan Ribuan Anjing dari Jabar, Jateng Rawan Terpapar Rabies

Ribuan anjing dari Jabar masuk ke Solo

Semarang, IDN Times - Sejumlah aktivis yang tergabung dalam Dog Meat Free Indonesia (DMFI) mengkhawatirkan wilayah Jawa Tengah terpapar penyakit rabies. 

Sebab, banyak anjing yang dikonsumsi oleh masyarakat setempat diperoleh dari Jawa Barat dengan tingkat penularan rabies yang cukup tinggi. 



1. Pemakan daging anjing sekitar 7 persen dari total penduduk Indonesia

Dapat Pasokan Ribuan Anjing dari Jabar, Jateng Rawan Terpapar Rabiesinstagram.com/funny_animal_memes

Karin Franken, Koordinator DMFI Pusat mengatakan jika dilihat secara nasional, jumlah pemakan daging anjing saat ini mencapai 7 persen dari total populasi penduduk Indonesia. 

"Pengonsumsi daging anjing di Jawa Tengah sendiri sangat banyak. Dan anjing yang dimakan berasal dari Jabar lalu masuk ke Jateng, sekarang penjualannya ramai sekali," ujar Karin saat bertemu dengan Gubernur Ganjar Pranowo, di kantor gubernur, Jalan Pahlawan, Semarang, Selasa (3/12). 

Baca Juga: Sukoharjo Siapkan Perda Larangan Peredaran dan Penjualan Daging Anjing

2. Jabar jadi daerah dengan tingkat penularan rabies tertinggi

Dapat Pasokan Ribuan Anjing dari Jabar, Jateng Rawan Terpapar RabiesIDN Times/Kementan

Ia menegaskan Jabar saat ini jadi daerah dengan tingkat kerawanan rabies yang cukup tinggi. Hal ini, katanya cukup membahayakan sejumlah kabupaten/kota di Jateng. 

3. Terdapat lima daerah dengan pengonsumsi daging anjing terbanyak di Jateng

Dapat Pasokan Ribuan Anjing dari Jabar, Jateng Rawan Terpapar Rabieshumanesociety.org

Saat ini jumlah pengonsumsi daging anjing tertinggi berada di Kota Salatiga, Semarang, Solo, Sukoharjo dan Sragen. Di Solo, terdapat 3.400 ekor anjing yang dipasok dari Jabar. 

"Makanya kita minta pemerintah Provinsi Jateng untuk ambil langkah cepat agar dapat menghentikan konsumsi daging anjing. Kita khawatir kalau lama-kelamaan dibiarkan, maka bisa memunculkan wabah rabies," terangnya. 

Baca Juga: Gak Main-Main, 5 Alasan Kenapa Daging Anjing Gak Boleh Dimakan Manusia

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya