Swab di RS UNS Solo, Sekda Grobogan Positif COVID-19 Transmisi Lokal

Saat ini diisolasi di RSUD Purwodadi

Grobogan, IDN Times - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Grobogan, Muhammad Soemarsono kedapatan tertular virus corona. Ia terpapar COVID-19 karena sering berinteraksi secara masif kepada masyarakat setempat.

1. Sekda Grobogan tertular virus corona karena kerap rapat dengan pejabat

Swab di RS UNS Solo, Sekda Grobogan Positif COVID-19 Transmisi LokalRapat dengar pendapat warga Pasar Segiri dengan pemkot dan DPRD Samarinda (IDN Times/Yuda Almerio)

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan, Slamet Widodo mengungkapkan Soemarsono diduga kuat tertular COVID-19 dari transmisi lokal yang saat ini muncul di wilayahnya.

"Karena pak Sekda sering rapat-rapat dengan pejabat yang dihadiri orang banyak, mungkin saja beliau ketularannya dari situ," kata Slamet saat dikontak IDN Times, Rabu (15/7/2020).

Baca Juga: IDI Jateng: Banyak Dokter Tolak Tes Swab karena Takut Kehilangan Job

2. Ratusan kepala dinas dan ASN jalani swab dan rapid test

Swab di RS UNS Solo, Sekda Grobogan Positif COVID-19 Transmisi LokalIlustrasi pengambilan sample swab (IDN Times/Indah Permata Sari)

Menurutnya, Soemarsono dinyatakan positif virus corona setelah menjalani tes swab yang dilakukan oleh pihaknya. Usai temuan itu, Dinkes Grobogan langsung menggelar rapid tes yang diikuti seratusan ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Grobogan.

Tak cuma itu saja, imbuh Slamet, ada 126 kepala dinas dan pejabat setingkat kepala bagian yang juga diminta swab guna mengindari penularan COVID-19 di masing-masing kantor. Tes swab khusus bagi kepala dinas yang sering kontak erat dengan Sekda Grobogan.

"Sekarang lagi berlangsung tes swab-nya. Ada 126 kepala dinas dan kabag yang di-swab. Nah, hasilnya baru ketahuan dua hari lagi. Soalnya sampel tesnya baru dikirim besok. Untuk yang ikut rapid hasilnya muncul selepas sore nanti," ujar Slamet.

Lebih lanjut, pihaknya mengimbau agar warga Grobogan harus mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah meluasnya transmisi lokal virus corona.

Ia menyarankan agar tiap warga memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan selalu jaga jarak saat bertemu orang.

3. Sekda Grobogan jalani isolasi di RSUD dr Raden Soemodiardjo

Swab di RS UNS Solo, Sekda Grobogan Positif COVID-19 Transmisi Lokalilustrasi ruang isolasi COVID-19. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Terpisah, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Grobogan, Endang Sulistyoningsih, juga membenarkan ihwal kondisi Soemarsono yang diketahui positif COVID-19. Soemarsono, katanya, saat ini sedang diisolasi di RSUD dr Raden Soemodiardjo Purwodadi.

"Kita tracking, kalau perlu sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) kami lakukan rapid test, jika hasil reaktif, langsung uji swab," tambahnya.

Menurut Endang, Soemarsono berinisiatif sendiri menjalani swab dengan pasca mendatangi RS UNS Solo pada Sabtu, 11 Juli 2020. Dari hasil PCR, Senin, 13 Juli 2020, Soemarsono positif dan langsung jalani perawatan.

"Saat ini beliau diisolasi dulu," pungkasnya.

Baca Juga: Pasien Positif Corona Membeludak, Ruang Isolasi di Semarang Penuh

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya