Disambar Api Sisa Pembakaran Sampah, Kamar Jenazah RSUD Ludes Terbakar

Kerugian ditaksir menyentuh Rp1 M

Salatiga, IDN Times - Sejumlah pegawai RSUD Salatiga mendadak dibuat panik setelah ruangan kamar jenazah yang berada di belakang gedung rumah sakit tersebut terbakar, pada Minggu (8/9). 

1. Kepulan asap muncul dari Ruang Anggrek

Disambar Api Sisa Pembakaran Sampah, Kamar Jenazah RSUD Ludes Terbakar(Ilustrasi) ANTARA FOTO/Gusti Tanati

Kebakaran pertama kali diketahui oleh Ahmad Suedi, seorang petugas kebersihan pada pukul 12.05 WIB siang.

Saat itu, ia curiga dengan kepulan asap yang muncul dari Ruang Anggrek. Kemudian ia bergegas mengecek dan melihat bangunan kamar jenazah diselimuti asap tebal.

"Begitu tahu ada asap tebal, saya langsung menghubungi security," ujar Suedi saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Bakar Sampah, Lahan Seluas 7 Ribu Meter Persegi di Balikpapan Terbakar

2. Api cepat membesar karena banyak ranting dan daun kering

Disambar Api Sisa Pembakaran Sampah, Kamar Jenazah RSUD Ludes TerbakarIDN Times/Candra Irawan

Beberapa alat pemadam pun dikerahkan untuk menjinakkan api di dalam ruangan. Meski begitu, api terus membesar. Hal ini karena di belakang kamar jenazah banyak ranting dan daun kering. Selain itu, juga banyak kayu dan sampah. 

3. Pihak rumah sakit menduga kebakaran dipicu dari sisa pembakaran sampah

Disambar Api Sisa Pembakaran Sampah, Kamar Jenazah RSUD Ludes TerbakarIDN Times/Fariz Fardianto

Direktur RSUD Salatiga, Pamuji, menjelaskan kebakaran di kamar jenazah telah menghanguskan sebuah almari pendingin tempat penyimpanan mayat. Namun untungnya saat kejadian, tak ada satupun jenazah di ruangan tersebut.

"Dugaan sementara, api berasal dari sisa pembakaran sampah yang kemudian merembet ke kamar jenazah. Ini bukan karena konsleting listrik, karena di luar masih ada titik api," akunya. 

Ia memperkirakan kerugian yang diderita rumah sakitnya saat ini mencapai Rp750 juta hingga Rp1 miliar. Pasalnya sejumlah alat rusak berat. Mulai alat tempat pendingin mayat, serta sejumlah perlengkapan medis lainnya.

"Freezer yang bisa menampung empat jenazah itu harganya sekitar Rp 450 juta. Tapi kalau ditotal keseluruhannya kerugian kita ya sampai Rp 1 miliar," ungkapnya.

4. Layanan medis diklaim masih berjalan normal

Disambar Api Sisa Pembakaran Sampah, Kamar Jenazah RSUD Ludes TerbakarIDN Times/Arief Rahmat

Sementara itu, Humas RSUD Salatiga, Nugraha Prasetyaningsih saat dikonfirmasi terpisah oleh IDN Times, mengakui bahwa layanan bagi pasien rumah sakitnya tetap berjalan normal walau sempat muncul insiden kebakaran di ruangan kamar mayat.

"Tetap berjalan seperti biasanya kok. Karena letak kamar mayatnya kan di belakang. Sehingga gak terlalu mempengaruhi proses layanan medisnya," terangnya.

Untuk sementara, tempat transit jenazah yang berada di IGD akan diubah jadi kamar jenazah. Tahap pembangunan kamar jenazah nantinya bakal diusulkan dalam APBD Perubahan agar pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu. 

Baca Juga: Iuran Naik, Sejumlah RS Berharap Utang BPJS Segera Dilunasi

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya