Emil Dardak Sambangi Kampus USM, Perkuat Riset Dengan Fakultas Teknik

Paman Emil Dardak pernah jadi rektor di USM

Semarang, IDN Times - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur Emil Elistianto Dardak berkunjung ke kampus Universitas Semarang (USM), Rabu (2/11/2022). Kedatangan Emil ke kampus tersebut untuk menindaklanjuti penguatan kerjasama bidang riset dengan Fakultas Teknik. 

Di kampus USM, Emil Dardak dan rombongan pejabat Pemprov Jatim diterima langsung oleh Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip Prof Sudharto P Hadi PhD, Dekan Fakultas Teknik USM Dr Purwanto MT, Wakil Dekan Ferry Firmawan PhD, Ketua Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Hendrianto Sundaro MT serta sejumlah dosen. 

1. Emil Dardak akan kolaborasi riset dengan USM

Emil Dardak Sambangi Kampus USM, Perkuat Riset Dengan Fakultas TeknikEmil Elestianto Dardak. IDN Times/Ardiansyah Fajar

Emil menyampaikan bahwa dirinya akan berkolaborasi di sektor riset untuk meningkatkan konstribusi USM mengenai inovasi-inovasi kepada bangsa.

"Kami apresiasi perkembangan USM yang sangat pesat, kita akan melakukan kolaborasi riset agar gagasan-gagasan kita bisa memberikan solusi terkait permasalahan bangsa. Walaupun kampus swasta tetapi USM merupakan kampus yang maju, jika kita lihat di luar negeri banyak kampus-kampus swasta yang setara dengan kampus negeri," ujar Emil.

Baca Juga: USM Rangkul 212 Peneliti Asing untuk Atasi 4 Masalah Krusial di Jateng

2. Emil Dardak punya hubungan panjang dengan kampus USM

Emil Dardak Sambangi Kampus USM, Perkuat Riset Dengan Fakultas TeknikKampus USM di Jalan Arteri Soekarno-Hatta Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Emil mengaku senang melihat kampus swasta bisa memiliki peran yang penting terutama berkaitan dengan sains dan teknik, yang tidak hanya ekonomi. 

Dirinya pun mengajak komitmen dari USM untuk kemajuan fakultas teknik harus kita dukung bersama dan semoga semakin luas dalam menjalin kolaborasinya.

"Saya juga mengeksplor potensi kolaborasi yang bersifat akademis, dan saya pribadi dengan Fakkultas Teknik USM mudah mudahan dapat berkesinambungan apalagi saya sudah bertahun-tahun yang lalu singgah di USM dan masih memiliki hubungan kekeluargaan dengan Rektor USM terdahulu yaitu Prof Pahlawansjah Harahap adalah pakde saya," paparnya. 

3. Fakultas Teknik pernah kerjasama dengan Pemprov Jatim

Emil Dardak Sambangi Kampus USM, Perkuat Riset Dengan Fakultas TeknikDua mahasiswa USM saat menampilkan sepasang robot enggang. Dok Humas USM

Sebelumnya Fakultas Teknik USM menjalin kerja sama terkait dengan pelaksanaan MBKM dengan pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan, Permukiman, dan Cipta Karya terkait dengan pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi dan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

4. Dekan Teknik akan tindaklanjuti kemitraan dengan Pemprov Jatim

Emil Dardak Sambangi Kampus USM, Perkuat Riset Dengan Fakultas TeknikIDN Times/Fariz Fardianto

Dekan Fakultas Teknik USM, Dr Purwanto menyambut baik kemitraan dengan Pemprov Jatim terkait implementasi MBKM ini karena bisa menjangkau sampai luar Jateng. 

"Kerja sama ini kita bisa tindaklanjuti melalui program studi yang ada di Teknik, dengan kerja sama ini mahasiswa Teknik USM bisa magang di Jatim, dosen Fakultas Teknik bisa melaksanakan kegiatan tri dharma di Jatim dan Pak Emil membuka peluang sebesar-besarnya untuk berkiprah terkait penelitian dan pengabdian masyarakat di Jatim," terangnya. 

Baca Juga: 21 Mahasiswa USM Lolos Merdeka Belajar Mendikbud

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya