5 Exit Tol Alami Perlambatan Arus, Ini Titik Rawan Kecelakaan di Jateng

Buat yang mudik harap waspada dan bisa antisipasi

Semarang, IDN Times - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Jawa Tengah menyatakan telah menyiapkan berbagai antisipasi untuk mengatasi kemacetan saat arus mudik Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriyah. 

1. Ada perlambatan arus saat mudik Lebaran

5 Exit Tol Alami Perlambatan Arus, Ini Titik Rawan Kecelakaan di JatengIlustrasi Jalan Tol Trans Jawa. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryo Nugroho mengklaim telah menyiapkan tim urai untuk mencegah risiko kemacetan di ruas jalan Pantura. 

"Kita perkirakan arus lalu lintas akan mengalir. Apalagi pas mudik juga ada sistem one way di jalan tol. One way akan diberlakukan untuk mengalihkan arus kendaraan berat dari tol menuju ruas jalan nasional. Sehingga nantinya tidak ada titik kemacetan. Yang ada hanya potensi perlambatan arus," terangnya, Senin (18/4/2022). 

Baca Juga: 400 Sopir Kena Tilang Langgar Batas Kecepatan di Tol Jateng

2. Lima gerbang tol terjadi perlambatan arus

5 Exit Tol Alami Perlambatan Arus, Ini Titik Rawan Kecelakaan di JatengIlustrasi (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Agus menyampaikan, perlambatan arus lalu lintas dari kajian di lapangan akan terjadi di lima titik ruas jalan tol. 

Potensi perlambatan arus lalu lintas bakal terjadi antara lain di:

  • Exit Tol Brebes
  • Exit Tol Krapyak
  • Exit Tol Kartasura
  • Exit Tol Bawen-Salatiga
  • Exit Tol Pejagan. 

"Nanti ketika masuk momentum arus mudik, ada potensi perlambatan arus karena memang ada peningkatan volume kendaraan. Contohnya di Exit Tol Krapyak, Exit Tol Bawen-Salatiga maupun Exit Tol Pejagan terutama yang arah Banyumas pasti juga ada perlambatan. Maka opsi kita dengan menyiapkan jalur non tol," kata Agus. 

3. Tol arah Bawen rawan kecelakaan

5 Exit Tol Alami Perlambatan Arus, Ini Titik Rawan Kecelakaan di Jatengilustrasi proyek tol. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Tak cuma itu saja, pihaknya juga telah memetakan lokasi rawan kecelakaan di berbagai wilayah. Pihaknya menyebut lokasi rawan kecelakaan berada di jalan tol arah Bawen, sepanjang jalan Pantura wilayah Brebes. 

Pihaknya mengimbau kepada para pemudik untuk meningkatkan kewaspadaan ketika menempuh perjalanan panjang menuju Jawa Tengah.

"Tetap jaga standar kesehatan dan jaga kondisi tubuh agar tetap fit saat pulang kampung ke Jawa Tengah. Kita akan tempatkan anggota untuk antisipasi kecelakaan," jelasnya. 

4. Daftar jalur pantura yang rawan kecelakaan

5 Exit Tol Alami Perlambatan Arus, Ini Titik Rawan Kecelakaan di JatengIlustrasi pengaspalan jalan. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Jateng, Henggar Budi Anggoro menyebut, titik rawan kecelakaan yang dipetakan oleh pihaknya berada di jalan raya Bandungsari-Salem Brebes, titik simpang sebidang rel KA Wiradesa, turunan Sibelo dari arah Kajen dan sejumlah jalan di Kabupaten Pemalang. 

"Semua kerawanan kecelakaan akan kita petakan dengan rinci supaya pihak-pihak terkait bisa membantu antisipasinya," terangnya. 

Baca Juga: Pulihkan Sektor Mikro, 38 Ribu ASN Jateng Diminta Belanjakan THR ke Pedagang Pasar

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya