Ganjar Usul RAPBD 2020 Naik Jadi Rp28,77 T, Ini 5 Pos Belanja Terbesar

Salah satunya penambahan rute BRT

Semarang, IDN Times - Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Jawa Tengah sedang diusulkan mengalami kenaikan cukup signifikan pada 2020. Usulan kenaikan tersebut dilontarkan oleh Gubernur Ganjar Pranowo saat berbicara dalam sidang paripurna di DPRD Jateng, Jalan Pahlawan, Semarang, Selasa (15/10).

Dalam paparannya, Ganjar mengatakan agar RAPBD 2020 mestinya naik Rp2,1 triliun atau sebesar Rp28,77 triliun ketimbang ABPD tahun lalu sebesar Rp26,63 triliun.

1. Anggaran pendidikan melejit jadi Rp6,77 triliun. Nantinya dipakai untuk membuat SMK boarding school

Ganjar Usul RAPBD 2020 Naik Jadi Rp28,77 T, Ini 5 Pos Belanja TerbesarIDN Times/Fariz Fardianto

Ganjar menyatakan, setidaknya ada usulan kenaikan yang signifikan pada lima sektor. Yaitu masing-masing sektor pendidikan, kesehatan, pemukiman dan infrastruktur dan perhubungan. 

Menurutnya anggaran pendidikan perlu dinaikkan dari Rp6,08 triliun pada 2019 menjadi Rp6,77 triliun di tahun 2020 agar dapat mendukung proyek penambahan SMK boarding school gratis di 15 titik.

"Penambahan anggaran sektor pendidikan salah satunya untuk mendorong penambahan SMK Jateng berbasis boarding school gratis di 15 titik daerah zona merah di Jawa Tengah," ungkapnya.

Baca Juga: Diundang Khusus Oleh Ganjar, Awkarin: 'Such An Honor for Me'

2. Anggaran kesehatan juga naik Rp2,66 triliun

Ganjar Usul RAPBD 2020 Naik Jadi Rp28,77 T, Ini 5 Pos Belanja TerbesarIDN Times / Shemi

Lalu, katanya, anggaran juga harus ditambah buat sektor kesehatan. Ia mengusulkan supaya anggaran kesehatan pada 2020 naik Rp2,66 triliun, dari tahun 2019 yang hanya Rp2,52 triliun. Anggaran difokuskan untuk peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat.

Baca Juga: Bantu UKM, Pemprov Jateng Gelontorkan Dana Bantuan Rp580 Miliar

3. Anggaran PUPR diusulkan naik untuk membiayai proyek infrastruktur dan sumber daya air

Ganjar Usul RAPBD 2020 Naik Jadi Rp28,77 T, Ini 5 Pos Belanja TerbesarIDN Times/Fariz Fardianto

Anggaran untuk urusan Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang juga mengalami kenaikan. Diusulkan Ganjar bahwa, dari semula Rp1,228 triliun, anggaran untuk sektor tersebut dinaikkan menjadi Rp1,66 triliun. Penambahan anggaran ini dilakukan untuk berbagai proyek pekerjaan umum, infrastruktur, sumber daya air dan penataan ruang.

4. Anggaran perumahan rakyat dinaikan Rp44 triliun. Janjinya untuk mengatasi pemukiman kumuh dan rehab rumah

Ganjar Usul RAPBD 2020 Naik Jadi Rp28,77 T, Ini 5 Pos Belanja TerbesarIDN Times/Imam Rosidin

Kenaikan juta terjadi pada anggaran untuk urusan perumahan rakyat dan kawasan permukiman. Dari semula Rp36,78 miliar menjadi Rp44,81 miliar. 

"Anggaran ini nantinya akan dioptimalkan untuk berbagai kegiatan dalam rangka mengatasi persoalan pemukiman kumuh dan rehab rumah tidak layak huni di Jawa Tengah," paparnya.

5. Anggaran perhubungan akan dipakai untuk menambah rute BRT

Ganjar Usul RAPBD 2020 Naik Jadi Rp28,77 T, Ini 5 Pos Belanja TerbesarIDN Times / Aan Pranata

Di sektor perhubungan, Ganjar mengusulkan anggaran pada 2020 sebesar Rp318,74 miliar. Jumlah itu meningkat pesat ketimbang tahun 2019 sekitar Rp203,6 miliar.

Ganjar menjanjikan adanya penambahan pagu anggaran untuk pos perhubungan bakal dipakai untuk perbaikan layanan publik. Salah satunya, katanya dengan menambah rute BRT Trans Jateng.

"Penambahan anggaran pada sektor perhubungan itu akan kami gunakan untuk peningkatan moda transportasi massal, seperti penambahan rute BRT Trans Jateng, dukungan pembangunan sejumlah bandara di Jawa Tengah," akunya.

Meski begitu, ia mengklaim usulan lonjakan anggaran untuk empat pos sektor tersebut tak akan mengesampingkan upaya pemerintah untuk menekan angka kemiskinan dan pengangguran yang tetap jadi program prioritas.

Ketua DPRD Jateng, Bambang Kusriyanto mengatakan, setelah diusulkan oleh Gubernur, pihaknya akan segera melakukan pembahasan mengenai RAPBD Jateng 2020.

"Segera kami bahas, dalam waktu dekat akan segera kami putuskan menjadi APBD," pungkasnya.

Baca Juga: [FOTO] Semaraknya Para Petugas BRT Trans Semarang Cosplay Ala Pejuang

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya