Gempa Bantul, SMPN 1 Giriwoyo Wonogiri Rusak Parah, Ruang Kelas VII Ambles

Ganjar perintahkan assesment secepatnya

Wonogiri, IDN Times - Sejumlah ruang kelas SMPN 1 Giriwoyo Kabupaten Wonogiri mengalami kerusakan parah akibat terkena imbas gempa bumi yang melanda Bantul. Seperti diketahui, gempa berkekuatan 6,4 magnitudo melanda Bantul pada 30 Juni 2023.

1. Ruangan kepsek rusak parah

Gempa Bantul, SMPN 1 Giriwoyo Wonogiri Rusak Parah, Ruang Kelas VII AmblesRuang guru dan ruang kepala sekolah SMPN 1 Giriwoyo Wonogiri rusak parah akibat dilanda gempa bumi yang berpusat di Bantul. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Kerusakan parah terdapat pada ruang guru dan ruang kepala sekolah SMPN 1 Giriwoyo. Ketika dicek ulang, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melihat setiap sudut gedung telah retak yang memanjang dengan ukuran keretakan cukup besar. 

Sementara di ruang kelas, keretakan juga terjadi. Sementara, bangunan kelas VII A,B dan C bahkan kondisinya ambles.

Baca Juga: Belasan Bangunan di Jateng Rusak Akibat Gempa Bantul, 1 Warga Tegal Terluka

2. Ganjar minta tim teknik review kerusakan bangunan

Gempa Bantul, SMPN 1 Giriwoyo Wonogiri Rusak Parah, Ruang Kelas VII AmblesGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat berbincang dengan kepala SMPN 1 Giriwoyo Wonogiri saat melihat kerusakan bangunan sekolah tersebut. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Ganjar pun mengakui adanya kerusakan yang parah pada gedung SMPN 1 Giriwoyo. Menurutnya banyak tembok dan pilar bangunan sekolah yang retak sehingga cukup membahayakan.

"Saya minta tim tekniknya untuk segera mereview bangunannya. Sebab, ada beberapa gedung yang semua sudutnya retak dan ada gedung yang ambles," tuturnya dalam keterangan yang diterima IDN Times, Selasa (4/7/2023). 

3. Kalau assesment menyatakan tidak layak, maka jangan dipakai

Gempa Bantul, SMPN 1 Giriwoyo Wonogiri Rusak Parah, Ruang Kelas VII AmblesGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo cek langsung kerusakan bangunan SMPN 1 Giriwoyo Wonogiri. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Lebih lanjut, Ganjar akan meminta agar tim ahli bangunan segera melakukan assessment terkait kondisi SMPN 1 Giriwoyo. Jika masih layak, maka gedung akan diperbaiki dan kembali digunakan untuk proses belajar mengajar.

"Tapi kalau ternyata hasil assessment menyatakan gedung tidak layak, ya jangan dipakai. Segera pindahkan agar anak-anak dan bapak ibu guru semua aman. Kalau tidak, maka kita akan deg-degan terus melihat kondisi seperti ini," jelasnya.

4. Ganjar klaim akan koordinasi dengan Bupati Wonogiri

Gempa Bantul, SMPN 1 Giriwoyo Wonogiri Rusak Parah, Ruang Kelas VII AmblesIlustrasi gempa bumi (IDN Times/Sukma Shakti)

Sambil menunggu hasil assessment, Ganjar meminta agar gedung yang retak tidak digunakan. Ia meminta agar aktivitas guru dipindahkan ke gedung lain, atau dibuatkan ruang darurat yang lebih aman.

"Kami mesti gerak cepat agar saat anak-anak masuk semuanya bisa aman. Kami akan koordinasi terus dengan Pak Bupati, siapa yang akan melakukan perbaikan agar lebih cepat," bebernya.

Selain sekolah, Ganjar ke Wonogiri untuk melihat tempat lain yang terdampak gempa. Di antaranya masjid, musala dan rumah-rumah warga.

"Nanti yang SMP, Pak Bupati, yang tempat ibadah dibantu BAZNAS dan sekolah SMA-SMK negeri serta rumah warga yang handle kami dari provinsi. Kami gotong royong agar cepat kami respon perbaikannya," kata Ganjar.

Baca Juga: Gempa 6,4 Magnitudo Guncang Bantul Gegara Lempeng Eurasia Menyusut, BMKG: Bukan Megatrust

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya