Comscore Tracker

Habis Lihat Pemandangan, Vani Terpeleset di Pos 3 Gunung Sindoro

Vani cidera tulang belakang

Wonosobo, IDN Times - Seorang pendaki dilaporkan terpeleset saat berada di Pos 3 Gunung Sindoro. Pendaki bernama Vani Wahyu yang berusia 48 tahun itu mengalami cidera pada tulang belakangnya lantaran terbentur akar pohon yang ada di pegunungan tersebut.

Hal tersebut diketahui tatkala tim SAR gabungan melakukan evakuasi terhadap Vani pada Selasa (11/8/2020). 

1. Vani dan teman-temannya naik Gunung Sindoro via Kledung

Habis Lihat Pemandangan, Vani Terpeleset di Pos 3 Gunung SindoroANTARA FOTO/Anis Efizudin

Kepala Basarnas Semarang, Nur Yahya mengungkapkan Vani yang notabene warga Desa Bratan, Kecamatan Laweyan, Solo tersebut awalnya mendaki Pos 3 Gunung Sindoro pada Senin kemarin.

"Dia sama teman-temannya naiknya dari Pos Kledung. Terus pas sampai ke puncak Sindoro, survivor ini sempat menikmati pemandangan yang indah di puncak Gunung Sindoro," kata Yahya.

Baca Juga: Terpeleset! Tiga Pendaki Gunung Sindoro Terjatuh Sejauh Empat Meter

2. Saat turun gunung, Vani terpeleset di Pos 3 Sindoro

Habis Lihat Pemandangan, Vani Terpeleset di Pos 3 Gunung SindoroPara petugas saat membawa Vani turun gunung. Dok SAR Jateng

Ia menjelaskan ketika sore tiba, Vani dan rekan-rekannya memutuskan turun gunung. Namun, apesnya saat tiba di Pos 3 Sindoro, Vani tiba-tiba terpeleset.

Bagian belakang tubuhnya lalu terbentur akar pohon di lokasi tersebut. Pihaknya menduga bahwa Vani mengalami cidera sehingga tidak bisa melanjutkan perjalanan lagi. 

"Diduga survivor cedera tulang belakang dan tidak bisa melanjutkan perjalanan kemudian minta tolong," terangnya.

3. Basarnas evakuasi Vani dalam keadaan selamat. Selama 2 jam Vani terpaksa ditandu

Habis Lihat Pemandangan, Vani Terpeleset di Pos 3 Gunung SindoroPetugas gabungan menggotong Vani turun dari Pos 3 Sindoro. Dok SAR Jateng

Pihaknya menerangkan bahwa Vani selanjutnya dievakuasi jam 01.00 WIB dini hari oleh petugas gabungan. Pihaknya memberangkatkan satu tim pertolongan Basarnas pos SAR Wonosobo bersama perlengkapan yang memadai.

Menurutnya saat ini Vani berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat. Vani terpaksa ditandu sampai turun ke gunung dengan menempuh perjalanan selama dia jam lebih. 

"Survivor ditandu sampai ke Basecamp Grasindo Kledung. Dia masih bisa diselamatkan. Lokasi pendakian Gunung Sindoro di malam hari gelap. Tim SAR gabungan naik ke atas disertai alat penerangan untuk mencapai puncak pos 3 dengan ketinggian 2500 Mdpl," ujar Yahya.

Baca Juga: Wajib Catat! 8 Kesalahan Pendaki Pemula yang Gak Boleh Kamu Tiru

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya