Hadiri Pelantikan Walikota Semarang, Megawati Bareng Dengan Ganjar

Megawati datang bersama rombongan elite PDIP

Semarang, IDN Times - Presiden Kelima Indonesia, Megawati Soekarnoputri menghadiri acara pelantikan Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, Senin (30/1/2023). Bertempat di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kompleks kantor Gubernur Jateng, Megawati datang jam 11.30 WIB dengan ditemani sejumlah elite PDIP. 

1. Megawati datang disambut tarian warak ngendok

Hadiri Pelantikan Walikota Semarang, Megawati Bareng Dengan GanjarKedatangan Megawati Soekarnoputri disambut tarian warak ngendok. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Saat masuk ke halaman Gedung Gradhika Bhakti Praja, kedatangan Megawati disambut iring-iringan tarian warak ngendok. Ada belasan boneka warak ngendok yang dibawa para penari untuk memeriahkan penyambutan untuk Megawati. 

Tiba di depan gedung, Megawati sempat melambaikan tangannya kepada para simpatisan PDIP yang telah menyemut. Megawati duduk berdampingan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Sekjen PDIP Hasto Krisyanto. 

Selain itu, dalam rombongan Megawati ada Ketua Bapilu PDIP, Bambang Wuryanto, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan sejumlah tamu undangan seperti Kepala LKPP Hendrar Prihadi. 

"Mbak Ita ini menjadi walikota perempuan pertama di Kota Semarang. Jika dulunya saya sebagai walikota, saat ini posisi saya digantikan Mbak Ita," kata Kepala LKPP Hendrar Prihadi yang akrab disapa Hendi. 

2. Warga berharap Mbak Ita perbaiki ekonomi Semarang

Hadiri Pelantikan Walikota Semarang, Megawati Bareng Dengan GanjarAcara penyambutan kedatangan Megawati Soekarnoputri di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Sedangkan, sejumlah warga yang turut hadir memeriahkan pelantikan Walikota Semarang mengaku menaruh harapan besar pada sosok perempuan yang akrab disapa Mbak Ita tersebut. 

"Saya tadi ke sini sendiri. Saya fans beratnya Mbak Ita. Saya juga timses Mbak Ita. Semoga Semarang lebih baik dari sebelumnya terutama untuk sektor ekonomi," kata Muh Yatin, warga Sendangguwo. 

3. Mbak Ita dianggap figur merakyat

Hadiri Pelantikan Walikota Semarang, Megawati Bareng Dengan GanjarPlt Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti mengikuti gladi bersih pelantikan Wali Kota Semarang di Gedung Gradika Bakti Praja, Minggu (29/1/2023). (dok. Humas Pemkot Semarang)

Yatin adalah satu dari sekian banyak warga Semarang yang pernah menjadi relawan pemenangan pasangan walikota dan wakil walikota Semarang Hendra RW Prihadi dan Hevearita Gunaryanti Rahayu pada periode sebelumnya. "Saya sering ketemu langsung, ngontak beliau langsung minta bantuan. Figurnya memang merakyat," akunya. 

Ia menyampaikan setelah dilantik Walikota Semarang, Mbak Ita diharapkan bisa memperbaiki wilayah Semarang agar tidak kebanjiran lagi. "Pompa diperbaiki. Sungainya dikeruk jangan sampai jebol," kata pengurus RT 04/RW IX Sendangguwo tersebut. 

4. Warga minta program kesehatan bagi ibu-ibu diutamakan

Hadiri Pelantikan Walikota Semarang, Megawati Bareng Dengan GanjarSejumlah emak-emak datang untuk memeriahkan pelantikan Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Siti Masriah juga rela datang pagi-pagi agar bisa menyemsrakan pelantikan Hevearita Gunaryanti Rahayu sebagai Walikota Semarang. Dari rumah ia berangkat ke Gedung Gradhika Bhakti Praja jam 08.00 pagi. 

Ia juga ditemani 15 warga lainnya dari kampungnya di Bangetayu Wetan. "Saya datang dengan rombongan satu kecamatan. Dengan dilantiknya Mbak Ita semoga program kesehatan bagi ibu-ibu didahulukan. Karena walaupun ada BPJS tapi tetap bayarnya mahal. Dan juga tanggul kampung saya ditambal karena kemarin jebol, tetangga saya ada yang kebajiran," terangnya. 

Saat ini, proses pelantikan Walikota Semarang masih berlangsung. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melantik Hevearita Gunaryanti Rahayu sebagai Walikota Semarang menggantikan posisi Hendrar Prihadi. 

Baca Juga: Profil Hevearita Gunaryanti Rahayu, Perempuan Pertama Yang Jadi Wali Kota Semarang

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya