Idul Adha, Pengelola Masjid di Semarang Potong Sapi Kurban di RPH

RPH sudah antisipasi kerumunan

Semarang, IDN Times - Dua hari mendekati perayaan Idul Adha, sejumlah pengelola masjid di Kota Semarang memilih menyembelih sapi kurban di lokasi RPH Penggaron. Kepala Unit RPH dan BHP Kota Semarang, Ika Nurawati, mengungkapkan saat ini sudah ada 28 masjid yang meminta bantuan menyembelihkan sapi kurban di RPH.

"Untuk persiapan Idul Adha, kita sudah buka pendaftaran tiga minggu. Sampai hari ini, sudah ada 28 masjid yang minta pemotongan sapi kurban di RPH. Lalu ada juga 15 instansi swasta dan pemerintahan, dan sisanya sekitar 20 lebih dari pihak perorangan," kata Ika, Rabu (29/7/2020).

1. RPH Penggaron kerahkan delapan tim penyembelihan hewan kurban

Idul Adha, Pengelola Masjid di Semarang Potong Sapi Kurban di RPHIDN Times/Tunggul Kumoro

Menurutnya untuk kesiapan petugasnya, pihaknya akan menerjunkan delapan tim. Masing-masing terdiri dari juru sembelih halal, tukang jagal, tukang kelet, dan beberapa dokter hewan. 

Ia menekankan petugas jagal sudah diperintahkan untuk memotong hewan secara cepat agar tidak menimbulkan kerumunan orang. 

"Dan sekarang banyak masyarakat yang mendaftar penyembelihan sapi kurban. Makanya, untuk mencegah penularan virus Corona, kita juga sediakan tambahan tempat cuci tangan serta halaman pemotongan hewan dikondisikan agar tidak ada yang berkerumun," paparnya. 

Baca Juga: Ganjar Imbau Warga Jateng Potong Hewan Kurban Iduladha di RPH

2. Permintaan masyarakat naik setelah ada imbauan dari Ganjar dan Kementan

Idul Adha, Pengelola Masjid di Semarang Potong Sapi Kurban di RPHDok. Humas Pemprov Jateng

Sampai saat ini, katanya permintaan masyarakat untuk memotong sapi kurban naik dua kali lipat ketimbang tahun lalu. 

Peningkatan karena ada imbauan dari Gubernur Jawa Tengah sekaligus surat edaran dari Kementan yang ditujukan bagi setiap daerah.

3. Pengelola RPH juga sediakan stok sapi kurban

Idul Adha, Pengelola Masjid di Semarang Potong Sapi Kurban di RPHIDN Times/Fariz Fardianto

Pihaknya selain menyediakan jasa pemotongan hewan kurban, juga menjual 80 sapi untuk Idul Adha nanti.

"Sekarang 90 persen sudah terjual. Permintaan dari warga naik dua kali lipat soalnya ada imbauan dari Pak Gubernur, Kementan dan Dispertan kabupaten kota supaya saat pandemik, warga menyembelih hewan kurban di RPH. Tentunya disesuaikan sama RPH. Di tempat kami, sudah ada disiapkan 400 kandang untuk menampung sapi kurban," pungkasnya.

Baca Juga: Iduladha, Jokowi Kurban 2 Sapi Limousin untuk 2 Masjid di Solo

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya