Indonesia Power Semarang Ubah Sisa Gas Beracun Jadi Uap Energi Listrik

Indonesia Power Semarang dapat penghargaan gold

Semarang, IDN Times - PT PLN Indonesia Power UBP Semarang diganjar penghargaan gold pada ajang Ensia Award atas keberhasilannya dalam mengelola limbah B3 alias sampah beracun. Selama ini sampah beracun telah terkelola dengan baik di PLTGU Tambaklorok, Kecamatan Semarang Utara. 

"Puji syukur, PLN IP UBP Semarang dapat meraih penghargaan gold pada Ensia Award Kategori Limbah B3," kata Senior Manager PT PLN Indonesia Power UBP Semarang, F Erwin Putranto dalam keterangan yang diterima IDN Times, Rabu (31/7/2024). 

Baca Juga: Sampah Banjir Menumpuk, Petugas Bersihkan Water Intake PLTGU Tambaklorok

1. PLTGU Tambaklorok pakai sarana GTG

Indonesia Power Semarang Ubah Sisa Gas Beracun Jadi Uap Energi ListrikSenior Manager PT PLN Indonesia Power UBP Semarang, F Erwin Putranto. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Ensia Award sendiri merupakan penghargaan tingkat nasional yang diprakarsai oleh Sucofindo untuk pelaku usaha yang berkomitmen dalam menjaga lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

Ia menuturkan adanya raihan penghargaan menujukan bukti kalau pengelolaan limbah B3 yang dilaksanakan petugasnya dengan baik. 

PLTGU Tambaklorok menggunakan GTG (Gas Turbine Generator) untuk membangkitkan tenaga listrik menggunakan gas alam sebagai bahan bakar.

Untuk efisiensi pembangkit yang optimal, gas sisa hasil pembakaran pada unit GTG akan dialirkan menuju Heat Recovery Steam Generator untuk menghasilkan uap panas yang digunakan unit STG untuk memproduksi listrik.  

"Tetap semangat dalam mempertahankan kinerja dan semoga dapat menambah rasa memiliki dan peduli dalam menjaga keandalan unit pembangkit," paparnya. 

2. Indonesia Power cegah timbulnya limbah beracun

Indonesia Power Semarang Ubah Sisa Gas Beracun Jadi Uap Energi ListrikSenior Manager PT PLN Indonesia Power UBP Semarang, F Erwin Putranto menerima penghargaan gold dari Ensia Award. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Kemudian untuk proses pengolahan limbah berikutnya dapat terjadi leak through minyak pelumas pada sistem yang menghasilkan limbah B3 berupa minyak pelumas bekas.

PT PLN Indonesia Power UBP Semarang mengatasi permasalahan tersebut dengan membuat inovasi berupa Special Tools Leak Through Test Actuator Damper untuk mencegah timbulnya limbah B3 minyak pelumas bekas. 

3. Indonesia Power Semarang tunjukan keandalan pembangkit

Indonesia Power Semarang Ubah Sisa Gas Beracun Jadi Uap Energi ListrikPetugas juga mengganti oli generator pada turbin pembangkit PLTGU Tambaklorok Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Dengan adanya inovasi ini, leak through pada sistem dapat diketahui sedini mungkin sehingga dapat segera dilakukan perbaikan. 

Sehingga tidak menimbulkan kebocoran yang lebih besar yang menimbulkan limbah B3 berupa minyak pelumas bekas dan terganggunya keandalan unit pembangkit.


Tak hanya itu, dengan inovasi ini PT PLN Indonesia Power UBP Semarang mampu meningkatkan keandalan pembangkit. 

Baca Juga: Biar Lebih Irit, PLTGU Tambak Lorok Semarang Pasang PLTS Rooftop dan PLTS Apung

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya