Ini Jurus Jitu Undip Menjaring Mahasiswa Baru di Myanmar

Tiga kampus di Myanmar bekerjasama dengan Undip

Semarang, IDN Times- Pengelola kampus Universitas Diponegoro (Undip) terus berupaya menggenjot partisipasi warga asing untuk menempuh program perkuliahan di sejumlah fakultasnya. Caranya, mereka menyambangi Kota Yangon, Myanmar, untuk mengikuti rangkaian pameran bertajuk The 3rd International Education Fair. Undip merupakan satu-satunya perwakilan lembaga pendidikan dari Indonesia. 

Kegiatan di Yangon Myanmar selama tiga hari mulai 28-30 Juni tersebut dipimpin oleh Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Budi Setiyono dan Wakil Rektor bidang Riset dan Inovasi Prof. Dr. Ir. Ambariyanto, M.Sc.

1. Myanmar salah satu mitra strategis Undip

Baca Juga: 5 Tempat Menarik yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Myanmar

Ini Jurus Jitu Undip Menjaring Mahasiswa Baru di MyanmarIDN Times/Istimewa

Menurut Dr. Ir. Ita Widowati, Kepala Kantor Urusan Internasional Undip, Myanmar merupakan salah satu negara ASEAN yang dibidik oleh kampusnya karena memiliki potensi mahasiswa yang besar.

Ini, lanjutnya merupakan langkah pertama yang ditempuh oleh Undip dengan berpartisipasi dalam gelaran 3rdIEF. "Kita menaruh perhatian besar pada Myanmar sebagai salah satu mitra potensial di Asia Tenggara," kata Ita dalam keterangannya kepada IDN Times, Kamis (4/7).

2. Undip memperkuat kerjasama dengan tiga kampus Myanmar

Ini Jurus Jitu Undip Menjaring Mahasiswa Baru di Myanmarworldtravelguide.net

Baca Juga: Tiga Mahasiswa Undip Kembangkan Biodisel dari Batu Fosfat dan Jelantah

Undip sejak lama telah memperkuat kerjasama dengan beberapa universitas di Myanmar lewat program yang dibiayai Uni Europa (EU). Salah satunya untuk student mobility tingkat S1 selama satu semester; serta kerjasama dengan kampus UMG College Myanmar (UCM).

"Pameran pendidikan ini sangat bermanfaat untuk mempromosikan Universitas Diponegoro di luar negeri, khususnya untuk calon mahasiswa dari Myanmar dengan memperkenalkan program-program internasional mulai Undip Master Scholarship, summer courses, internship, IUP, dan beberapa program lain. Sehingga dapat menjalin kemitraan baru dengan universitas di Myanmar," tegasnya.

3. Pelajar Myanmar ditawari berbagai program beasiswa di Undip

Ini Jurus Jitu Undip Menjaring Mahasiswa Baru di MyanmarKampusUndip.com

Baca Juga: IDN Times Menyapa Mahasiswa Fisip Undip di Semarang

Calon mahasiswa Myanmar lebih banyak berminat pada program studi beasiswa master, program summer courses, internship.

"Selain itu, delegasi Undip juga mengunjungi Yangon University of Foreign Languages (YUFL), dan kita diterima pimpinan kampus setempat. Kita menaruh harapan agar banyak orang Myanmar yang tertarik kuliah di Undip yang menjadi universitas berkelas dunia," terangnya.

Baca Juga: SBMPTN Undip, Ini Passing Grade dan Daya Dampungnya

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya