Juragan Truk Jateng Was-Was Keberadaan ETLE di Jalan Tol saat Lebaran

ETLE dianggap berpotensi munculkan penindakan ganda

Semarang, IDN Times - Para pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dibuat ketar-ketir dengan keputusan polisi yang akan memasang perangkat Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di jalan tol. Seperti diberitakan IDN Times, sebagai langkah bawal Ditlantas Polda Jateng rencananya memasang lima spedcam di jalan tol dan penilangan akan dimulai sebelum Lebaran. 

1. Para juragan truk curiga pengelolaan ETLE di tol

Juragan Truk Jateng Was-Was Keberadaan ETLE di Jalan Tol saat LebaranANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Agus Pratiknyo, Wakil Ketua Bidang Angkutan Distribusi dan Logistik, Aptrindo Jateng dan DIY mempertanyakan keputusan aparat kepolisian yang akan memberlakukan ETLE di jalan tol. Pasalnya, ia diliputi kebingungan karena otomatis akan ada dua kebijakan penilangan yang berlaku di jalan tol. 

"Apakah sistem yang dikelola oleh Korlantas Polri ini sudah terintegrasi dengan sistem yang digunakan Kementerian Perhubungan yang selama ini digunakan Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) atau jembatan timbang," kata Agus ketika dikonfirmasi IDN Times, Sabtu (9/4/2022). 

Baca Juga: 5 Speedcam Dipasang di Tol Jateng, Pelanggar Batas Kecepatan Ditilang

2. ETLE dikhawatirkan jadi penindakan ganda polisi dan Kemenhub

Juragan Truk Jateng Was-Was Keberadaan ETLE di Jalan Tol saat Lebaranemaze.com

Terlebih lagi, katanya proses sosialisasi bagi sopir truk dan pengusaha selama ini sangat minim. Ia menuding adanya sistem ETLE di jalan tol hanya akan menyasar truk-truk over dimensi dan overload (ODOL). Sopir truk ODOL, katanya akan menjadi bulan-bulanan petugas jalan tol. 

Agus juga menyoroti keakuratan sistem ETLE. Menurutnya apakah bisa kamera ETLE mengidentifikasi pelanggar secara akurat dan apakah registrasi di tingkat kepolisian sudah terkoneksi secara online

"Yang ada malahan sebuah kendaraan bisa mendapatkan penindakan ganda dari polisi dan Kemenhub. Kita khawatir truk yang lewat tol biasanya mengantar barang dari satu kota ke kota lain. Nah, apakah ETLE ini sudah benar-benar akurat," terangnya. 

3. ETLE bakal jadi momok bagi pengusaha truk

Juragan Truk Jateng Was-Was Keberadaan ETLE di Jalan Tol saat LebaranTruk-truk ODOL yang terkena razia aparat Polri. Foto istimewa

Ia pun menyatakan pemasangan ETLE di ruas jalan tol justru menjadi momok bagi para pelaku usaha angkutan barang. Di sisi lain, upaya penindakan truk ODOL sampai saat ini belum ada kejelasan aturan atau sanksi hukum yang menyentuh para pemilik barang.

Diharapkan dengan adanya dukungan dari Korlantas dengan penggunaan sistem tilang elektronik, maka pengawasan dan penindakan truk ODOL akan lebih cepat, akurat dan bersih.

"Pelaku usaha angkutan barang berharap kepada stakeholders khususnya Kemenhub dan Korlantas untuk segera memberikan edukasi mekanisme aturan main penerapan sistem ETLE. Terutama untuk penindakan terhadap kelebihan muatan. Jangan sampai ini timbul masalah baru bagi dunia usaha angkutan barang hanya karena terjadi ego sektoral masing-masing institusi dan membuat citra regulator menjadi negatif dimata para pelaku usaha angkutan barang," ujar Agus. 

Baca Juga: Salut! Juragan Truk Saweran Bantu Tukang Kubur sampai Sopir Ambulans

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya