Kader Gerindra Senang Prabowo Gelontorkan Bantuan Sumur Bor di Banyumas

Prabowo hari ini kunjungi kampung halamannya di Banyumas

Banyumas, IDN Times - Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono mengapresiasi langkah Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang langsung mengeksekusi perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membantu masyarakat yang mengalami kesulitan air bersih di Jawa Tengah. 

"Terima kasih Pak Prabowo dan Pak Presiden Jokowi telah membantu masyarakat Jawa Tengah yang mengalami kesulitan air bersih selama musim kemarau yang berkepanjangan ini," ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Minggu (29/10/2023).

Baca Juga: Prabowo Ziarah ke Makam Kakek, Ini Kata Warga Dawuhan Banyumas

1. Sumur bor meringankan beban warga Jateng

Kader Gerindra Senang Prabowo Gelontorkan Bantuan Sumur Bor di BanyumasPembuatan sumur bor air bersih di Desa Sumberkelampok (Dok.IDN Times/Polres Buleleng)

Lebih jauh lagi, Sudaryono menjelaskan bantuan sumur bor air bersih sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat Jawa Tengah yang mengalami kekeringan.


Bukan hanya digunakan untuk kebutuhan air minum dan MCK, tetapi keberadaan sumber air di sumur bor juga untuk menghidupi pertanian dan hewan ternak. 


"Fenomena El Nino terus menguat dan berdampak pada mundurnya awal musim hujan sehingga kekeringan bisa berlangsung hingga November 2023. Karena itu, dengan adanya bantuan sumur bor ini sangat membantu bagi kehidupan masyarakat Jawa Tengah yang mengalami kekeringan, karena air sangat krusial bagi masyarakat Jawa Tengah khususnya di Kabupaten Banyumas yang berbasis pertanian," paparnya. 

2. Prabowo juga beri modal usaha buat warga Desa Suro

Kader Gerindra Senang Prabowo Gelontorkan Bantuan Sumur Bor di BanyumasBacapres Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto ketika menyapa warga Kabupaten Banyumas. (IDN Times/Dok Gerindra Jateng)

Selain memberikan bantuan sumur bor, Sudaryono juga memberikan apresiasi kepada Prabowo yang juga memberikan bantuan kredit usaha kepada masyarakat Desa Suro, Kecamatan Kalibagor. 


Dengan bantuan permodalan tersebut bisa membantu perekonomian masyarakat setempat. 


"Selain sumur bor, Pak Prabowo juga memberikan bantuan kredit usaha kepada warga Desa Suro Banyumas, itu merupakan wujud cintanya Pak Prabowo dengan masyarakat Jawa Tengah, apalagi Pak Prabowo juga berdarah Banyumas," akunya. 

3. Tindak lanjuti arahan Jokowi

Kader Gerindra Senang Prabowo Gelontorkan Bantuan Sumur Bor di BanyumasPresiden Jokowi kunjungi IKN pakai jalur laut dari Balikpapan (dok.Sekretariat Presiden)

Seperti diberitakan, hari ini Minggu (29/10/2023) Menhan Prabowo Subianto mengunjungi Desa Suro, Kecamatan Kalibagor, Banyumas, Jawa Tengah, untuk meresmikan sekaligus menyerahkan bantuan air bersih berupa sumur bor di 16 titik di wilayah Jawa Tengah. 


Kegiatan ini merupakan Perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membantu masyarakat mendapatkan sumber air bersih dan juga bagian dari program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI). 

4. Total ada 12.000 sumur bor di lima kabupaten

Kader Gerindra Senang Prabowo Gelontorkan Bantuan Sumur Bor di BanyumasPemasangan pipa dari sumber air sumur bor yang akan menjadi sumber perairan dalam ekosistem sawah di Eco Wisata Uma Palak (Dok.IDN Times/istimewa)

Saat ini ada 16 titik sumur bor yang dapat dinikmati oleh 3.404 KK atau sekitar 12.000 jiwa dari 5 kabupaten. Untuk tujuh titik sumur bor air bersih di Banyumas, yakni berada di Desa Panjerukan terdiri dari 120 Kepala Keluarga (KK), 120 KK Desa Suro, 170 KK Desa Srowot, 250 KK Desa Kesegeran, 230 KK Desa Sawangan, 232 KK Desa Karang Kemoji, dan 580 KK Desa Kalitapen.

Sementara tiga titik di Blora, yaitu 250 KK Desa Banjar Rejo, 220 KK Desa Tawang Rejo, 150 KK Desa Jati. Tiga titik di Boyolali terdiri dari 150 KK Desa Klumpit, 100 KK dan pesantren di Desa Bandung Wonosegoro, dan 150 KK Desa Ngaren.

Kemudian dua titik di Purworejo untuk 102 KK Desa Jelok dan 180 KK Desa Kali Agung serta satu titik di Kendal untuk 400 KK Desa Ngorgosari.

Baca Juga: Tari Lengger Ramaikan Pembukaan Jumbara Banyumas di Desa Banteran

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya