Kadivpas Cicipi Tempe yang Dihidangkan Buat Napi Kedungpane: Harus Layak Konsumsi

Cek kondisi klinik dan temui beberapa napi

Semarang, IDN Times - Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kemenkumham Jawa Tengah Kadiyono melakukan serangkaian kunjungan ke Lapas Kelas IA Kedungpane Semarang untuk memeriksa standar fasilitas yang ada di sana. 

Secara khusus, ia memeriksa langsung fasilitas klinik kesehatan, dapur umum dan aula lapas. 

Baca Juga: Kepala Kemenkumham Jateng Izinkan BNNP Tangkap Pegawai yang Terlibat Narkoba

1. Cicipi sayur dan tempe

Kadivpas Cicipi Tempe yang Dihidangkan Buat Napi Kedungpane: Harus Layak KonsumsiKadivpas Kemenkumham Jateng Kadiyono mengamati beras yang digunakan untuk makanan para narapidana Lapas Kedungpane untuk memastikan kelayakan gizinya. (IDN Times/Dok Humas Lapas Kedungpane Semarang)

Saat berada di dapur umum Lapas Kedungpane, ia mengaku langsung memeriksa kualitas makanan yang kerap disajikan bagi para pemenang. Satu per satu bahan makanan dicek. Mulai beras, sayuran sampai mencoba kualitas tempe yang sudah digoreng. 

Tak lupa Kadiyono juga testimoni semangkok sayur. 

“Kita harus memastikan makanan untuk WBP (warga binaan pemasyarakatan) layak untuk dikonsumsi, itulah mengapa petugas wajib kualitasnya dan memastikan makanan berkualitas baik, hargailah mereka,” ujarnya, Sabtu (18/11/2023).

2. Kadivpas: Klinik harus bebas asap rokok

Kadivpas Cicipi Tempe yang Dihidangkan Buat Napi Kedungpane: Harus Layak KonsumsiSeorang narapidana Lapas Kedungpane Semarang saat digeledah seluruh badannya oleh petugas keamanan. (IDN Times/Dok Humas Lapas Kedungpane Semarang Kedungpane)

Ketika mengunjungi ruangan klinik kesehatan, Kadiyono pun menekan agar para sipir jangan sekali-kali merokok. 

Ia memerintahkan agar klinik kesehatan Pratama di Lapas Kedungpane bebas dari asap rokok. Selain itu para petugas medis juga jangan mondar-mandir tanpa tujuan yang jelas. 

“Alur dan SOP layanan harus jelas, jangan ada yang mondar-mandir kebingungan. SDM di sini sudah baik, tinggal manajemennya saja yang ditingkatkan,” akunya. 

3. Sempat tengok napi

Kadivpas Cicipi Tempe yang Dihidangkan Buat Napi Kedungpane: Harus Layak KonsumsiKadivpas Kemenkumham Jateng Kadiyono juga sempat cek langsung kondisi fasilitas sarana dan prasarana di dalam Lapas Kedungpane. (IDN Times/Dok Humas Lapas Kedungpane)

Selanjutnya Kadiyono menyempatkan menyapa beberapa karyawan yang sedang dikunjungi keluarganya. 

Ia mengimbau kepada penegakan untuk menjalani proses hukum dengan baik. "Jangan sampai terulang kesalahan yang telah dilakukan," tutupnya. 

Baca Juga: Napi Lapas Kedungpane Dijatah Makan 3 Kali, Menunya Nasi Sop dan Daun Singkong

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya